Jum'at, 7 Agustus 2020

Genmuda – Punya karir yang sukses nan gemilang ternyata engga bikin sejumlah selebriti lupa buat ngebantu sesama. Buktinya pun salah satunya bisa kamu lihat lewat aksi Rihanna belum lama ini.

Di awal minggu ini, Rihanna udah ngumumin kalau dirinya secara resmi ngeluncurin sebuah program beasiswa global lewat Clara Lionel Foundation buat ngebantu para calon mahasiswa baru ngebiayain kuliah mereka. Program tersebut secara khusus diadain bagi para warga atau penduduk asli Brazil, Barbados, Kuba, Haiti, Grenada, Guyana, dan Jamaika buat ngejar pendidikan di Amerika Serikat.

FYI, dana bantuan beasiswa Rihanna tersebut kabarnya bakal berkisar dari 5 ribu sampai 50 ribu dolar (sekitar 66,4 juta sampai 664,4 juta rupiah), bisa diperpanjang sampai tiga tahun, dan tentunya bakal dibagiin berdasarkan kebutuhan para mahasiswa. Engga ditentuin berapa jumlah beasiswanya, tapi yang jelas lewat program tersebut Rihanna pengen ngebantu calon maba sebanyak mungkin.

Dapat memberikan hadiah berupa pendidikan benar-benar merupakan suatu kehormatan. Pendidikan tinggi akan membantu memberikan perspektif, peluang, dan pembelajaran bagi sekelompok anak yang sangat layak untuk mendapatkannya. Saya senang dapat melakukan hal ini,” kata Rihanna kepada USA Today.

Namun demikian, sebelum Rihanna udah ada pula sederetan selebriti lainnya yang udah lebih dulu nyediain program beasiswa pendidikan yang beragam. Berikut ini Genmuda.com rangkumin 5 dari sekian banyak di antaranya, yang mungkin juga bakal bikin kamu makin semangat buat lanjut kuliah:

1. Shawn Carter Foundation Scholarship

Jay-Z (Sumber: aceshowbiz.com)

Diprakarsai oleh rapper Jay-Z, beasiswa ini bakal ngasih bantuan dana sebesar 1.500 sampai 2.500 dolar (hampir 20 juta sampai 33,2 juta rupiah) per tahun. Dana tersebut mencakup biaya kuliah, buku, tempat tinggal, dan wisata pendidikan. Syaratnya adalah para siswa kelas 3 SMA dan mahasiswa jenjang sarjana harus warga AS, berusia kurang dari 25 tahun, dan IPK minimal 2,0. Berbagai faktor pun jadi pertimbangan, kayak misalnya kepemimpinan, pelayanan masyarakt, dan kebutuhan keuangan.

2. Alicia Keys Open Door Scholarship

Alicia Keys (Sumber: wallpoper.com)

Lewat Open Doors Scholars Program, penyanyi Alicia Keys nyediain dana sampai 5 ribu dolar (sekitar 66,5 juta rupiah) bagi masing-masing dari empat siswa anggota Frum Tha Ground Up, sebuah kelompok pemuda yang ngepromosiin karakter, kepercayaan diri, dan integritas. Sebagai timbal balik para siswa dari Jacksonville, New Orleans, Atlanta, dan Harlem, New York City itu diharapin buat ngewakilin organisasinya di berbagai kesempatan dan ikut serta dalam pelayanan masyarakat di setiap semester.

3. Will.i.am ‘I am’ Scholarship

will.i.am (Sumber: theguardian.com)

Bekerja sama dengan College Track, di tahun 2009 yang lalu will.i.am ngasih kejutan berupa uang kuliah buat empat pelajar di acaranya Oprah. Sejak saat itu hingga Agustus 2015 yang lalu, i.am.angel foundation miliknya udah ngebagiin lebih dari 800 ribu dolar (sekitar 10,6 miliar rupiah) buat ngebayar uang kuliah, buku, dan juga ongkos dari 31 orang mahasiswa. Yayasan personil The Black Eyed Peas itu pun pada dasarnya berfokus pada pendidikan dan akses perguruan tinggi bagi keluarga berpenghasilan rendah maupun masyarakat tertinggal, kayak lingkungan lamanya, Boyle Heights di Los Angeles.

4. Dizzy Feet Foundation Scholarship

(Sumber: vanityfair.com)

Diriin oleh Nigel Lythgoe, Adam Shankman, Carrie Ann Inaba, dan Katie Holmes, Dizzy Feet Foundation bertujuan buat ngerayain kecintaan terhadap tari. Oleh karena itu, beasiswa ini terbuka bagi para siswa yang berusia minimal 15 tahun dan lagi nempuh pendidikan di sekolah, studio, universitas, atau institusi tari lainnya yang terakreditasi di Amerika Serikat. Total dana beasiswa ini mencapai 10 ribu dolar (hampir 133 juta rupiah) per siswa.

5. The Big Bang Theory Scholarship

Peluncuran The Big Bang Theory Scholarship (Sumber: hollywoodnewssource.com)

Tahun lalu, sitkom Amerika ‘The Big Bang Theory’ berhasil ngegalang dana sampai 4 juta dolar (sekitar 53,2 miliar rupiah) buat beasiswa bagi para mahasiswa calon ilmuwan yang butuh bantuan finansial. Sebagian besar dana itu berasal dari Chuck Lorre, salah satu pembuat dan produser eksekutif, dengan dibantu oleh sejumlah pemain kayak Jim Parsons,  Simon Helberg, Kaley Cuoco, MayimBialik, dan Johnny Galecki serta Warner Bros. dan CBS. Beasiswa ini sekaligus jadi beasiswa UCLA pertama yang berasal dari kru dan pemain sebuah serial televisi. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer