Jum'at, 3 Juli 2020

Genmuda – Usia 18 tahun sering diibaratkan sebagai tahap awal seseorang menjadi dewasa. Selain kamu baru genap satu tahun punya KTP dan SIM, banyak orang menyebut kalo usia ini adalah usia paling berpengaruh dalam kehidupan anak muda.

Sekarang coba kamu tanya ke diri sendiri, mungkin udah enggak asing lagi kan kalau sebelum usia 18 tahun kamu bakal punya segudang kegiatan setiap harinya dari pagi hingga malam hari. Mulai dari bangun pagi, berangkat sekolah, les, terus ikut ekskul hingga akhirnya pulang ke rumah dan besoknya gitu lagi. (Hayo ngaku!)

FYI, jika waktu kegiatan tersebut dirata-rata, ternyata banyak anak muda (terutama cewek) yang menghabiskan waktu lebih dari 8 jam sehari untuk beraktivitas di luar rumah. Nyebelin sih, tapi inilah bagian kehidupan. Suka atau enggak, Kawan Muda harus tetap menjalaninya. (*tsah!)

Namun bukan berarti dengan adanya aktivitas segudang, kamu lantas jadi kendor buat mempersiapkan masa depan loh. Semua masalah tadi bisa diatasi kok selama kamu mulai melakukan 8 kebiasaan positif berikut ini:

1. Luangkan waktu di pagi hari untuk olahraga

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Jangan mentang-mentang masih muda terus kamu ngerasa olahraga itu cuma berlaku buat yang udah berusia “kepala dua”, itu pemikiran yang salah. Emang sih lebih enak tidur atau leyeh-leyeh di rumah, tapi kebiasaan kayak gitu jelas enggak bisa terus-terusan kamu lakuin.

Faktanya, sinar matahari di pagi hari itu kaya akan vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang dan kulit kamu. Bahkan olahraga pagi juga mampu meningkatkan kekuatan otak kamu supaya bisa lebih bersemangat dan bahagia. Jadi say no to galau deh!

2. Membersihkan barang-barang sendiri tanpa harus diperintah

(Sumber: Shutter Stock)
(Sumber: Shutter Stock)

Kesadaran kamu juga harus mulai diasah sebelum usia 18 tahun. Dan salah satu cara untuk melatihnya adalah dengan bertanggung jawab pada barang-barang pribadi di kamar. Enggak lucu kan kalo apa-apa harus disuruh dulu sama nyokap?

Meski keliatan nyebelin, namun kebiasaan ini mampu memberikan rasa tanggung jawab sekaligus mengajarkan kalian gaya hidup sehat. Lagian kalo ruangan kamu rapi dan bersih, secapek apa pun badan usai beraktivitas pasti bakalan bisa me-recharge semangat kamu.

3. Kurang-kurangin baper

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Bohong banget kalo teenangers engga kenal istilah ini. ‘Baper’ atau singkatan keren dari ‘bawa perasaan’ seperti ungkapan sifat seseorang yang menanggapi sesuatu dengan berlebihan. Pokoknya apa aja dimasukin ke hati, padahal engga semua hal harus dibawa serius.

Bayangin kalo kamu engga bisa mengurangi kebiasaan baper, yang ada nanti kamu malah lebih cepat makan hati, stres, susah berpikir jernih, muka kamu cemberut. Jangan sampe deh hubungan sosial kamu ikut berantakan karena masalah baper doang.

4. Rutin minum air putih

(Sumber: Pinterest)
(Sumber: Pinterest)

Walaupun kamu harus ada di luar selama 8 jam, bukan jadi alasan buat telat minum air putih. Ada banyak manfaat air putih bagi kesehatan yang sayang kamu sia-siain gitu aja. Meski lagi enggak haus, minum air putih 8-9 gelas sehari udah terbukti mampu menghindari kamu dari dehidrasi yang menyebabkan gagal fokus.

Selain itu, dehidrasi juga bisa menyebabkan kulit kamu kering serta kusam. Sayang kan umur masih muda tapi keliatan loyo dan enggak fresh? Kalo kamu termasuk anak muda kekinian nan produktif pastinya kebiasaan minum air putih udah harus jadi kebiasaan mulai dari sekarang.

5. Minimalisir penggunaan make up

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Dear girls, meski kamu makin punya banyak referensi gambar alis atau tutorial make up ala Gigi Hadid, bukan berarti semua itu harus kamu ikutin. Masuk usia remaja, kulit kamu justru sedang dalam proses peremajaan, jadi biarkan wajah kamu cantik natural.

Kalo pun emang harus pakai make up, coba gunakan kosmetik secukupnya dan sesuaikan dengan usia kamu alias jangan lebay. Dan yang enggak kalah penting selalu pastiin kosmetik yang kamu pakai itu aman dan alami sehingga enggak nimbulin efek samping seperti jerawat atau iritasi kulit.

6. Makan buah setiap hari

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Boleh-boleh aja sibuk di luar hingga 8 jam sehari, tapi jangan sampe lupa kalo tubuh kamu perlu juga mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi seperti buah-buahan. Jadi mulai deh makan buah setiap hari, engga perlu ribet kok, sehari cuma perlu makan satu buah.

Pola hidup 4 sehat 5 sempurna emang nyebelin sih buat dilakuin sebagian anak muda. Akan tetapi, masalah seperti itu engga boleh dijadiin alasan ya, karena dengan memakan buat setiap hari kulit kamu pun ikut diremajakan, cerah, dan jauh dari tanda-tanda penuaan. Secara ilmiah, buah punya kandungan antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas dan masalah penuaan dini.

7. Kurangi stres, yuk piknik

traveling
(Sumber: lyfetraveler.com)

Supaya stres kamu bisa ilang dan cepat happy, engga ada salahnya buat piknik. Tapi engga perlu piknik yang ribet ya. Coba aja traveling ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungin di dalam kota. Engga harus rame-rame kok, kamu juga bisa lakuin itu sendiri.

Selain bisa mengurangi stres, kebiasan kayak gini juga bisa menyehatkan jantung kamu loh. Riset dari Pusat Kajian Jantung Framingham aja menyatakan kalo kamu suka jalan-jalan akan mengurangi risiko penyakit jantung. Soalnya cara ini mampu mengurangi tekanan dari kegiatan di sekolah atau kampus. Efek ini pun akan dirasakan hingga berminggu-minggu setelahnya loh.

8. Rajin membersihkan wajah untuk mencapai impian kamu

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Wajar dong kalo tiap orang punya impian atau cita-cita dalam hidup mereka. Nah, biar makin #SiapTerus buat ngejar cita-cita kamu, enggak ada salahnya untuk dimulai dari hal yang sederhana yaitu rajin bersihin muka. Bayangin aja kalo menjelang usia 18 tahun, kulit kamu bukannya makin memukau tapi justru tampak kusam, jerawatan, berminyak atau bintik-bintik, pastinya enggak bakalan pede kan?

Untungnya Clean&Clear® siap bantu kamu buat mengatasi semua masalah tersebut agar kamu bisa pede kembali. Dengan rutin ngebersihin wajah dengan Clean&Clear® Foaming Facial Wash, terbukti mampu mengangkat jerawat, minyak, dan kotoran setelah beraktivitas seharian. Kandungan Salicylic Acid dan busa lembutnya mampu membersihkan minyak dan kotoran secara rata tanpa membuat kulit menjadi kering.

Enggak cuma bisa ngebersihin wajah kamu doang, Clean&Clear® juga bakal menantang kamu semua buat ikutan kontes Aktivitas 8 Jam #SiapTerus. Caranya, kunjungi situs www.cerita-kita.co.id lalu pilih 1 dari 4 kategori passion yang paling sesuai buat kamu. Setelah itu tinggal posting ide kreatif Aktivitas 8 Jam #SiapTerus versi kamu di akun Instagram-mu, lalu cantumkan link-nya pada submission kamu di situs www.cerita-kita.co.id.

Buat yang doyan jalan-jalan bisa salurin di kategori Traveller, yang suka bikin sendiri kreasi benda-benda lucu bisa pilih kategori DIY Crafter, kalo pengen jadi penulis atau host kece juga bisa kok di kategori Lifestyle Journalist, dan buat yang ngaku artsy dan seneng tampil, kamu bisa pilih kategori Art Performance. Kapan lagi nih bisa share kegiatan seru kamu selama 8 jam ke orang lain, dan bisa menangin hadiah-hadiah kece pula. Gokil!

Informasi lebih lanjut bisa kamu baca di sini atau pantengin terus media sosial Clean&Clear®. Jadi Kawan Muda udah #SiapTerus belum buat share cerita seru kalian? (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.