Sabtu, 24 Februari 2024

Genmuda – Serangan panik dan perasaan cemas yang berlebihan sering kali memang suka datang di saat yang engga tepat. Ibaratnya, kedua hal tersebut udah kayak jailangkung, yang datang tak dijemput pulang tak diantar.

Sebagian dari Kawan Muda mungkin pernah ngalamin kayak gimana engga enaknya mendadak ngerasain panik dan cemas. Yang lebih engga ngenakinnya lagi, kamu pun saat itu bisa jadi sama sekali engga tahu cara apa yang bisa langsung kamu lakuin buat ngatasin masalah tersebut.

Well, kamu sebenarnya engga perlu nyari cara yang ribet kok, Kawan Muda. Kalau kamu tiba-tiba diserang panik dan ngerasa cemas banget, hal sederhana yang perlu kamu lakuin itu ya tarik napas aja. Lebih tepatnya, kamu harus narik napas dalam-dalam secara perlahan supaya kamu bisa lebih rileks.

Namun demikian, terkadang metode pernapasan kayak gitu aja memang masih belum cukup buat ngatasin masalah yang ada. Ada kalanya cuma ngingetin diri kamu buat tarik napas masih engga ampuh buat ngalihin sekaligus nenangin diri kamu dari kepanikan dan kecemasan.

Lantas, ada engga sih alternatif cara lainnya yang bisa dilakuin? Ada nih, Kawan Muda. Masih seputar teknik pernapasan, tapi yang satu ini terbilang jauh lebih efektif. Teknik pernapasan tersebut adalah power breath, yang memang udah terbukti bisa ngebantu ngatasin panas dan ngeredain kecemasan.

Caranya cukup sederhana, kamu cuma perlu ngehembusin napas dua kali lebih banyak dari narik napas. Jadi, kalau kamu narik napasnya empat hitungan, kamu otomatis harus ngehembusin napas delapan hitungan. Dengan kata lain, teknik tersebut semacam teknik lebih lanjut dari metode pernapasan biasa.

Yang lebih menariknya lagi, teknik pernapasan power breath itu ternyata bekerja dengan menipu tubuh kamu supaya berpikir seakan-akan lagi dalam keadaan tenang dan beristirahat. Dengan begitu, sistem syaraf tubuh kamu bakal terpicu buat beralih dari keadaan sistem syaraf simpatik saat kamu lagi dalam respon fight or flight (serang atau lari) ke syaraf parasimpatik.

Bukan cuma itu, teknik pernapasan power breath juga berguna banget soalnya pada dasarnya teknik tersebut bisa ngebantu ngalihin fokus kamu. Dengan berhitung pas lagi napas, kamu jadi lebih fokus pada hal tersebut ketimbang ke pemicu kepanikan dan kecemasan kamu. Pokoknya sesuai deh sama namanya, Kawan Muda!

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer