Minggu, 14 Juli 2024

Genmuda – Endank Soekamti belum lama ini udah ngerilis album baru nih, Kawan Muda. Bertajuk ‘Soekamti Day’, album tersebut dirilis minggu lalu di Taman Budaya Yogyakarta.

‘Soekamti Day’ merupakan album ke-7 Endank Soekamti yang terdiri dari 17 trek. Proses pembuatan album tersebut mengusung konsep outdoor studio dan berlangsung selama sebulan di sebuah pulai bernama Gili Sudak di NTB pada pertengahan Juni sampai Juli 2015 yang lalu.

FYI, seluruh proses pembuatan ‘Soekamti Day’ dilakuin secara mandiri oleh Erix, Ari, dan Dory lewat label mereka Euforia Record. Rekaman album dengan konsep outdoor studio itu pun terbilang unik dan sangat menantang dalam proses produksinya.

Box set 'Soekamti Day' (Sumber: @4Maret)
Box set ‘Soekamti Day’ (Sumber: @4Maret)

Bukan cuma itu, ‘Soekamti Day’ juga punya kemasan yang unik dalam bentuk box set dan bisa dinikmati lewat layanan streaming di www.Soekamti.tv, Deezer, dan JOOX. Video klip buat berbagai single-nya bahkan engga kalah unik dengan nampilin lirik, chord gitar, dan bahasa isyarat loh, Kawan Muda.

Tapi, itu belum seberapa kalau dibandingin sama kisah di balik single ‘Sampai Jumpa’. Di hari terakhir karantina pas seluruh alat rekaman dan instrumen udah dikemas, tiba-tiba muncul ide buat ngebikin sebuah lagu dalam rangka ngiringin perpisahan Endank Soekamti dan seluruh kru dengan masyarakat Gili Sundak yang udah ngasih kenangan indah selama sebulan proses pembuatan ‘Soekamti Day’.

Lah, alat rekaman sama instrumennya ‘kan udah terlanjur diberes-beresin? Well, kendala dan keterbatasan tersebut engga jadi penghalang Endank Soekamti buat berkarya kok, Kawan Muda. Dengan aransemen minimalis, alat musik seadanya, serta diisi suara mereka bareng tim dan kru, mereka akhirnya berhasil ngebikin ‘Sampai Jumpa’, yang juga jadi salah satu trek di ‘Soekamti Day’.

Yang lebih menariknya lagi, pas proses pasca produksi, ‘Sampai Jumpa’ ternyata kembali dipercantik sama alunan cello nan indah dari Mas Wawan Sa’unine. Single itu pun otomatis jadi single Endank Soekamti yang sangat berbeda, segar, dan unik kalau dibandingin sama single-single mereka sebelumnya.

Kerja sama Endank Soekamti dan CloudKilat (Sumber: @4Maret)
Kerja sama Endank Soekamti dan CloudKilat (Sumber: @4Maret)

Engga ketinggalan, terhitung mulai Januari 2016 yang lalu, Endank Soekamti udah ditunjuk pula buat jadi brand ambassador-nya CloudKilat, sebuah perusahaan penyedia jasa layanan komputasi awan dan hosting terbesar dan tercepat di Indonesia. Sebaliknya, CloudKilat juga jadi official cloud service provider buat Endank Soekamti.

Melihat apa yang Endank Soekamti lakukan lewat channel YouTube mereka, saya melihat banyak banget yang bisa kami kerjakan bareng. Apalagi setelah ngobrol langsung, ternyata banyak kesamaan visi dan mimpi antara Endank Soekamti dan CloudKilat,” tutur Dondy Bappedyanto, CEO PT. Infinys System Indonesia dalam rilisan pers yang diterima Genmuda.com

Erix Soekamti, yang selalu haus akan penemuan baru, melihat CloudKilat punya kekuatan besar buat ngedukung Endank Soekamti. “CloudKilat punya kekuatan besar untuk mendukung mimpi-mimpi kita. Banyak hal yang selama ini ingin kita jalankan, terganjal masalah teknologi ini. Jadi aku yakin kerja sama ini akan banyak memberikan penemuan-penemuan baru,” ungkapnya.

So, buat kamu yang ngaku penggemar beratnya Endank Soekamti alias Kamtis Family, buruan dengerin berbagai trek di album terbaru mereka, Kawan Muda. Kalau bisa (dan ada baiknya) sih kamu engga cuma streaming, tapi juga sekalian beli rilisan fisiknya. Berikut ini adalah video klip ‘Sampai Jumpa’:

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer