Jum'at, 25 September 2020

Genmuda – Masih dalam momen-momen memperingati dan menghadapi ujian, tulisan ini dipersembahkan buat Kawan Muda yang susah banget ngumpulin niat buat belajar. Biar semangat, dibikin asik aja guys!

Kenapa kita kalau disuruh belajar males banget tapi kalau disuruh-suruh sama pacar mau aja itu masih ajdi misteri ilahi sampe sekarang. Padahal, tugasnya pelajar dan mahasiswa kan emang belajar, bukan pacaran. Makanya, tiap menjelang ujian, mau itu UTS apalagi UAS, baru deh semua orang panik dan berasa kayak mau perang.

Mau kamu berusaha menghindar kayak gimana, nunda sampe nanti-nanti, tetep aja akan ada waktunya kamu mau engga mau harus ketemu sama buku-buku pelajaran dan diktat-diktat kuliah. Kalau emang kamu ngerasa susah banget ngumpulin niat dan menguatkan hati serta pikiran kamu buat belajar, jangan khawatir guys, kita ngertiin kamu banget kok.

Jadi, sekarang tarik nafas dalam-dalam dan baca terus tulisan ini yang bakalan ngasih kamu pencerahan gimana caranya bikin belajar kamu jadi asik dan engga kerasa berat. Mudah-mudahan bisa ngebantu ya, Kawan Muda. Selamat dicoba!

 

  1. Kasih hadiah buat diri kamu setiap habis ngehafalin/mecahin contoh soal

Biar diri kamu sendiri termotivasi buat belajar, coba deh kasih hadiah setiap kamu selesai ngehafalin satu bab atau mecahin contoh soal. Engga perlu mewah-mewah beli mobil Lamborghini atau pesen tiket ke Paris kok guys. Misalnya, kamu bikin peraturan kalau kamu boleh makan satu butir cokelat M&M setiap habis ngerjain satu soal, atau kamu boleh istirahat 10 menit setiap habis ngehafalin satu bab. Dengan “trigger” sederhana kayak gini, otak dan pikiran kamu otomatis akan terangsang kok buat ngeluarin jiwa kompetitifnya. Belajar kamu dijamin juga bakalan jadi fokus dan efisien! 

  1. Sediain minum di dekat tempat belajar

Tau engga sih, kalau air putih tuh bisa bikin kita fokus dan menghindari kita dari rasa ngantuk serta dehidarasi, Kawan Muda. So, minum air yang cukup emang penting abis. Makanya biar kamu engga kelupaan (atau nyari-nyari alasan buat pergi minum dan berakhir dengan ngerjain hal-hal lain yang bikin lupa belajar), sediain aja air di dekat tempat belajar kamu, biar efisien. Yang ini malah maksimal banget, tuh sampe belajar di samping dispenser.

  1. Pasang alarm yang bisa “mengancam nyawa”

Kalau pasang alarm pengingat biasa aja engga cukup dan masih bisa bikin kamu nunda-nunda belajar, maka tingkat ke-urgent-an alarm kamu harus dibikin makin ekstrim. Misalnya, jangan lupa cantumin bahaya-bahaya yang bisa kamu hadapin kalau engga belajar. Dari terpaksa jadi penari striptis, terancam engga direstuin calon mertua, dan lain-lain lagi. Tergantung situasi dan kondisi kamu sendiri.

  1. Susah banget ngafalin materi? Penuhin aja HIDUP kamu sama materi-materi itu

Guys, cara paling efektif buat inget sama suatu hal adalah kita terbiasa ngeliat, ngedenger, atau ngerasain hal tersebut. Contohnya aja, kamu pasti bakalan langsung hafal lagu odong-odong kalau tiap hari abangnya lewat depan rumah kamu. Atau kalau kamu lagi kejebak macet dan ngelihat plang iklan, besok-besok kamu pasti udah hafal apa isi tulisannya.

Itu semua sama dengan belajar loh! Masa sih sampe sekarang kamu engga kepikiran cara jenius ini, dan masih sering ngeluh susah ngafalin? Kalau iya, kamu penuhin aja hidup kamu sama materi-materi yang harus kamu hafalin, misalnya nempelin sticky notes dimana-mana sampe ganti ringtone hp kamu dengan rekaman suara kamu lagi baca bab yang harus dihafal. 

  1. Ganti suasana belajar

Yang bikin kita jadi males dan susah fokus saat belajar, bisa juga karena kamu bosen sama tempat atau suasana yang itu-itu aja. Padahal, belajar bisa dilakuin dimana aja dan kapan aja. Contohnya kayak anak-anak itu, sambil berendam sambil belajar. Niat abis.

  1. Tandai bagian yang penting-penting, pake spidol/stabilo warna warni

Capek banget kan, baca buku pelajaran/diktat kuliah yang isinya tulisan atau angka semua? Biar otak kamu cerah, coba deh tandain bagian-bagian penting pake spidol/stabilo warna warni. Selain bikin kita jadi fresh dan engga terlalu mumet, ini juga bisa bikin otak kita jadi lebih fokus dan tau mana aja inti-inti materi yang harus kita hafal, trus kamu juga jadi lebih inget nantinya. Misalnya, begitu dapet soal tentang pengertian bioremediasi, kamu bakalan inget, “aah, ini yang waktu itu gue stabilo-in pake warna ijo nih!”

  1. Bikin kuis sendiri

Atau kalau kamu anaknya emang niat dan punya cita-cita serta bakat jadi pengajar, coba aja kamu bikin kuis-kuis sendiri dari materi yang harus kamu pelajarin. Abis bikin kuis, trus isi lagi deh sendirian. Kalau yang punya pacar sih enak, bisa main bareng pacarnya. Nah yang jomblo….. engga apa-apa deh, itung-itung belajar mandiri :”) (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥