Jum'at, 29 Mei 2020

Genmuda – Fenomena belanja online belakangan ini emang lagi marak di Tanah Air. Namun demikian, entah kamu belanja lewat situs e-commerce atau online shop di media sosial, tetap aja kamu harus berhati-hati saat hendak bertransaksi, Kawan Muda.

Semurah-murahnya atau sepraktis-praktisnya belanja online, engga bisa diungkiri kalo masih ada satu hal yang jadi kekurangannya, yaitu kamu engga bisa nyobain barang yang mau kamu beli. Jangankan nyobain, sekedar nyentuh buat ngerasain bahannya dan mastiin ukurannya aja kamu engga bisa.

Singkatnya, terlepas dari berbagai kemudahan dan keuntungan yang ditawarin belanja online, pada dasarnya kamu masih harus berhadapan dengan beragam keenggapastian. Oleh karena itu, biar pengalaman belanja online kamu berikutnya engga nyesek-nyesek banget, yuk perhatiin lagi 5 hal ini:

1. Engga ngecek bagan ukuran

via tes.com

Dalam hal pakaian, ukuran antara satu toko dengan toko lain maupun satu merek dengan merek lain biasanya engga bakal sama alias bakal beragam. Yang lebih pentingnya lagi, kamu harus paham ukuran kamu sendiri, jadi kamu bisa nyocokin sama bagan ukuran dari merek atau toko yang kamu maksud.

2. Engga nge-zoom in gambar

Sepele sih, tapi ini berpengaruh banget. Berhubung kamu engga bisa ngerasain barangnya langsung, trik sederhana yang bisa kamu lakuin supaya dapat gambaran yang lebih jelas dari barang tersebut adalah dengan nge-zoom in gambarnya. Walah suka nipu, ada kalanya gambar juga bisa ngebantu banget dalam nunjukin detail barang, apalagi kalo kamu zoom in. Apa susahnya ‘kan tinggal nge-zoom in doang?

3. Terbuai diskon

via buzzfeed.com

Ditawarin diskon, siapa sih yang engga mau? Terlepas dari itu, usahain buat engga ngebeli barang yang engga kamu suka cuma gara-gara lagi diskon doang. Coba tanya dulu ke diri kamu apakah kamu bakal tetap ngebeli barang tersebut meski harganya normal. Kalo jawabannya engga, ya mending engga usah kamu beli, daripada nantinya malah engga kamu pakai.

4. Engga ngebaca ulasan pembeli lain

Selain ngecek penilaian rata-rata buat barang yang pengen kamu beli, kamu sebaiknya juga ngeluangin waktu buat ngebaca ulasan dari pembeli lain. Bisa aja barang yang kamu maksud nilainya 3/5, tapi ternyata ada beberapa pembeli yang engga begitu puas, entah gara-gara ukurannya, bahannya, atau hal lainnya. Engga ada salahnya kok ngeriset dulu sebelum kamu ngeluarin uang, Kawan Muda.

5. Ngelihat semuanya cuma dari permukaan

via giphy.com

Meski kamu udah ngelakuin berbagai riset terkait barang yang mau kamu beli, ujung-ujungnya kamu mau engga mau tetap harus siap dengan segala kemungkinan yang ada. Maksudnya di sini adalah kamu harus siap terkejut dan ngembaliin barang tersebut kalo ternyata masih engga sesuai sama harapan kamu. Oleh karena itu, jangan nilai barang tersebut cuma dari tampilan permukaannya aja. Selalu cermat dan hindari ikut-ikutan tren atau teman-teman kamu doang. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer