Rabu, 2 Desember 2020

Genmuda – Kiprah Rio Haryanto di Formula 1 emang engga layak diacungi jempol. Pasalnya doi menjadi pembalap Indonesia pertama yang berhasil masuk ke ajang balapan mesin super cepat di dunia ini. Kisah Rio di F1 emang baru dimulai beberapa bulan belakangan dan masih berlanjut di masa depan.

Tapi sambil menunggu perjalanan Rio, Genmuda.com bakalan ajak kamu kenalan sama atlet muda lainnya yang engga kalah cemerlang kayak Rio. Bahkan, engga sedikit dari mereka yang udah punya prestasi yang bikin kita ‘iri’ sekaligus bangga sebagai orang Indonesia. Siapa aja mereka? Cekidot langsung gaes!

1. Jonatan Christie


Penggemar bulu tangkis pasti engga asing lagi dong ya sama cowok ganteng satu ini? Yup, Jonatan adalah salah satu pemain tunggal putra Indonesia yang memiliki potensi yang besar. Saat berita ini diturunkan, cowok 18 tahun ini berhasil menempati urutan ke 25 dunia dalam kategori tunggal putra yang dilansir dari situs resmi BWF.

2. Sean Galael

A photo posted by Sean Gelael (@gelaelized) on

Ada yang kenal sama nama doi? Sean Galael adalah pembalap Indonesia yang sekarang berkiprah di GP2. Putra dari pasangan Ricardo Galael dan Sri Sudarini ini baru memulai debutnya di GP2 pada tengah tahun 2015. Melihat usianya yang baru 19 tahun, engga menutup kemungkinan jika suatu saat nanti Sean bakalan naik kelas ke Formula One seperti Rio Haryanto.

3. Yolla Yuliana

It’s a wrap!! Thank you @bolacomid ??

A photo posted by Yolla Yuliana (@yollayuliana) on


Kazakhstan punya Sabina Altynbekova, Indonesia punya Yolla Yuliana. Dara cantik asal Kota Kembang ini berhasil membawa timnya JE PLN menjadi juara Proliga musim 2015 kemarin. Dalam tingkat internasional, doi berkontribusi meraih mendali perunggu bagi Indonesia pada SEA Games 2013 di Myanmar. Engga heran dong ya kalau banyak cowok yang baper pas liat doi smash bola. He-he.

4. Aero Sutan Aswar

A photo posted by Aero Aswar (@aeroaswar) on

Cowok satu ini pun engga kalah keren dari atlet lainnya. Aero yang terjun di cabang olahraja jetski ini berhasil menjadi pembalap jetski termuda di dunia di kelas Pro dan Grand Prix. Di tahun 2015 kemarin, doi berhasil masuk 3 besar World Finals 2015 di Lake Havasu, Arizona, Amerika Serikat. Keren kan gaes!

5. I Gede Siman Sudartawa

Siman jadi atlet renang muda Indonesia yang bersinar beberapa tahun ke belakang. Tercatat pada tahun 2011, doi berhasi meraih empat emas SEA Games sekaligus memecahkan dua rekor sekaligus dari 100 meter gaya punggung dengan waktu 55,59 detik dan rekor baru SEA Games pada nomor 50 meter gaya punggung putra. So, wajib banget kita tunggu kiprah doi selanjutnya.

6. Hanum Fasya

(Sumber: Liputan6.com)

Siapa sih abas yang engga kenal sama doi? Cewek 24 tahun pun udah berhasil menyumbangkan mendali perak buat Indoensia pada ajang SEA Games 2015. Kalau Kawan Muda penasaran sama Fasya, kamu bisa kepoin kemampuan doi yang sekarang memperkuat Tim Merah Putih Predator Jakarta.

7. Evan Dimas

Evan Dimas (Sumber: Coconuts Jakarta)
Evan Dimas (Sumber: Coconuts Jakarta)

Mantan captain Tim Garuda Muda ini emang hampir mirip kayak Tsubasa (menurut penulis). Gelandang bertubuh mungil, gesit, dan bisa memotori serangan tim jadi nilai plus Evan sebagai pemain sepakbola. Saat kompetisi sepakbola di kita mati suri, Evan sekarang sedang menimba ilmu di Spanyol, bersama Tim Espanyol B. Kita doain aja ya supaya kelak Evan mampu memiliki karier yang lebih baik.

8. Tami Grende

(Sumber: Flickr)

Cewek asal Denpasar ini pertama kali bermain tennis sejak usia 4 tahun loh. Doi juga berhasil menjadi juara dalam Wimbledon junior pada tahun 2014 bersama pasangannya asal Tiongkok, Qiu Yu Ye. Di usianya yang baru 18 tahun, layak kita nanti kiprah dari Tami di masa depan. Semangat terus Tami!

9. Irene Kharisma Sukandar

(Sumber: Official Irene Kharisma Sukandar)

Meski terjun di cabang olahraga yang kurang populer di anak muda (apalagi cewek), Irene Kharisma Sukandar, justru udah menyandang gelar Grand Master Internasional Wanita sejak tahun 2008. Selain jadi pecatur wanita nomor satu di Indonesia, kegemilangan cewek 24 tahun ini berhasil menempatkan namanya dalam peringkat 64 dalam ranking pecatur wanita di dunia. Kebayang dong gimana encernya otak doi? *kagum

10. Lindswell Kwok

(Sumber: Istimewa)

Cabang olahraga Wushu identik dengan seni bela diri asal Tiongkok. Namun, hal tersebut engga membatasi atlet wushu berbakat asal Indonesia, Lindswell Kwok, buat mengibarkan bendera merah putih di cabang olahraga wushu. Puncaknya pada tahun 2015 kemarin, doi berhasil meraih dua mendali emas dalam Kejuaran Dunia Wushu untuk kategori taijiquan (tangan kosong) dan taijijian (pedang), sekaligus menobatkannya sebagai juara dunia. Buat cowok-cowok jangan coba berani macem-macem deh ya sama Lindswell. Kurang greget apa lagi coba?

Well, dari semua prestasi atlet di atas pastinya kita sebagai orang Indonesia layak bangga ya! Semoga aja kiprah mereka terus mendapatkan dukungan dari kita dan tentu saja pemerintah Indonesia.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.