Rabu, 1 Desember 2021

Genmuda – Banjir pujian buat kesembilan siswa SMAN 6 Bandung yang berperan menjaga keamanan Kota Bandung terkait Bom Panci yang menyerang kelurahan Arjuna pada Senin (27/2) kemarin. Walikota Bandung, Ridwan Kamil beserta sang Istri, Atalia Prataya memimpin upacara dan megucapkan terimakasih kepada siswa yang memberanikan diri mengejar pelaku.

Kang Emil sapaan Wali Kota Bandung tersebut juga mengirimkan papan bunga yang bertuliskan “TERIMA KASIH KEPADA ANAK-ANAK SMAN 6 BANDUNG ATAS KEBERANIANNYA MEMBANTU KEAMANAN KOTA BANDUNG.”

FYI, Luppy M dan M Syafii Nurhikmah, yang lagi olahraga di sekitaran taman ngeliat ada ledakan di salah satu sisi Taman Pendawa. Awalnya menduga kalo pelaku adalah korban, namun saat mereka berdua berlari ke arah ledakan untuk menolong, sang pelaku malah lari ke arah kelurahan dan membuat geger.

Bukan cuma itu, sang pelaku juga membawa pisau serta mengancam Luppy dengan menodongkan pisau. Alih-alih takut, Luppy dan kawan-kawan malah bergerak cepat untuk mengeluarkan pegawai. Mereka berdua juga mengakui kalo yang dilakukan mereka berbahaya, namun saat itu mereka hanya terpikirkan mengejar si pelaku.

Aksi anak-anak SMA 6 Bandung itu emang mirip kayak cerita film superhero. Dan mereka pun ngebutiin kalo superhero itu nyata. Dan Kawan Muda pun bisa menjadi seperti mereka selama punya 5 bekal kayak gini:

1. Gak gampang panikan

Sikap panik ternyata emang berpengaruh dengan cara kamu mengambil keputusan. Tuntutan untuk bertindak cepat bisa jadi keuntungan buat Kawan Muda seperti yang dilakukan oleh Luppy dan Syafii.

Penting juga buat kamu engga mengalami panik di masa-masa genting. Lebih baik kamu langsung ambil tindakan. Selain untuk keamanan diri kamu sendiri, ada nyawa orang lain juga yang bisa aja terancam gara-gara kamu takut. Jadi stay cool itu penting sob!

2. Inisiatif

Via Google
Luppy dan Syafil (Sumber: Detik.com)

Insiatif emang selalu jadi jalan keluar di tengah-tengah masalah. Engga perlu nungguin orang lain yang nanganin kalau kamu bisa bantu. Nah itulah yang dilakukan sama Kawan Muda dari SMA 6 Bandung ini. Meski aksi tersebut menjadi tugas polisi, tapi mereka engga ngebiarin pelaku kabur gitu aja dan berusaha supaya pelaku bisa dibekuk. Baru lah saat polisi datang mereka mundur.

3. Kepekaan tingkat tinggi

via: Google
(Sumber: Detik.com)

Kalo cewek suka nuntut kamu untuk peka ternyata itu bener loh. Yang awalnya cuma ngeliat sekitar, ternyata malah jadi saksi mata, gimana bom panci itu meledak. Makanya gaes kamu musti aware sama lingkungan sekitar. Kalo kepekaan kamu udah kayak 9 siswa yang jadi superhero Kota Bandung ini, pasti kamu bisa jadi superhero sekaligus merebut hati doi deh. Serius.

4. Punya jiwa kemanusiaan

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Seperti yang udah sempet disinggung di awal, memikirkan nasib serta keamanan Kota Bandung jadi modal utama semua lapisan masyarakat, bukan cuma petugas keamanan aja. Bahkan Syafii sempet mikir kalo yang dilakuin berbahaya dan gimana kalo jadi korban. TAPI yang terpenting kejar aja dulu, daripada pelakunya kabur terus meneror lagi, bisa aja semakin banyak korban yang berjatuhan. *amit-amit.

5. Semuanya hal bisa dilakuin setiap orang

Sebenernya engga perlu pelatihan berat kok, modal jadi pahlawan sesungguhnya kembali pada diri kamu sendiri. Jadi engga adalagi tuh kamu menganggap diri kamu cemen. Karena semua orang bisa ngelakuin seperti yang dilakukan Luppy cs. Dan semoga kisah mereka ini bisa menginspirasi semua anak muda ya. Mari perangi segala bentuk teror di Indonesia. (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela