Rabu, 27 Oktober 2021

Genmuda – Kabar gembira buat kamu yang pengen asah otak sebelum liburan, Kawan Muda. Siapin aja waktu kamu selama beberapa menit ke depan buat natap layar gadget kamu, dijamin kamu bakal bingung sekaligus tercengang!

Jelang libur panjang kayak sekarang ini, biasanya otak kita memang suka jadi malas buat mikirin hal yang berat-berat atau yang susah-susah. Yang kebayang di otak pasti udah suasana seru santai-santai bareng teman dan keluarga, pokoknya engga ada lagi deh mikirin hal yang lainnya.

Eits, tapi tunggu dulu, Kawan Muda. Luangin waktu sebentara aja kamu buat ilusi optik yang satu ini. Sebenarnya sih videonya udah ada dari tahun 2015 yang lalu. Tapi, saking ngebingunginnya, video ilusi optik tersebut belakangan ini akhirnya mendadak muncul dan jadi viral lagi.

Emang kayak gimana sih ilusi optiknya? Well, yang jelas ilusi optik itu engga berhubungan dengan benda-benda tersembunyi atau tebak hal yang salah lagi. Ilusi optik itu engga cuma jenius, tapi juga aneh sampai-sampai kamu bakal pengen tahu kayak gimana cara kerjanya yang sesungguhnya.

Gimana, penasaran engga? Kalau kamu udah engga sabar buat ngelihat ilusi optiknya, kamu tonton aja videonya di bawah ini. Saat seseorang di video tersebut ngegerakin lembaran kertas dengan garis-garis hitam di atas coretan-coretan random, kamu bakal ngelihat pergerakan orang yang lagi jalan.

FYI, konsep ilusi optik semacam itu intinya cukup simpel. Ilusi optik itu pada dasarnya cuma kayak ngebodohin otak kamu supaya engga ngehirauin benda yang lagi bergerak, sehingga akibatnya seolah-olah justru benda yang engga bergerak yang lagi ngelakuin pergerakannya.

Lebih tepatnya, buat video di atas, serangkaian garis paralelnya sebenarnya terdiri dari banyak celah dan coretan di belakangnya ditarik. Dengan demikian, saat celahnya bergerak, coretan-coretan tersebut bakal terlihat kayak nyiptain gambar bergerak yang masuk akal.

Singkatnya, mata kamu ngelacak celah yang bergerak, jadi kamu malah ngelihatnya kayak engga bergerak. Berhubung celahnya punya jarak yang sama rata, gerakannya otomatis jadi berulang saat celah di baris berikutnya bergerak di atas bagian yang sama dari gambar di belakangnya. Walau gambarnya sama sekali engga bergerak, otak kamu bakal tetap ngelihat gambar tersebut sebagai animasi yang punya siklus.

Pusing? Otak kamu mulai panas? Tenang aja, kamu engga ngalamin itu sendirian kok, Kawan Muda. Namun demikian, kalau kamu masih penasaran dan pengen ngelihat ilusi optik serupa dengan gambar bergerak yang lebih beragam, kamu saksiin aja video di bawah ini:

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer