Senin, 5 Desember 2022

Genmuda – Sepuluh tahun lalu, iPhone pertama kali dipasarin di Amerika Serikat. Kemunculannya yang laris ngedorong perubahan desain dan cara sebuah ponsel bekerja. Bahkan sebelum diluncurin pun ponsel buatan Apple itu udah bikin penasaran.

CEO Apple Steve Jobs ngumumin perusahaanya bakal luncurin pemutar musik berlayar sentuh, ponsel next-gen, dan alat internetan canggih, sekitar Januari 2007. Siapa yang sangka kalo tiga fitur terbaru dalam dunia ponsel itu jadi satu paket yang ada di dalam iPhone.

Dalam perjalanannya hingga kini lagi dirancang iPhone 8, fitur-fitur diperkenalkan pada tiap luncurin produk baru selalu jadi tren bagi smartphone lain. Misalnya, seperti teknologi-teknologi keren di bawah ini.

1. Layar multi-sentuh

via iphoneandgo.it
(Sumber: iphoneandgo.it).

Sebelum muncul iPhone, genre smartphone yang ngetren cuma ada dua. Yaitu, ponsel dengan kibor numerik atau kibor QWERTY kayak BlackBerry. Kemunculan iPhone pertama kalinya dengan layar LCD yang bisa disentuh bukan cuma satu, melainkan dua jari, yang bikin fitur itu populer di berbagai ponsel, hingga dipakai juga di Android.

2. Google Maps

via imore.com
(Sumber: imore.com).

Jauh sebelum “pertempuran digital” antara Google dan Apple, Google pernah meminta bikinin aplikasi peta khusus untuk iPhone. Itulah kali pertama sebuah ponsel punya peta khusus. Versinya kemudian diperbarui dengan penambahan fitur GPS yang bisa ngelacak keberadaan ponsel tiap detiknya.

3. App Store

via idownloadblog.com
(Sumber: idownloadblog.com)

App Store yang meluncur bersamaan dengan iPhone 3G, sekitar 2008, bikin ponsel gak perlu lagi download program dari situs tak dikenal. Aplikasi yang bisa dibilang “mal segala jenis aplikasi” itu juga menjamin keamanan file yang didownload dari segala jenis virus ataupun malware yang bisa ngerusak ponsel.

4. Fingerprint scanner

via macworld.co.uk.
(Sumber: macworld.co.uk).

Peralatan peminda sidik jari kayaknya bakal cuma ada di film-film sci-fi kalo Apple gak memasangnya di iPhone 5S dalam bentuk Touch ID. Lebih kerennya lagi, hardware pemindai sidik jari yang merupakan teknologi hi-tech itu gak bikin ponselnya kelitan gembung.

5. Gorilla Glass

via corning.com
(Sumber: corning.com).

Memasang layar luas di seluruh satu sisi benda yang gampang jatuh emang ide buruk. Masalah utama iPhone adalah layarnya yang gampang pecah. Supaya peminat ponselnya gak turun, Apple meminta perusahaan kaca dan keramik AS ngebuat sebuah layar sentuh yang tipis tapi tahan banting. Setelah riset mendalam, lahirlah Gorilla Glass, si layar anti gores dan susah retak.

6. Mobile internet

via gizmodo.com
(Sumber: gizmodo.com).

Sebelum ada iPhone, ponsel-ponsel cuma bisa browsing menggunakan format WAP, sebuah format internet yang bener-bener dilucuti. Situs yang dibuka tampil tanpa warna dan gambar. Sampai akhirnya iPhone pakai koneksi 3G supaya semua situs di internet bisa ditampilkan di layar ponsel tanpa harus merusak kualitasnya.

7. Asisten virtual

via bgr.com
(Sumber: bgr.com).

Siri si asisten virtual lahir setelah Apple beli perusahaan SRI International, sekitar 2010. Ketika dipasang di iPhone, mulailah masa ketika suara manusia bisa memerintah mesin. Kalo dulu Siri cuma bisa memahami Bahasa Inggris berlogat Amerika Serikat, kini bisa memahami berbagai bahasa.

8. Accelerometer

via sparkfun.com
(Sumber: sparkfun.com).

Teknologi sensor yang pertama kali terpasang di iPhone ini bikin ponsel bisa ngerasain ketika berubah posisi. Sensornya super berguna supaya tampilan layar bisa berubah mengikuti posisi ponsel. Sekarang, gak mungkin banget ada ponsel layar sentuh yang gak punya accelerometer.

9. Headset nirkabel

via businessinsider.com
(Sumber: businessinsider.com).

Meski dibilang gagal,  langkah Apple menghilangkan lubang jack headphone dari keluarga iPhone 7 ternyata diikuti beberapa brand. Misalnya aja, oleh Xiaomi pada Mi6 si anyar yang terjangkau, HTC pada U Ultra yang mantap, atau Motorola pada Moto Z versi Amerika Serikat.

10. Ponsel dengan charger nirkabel

via handy-abovergleich.ch
(Sumber: handy-abovergleich.ch)

Kabarnya, baterai iPhone 8 gak bakal lagi diisi ulang pakai charger berkabel. Kamu cuma perlu mendekatkan ponselnya pada semacam dock maka baterai akan terisi secara otomatis. Gak perlu lagi ribet gonta-ganti kabel yang terkelupas pelapis luarnya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.