Senin, 17 Juni 2024
NgulikTekno

Moto Z, Smartphone ‘Bongkar-Pasang’ Tertipis di Dunia

©Genmuda.com/Galuh Amlika Hanafia 2017Produk Moto Z dengan Hasselblad Camera Mods ©Genmuda.com/ Everlyn, Galuh Amlika Hanafia 2017

Genmuda – Di permulaan tahun yang masih seger ini, Lenovo langsung melakukan gebrakan dengan ngeluncurin ponsel high-end baru yaitu Moto Z. Ponsel kelas premium ini udah jelas punya spesifikasi dan kualitas yang nomer satu, ditambah lagi dengan fitur uniknya yang disebut Moto Mods.

Walaupun udah ada beberapa proyek ponsel modular, tapi belum ada yang berhasil ngebuat sesuatu yang unik dan simpel. Dengan adanya Moto Z, konsep ponsel modular yang ribet itu langsung ditepis dengan elegan. Hmm kira-kira ponsel modular satu ini sekeren ekspektasi kita engga ya? Yuk langsung aja kita review!

Unboxing

Bisa dibilang Lenovo berusaha abis-abisan gimana caranya ponsel ini bisa bersaing dengan smartphone premium lainnya di pasar Indonesia. Dari segi kemasan sih engga ada yang spesial, tapi begitu dibuka boxnya, kamu bakal ngeliat ponsel Moto Z yang dibungkus dengan plastik dengan bumper tambahan.

Selain itu kamu juga udah ngedapetin satu Moto Shell gratis dengan motif kayu, earphone, charger dengan fitur TurboPower, USB-C Port Adapter buat earphone favorit kamu. Engga lupa juga ada buku panduan dan garansi.

Design

@Genmuda.com/Everlyn
@Genmuda.com/Everlyn

Moto Z bisa dibilang punya desain yang cukup unik dan eye catchy. Sebagai salah satu ponsel bongkar-pasang (modular), Moto Z termasuk ke dalam kategori Ponsel yang sangat tipis dan bandel karena dibalut dengan metal dan kaca.

Tapi sayangnya penempatan tombol power dan volume yang ada di sebelah kanan atas cukup sulit dijangkau. Layar ponsel ini juga bisa dibilang cukup besar, yaitu 5,5 inci dengan bentang layar 1440 x 2560 pixels (~535 ppi)

Satu-satunya lubang yang bisa dicolok di ponsel ini terletak di bagian bawah yang udah mengusung USB type C. Jadi keinget iPhone 7? Yup Moto Z sama-sama engga punya jack audio. Keliatannya Lenovo emang sengaja ilangin jack audionya supaya bisa dapetin ketebalan 5,2mm. Bahkan ponsel ini juga diklaim sebagai ponsel pintar premium tertipis di dunia.

Di bagian belakang ponsel ini ada beberapa titik-titik yang berfungsi sebagai konektor dan magnet, yang bisa kamu pasang Moto Mods buat nambah kemampuan Moto Z.

Hardware

KARTU SIM DUAL SIM (MICRO-SIM)
Dimensi 153,3 x 75,3 x 5,2 mm / 136 gram
Layar AMOLED capacitive touchscreen, 5,5 inci 1440 x 2560 pixels (~535 ppi pixel density) + Corning Gorilla Glass 4
Memori 64 GB, microSD, up to 256 GB
Ram 4 GB
Kecepatan Internet HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 300/50 Mbps
Sistem Operasi Android OS, v7.0 (Nougat)
Processor / Chipset Qualcomm Snapdragon 820, Quad-core 2×1,8 GHz Kryo & 2×1,6 GHz Kryo + Adreno 530
Kamera Belakang 13 MP f/1,8, laser autofocus, OIS, dual-LED (dual tone) flash
Kamera Depan 5 MP f/2,2, 1,4 µm pixel size, LED flash, 1080p
Kapasitas Baterai Non-Removable Li-Ion 2600 mAh battery

Dari segi hardware, Moto Z emang layak dibilang ponsel premium karena udah dibekali dengan komponen mutakhir, termasuk prosesor Snapdragon 820, RAM 4GB dan memori internal 64 GB. Baterenya sendiri engga gede-gede amat, cuma berkapasitas 2600 mAh dan engga bisa dicopot, tapi untungnya kamu bisa pake aksesoris tambahan supaya Moto Z bisa bertahan hidup lebih lama.

UX (User Experience)

@Genmuda.com/Everlyn
@Genmuda.com/Everlyn

Moto Z dijalankan dengan sistem operasi Android Nougat dengan sedikit modifikasi. Hampir keliatan kayak stock Android, tapi dengan tambahan fungsi dan shortcut yang unik. Salah satu fitur favorit gue adalah Moto Active Display. Begitu kita ambil ponsel ini (dari saku celana ataupun meja) layar Moto Z bakalan nyala dan ngasih kita beberapa informasi penting seperti waktu, tanggal, batere dan notifikasi dalam mode layar hitam putih, jadi pastinya bakalan hemat energi.

Selain itu ikon notifikasinya sendiri ternyata juga interaktif, ketuk dan tahan di notif tersebut, nanti bakalan nongol preview dari pesan atau email yang masuk. Beberapa gestur lain yang kudu kamu coba adalah gerakan kayak memotong dengan pisau gede (gestur ini bakal aktifin lampu flash) dan gerakan memutar pergelangan tangan (buat aktifin kamera).

Perpaduan RAM 4GB, prosesor Snapdragon 820 dan GPU Adreno 530 sangat cocok buat dipake main game. Semua game berat Android yang ada bakal bisa kamu nikmatin dengan maksimal, apalagi layarnya juga besar dan berkualitas.

Kalo ngerasa suaranya kurang menggelegar, kamu cukup tambahin Moto Mods: Sound Boost Speaker dari JBL. Tempel ke bagian belakang Moto Z, voila! Suara hape makin menggelegar dan kapasitas batre juga bertambah.

Ada juga beberapa Mods lainnya yang engga kalah penting, misalnya ‘Insta-share Projectore Mod’ yang bakal ngubah hape kamu jadi sebuah proyektor dan ‘Hasselblad True Zoom Camera’ yang memungkinkan hape ini bisa ambil foto jarak jauh dengan fitur 10x optical zoom.

Untuk hasil jepretan kameranya sendiri sangat baik, meskipun belum sebagus iPhone 7 dan Samsung Galaxy S7. Moto Z cenderung ngehasilin foto yang overexposed. Tapi tenang, dengan adanya Moto Mods, kamu bakal bisa dapetin hasil jepretan yang lebih keren. Yah yang penting ada modal aja.

Kapasitas baterai yang terbilang kecil ini pun juga bisa kita akalin dengan Moto Mods ‘Incipio offGRID Power Pack’. Mods satu ini siap jadi batere tambahan di saat kondisi darurat tanpa harus bawa-bawa power bank lagi.

Wrap-Up

Pros

+ Spesifikasi High-End

+ Super tipis

+ Moto Mods

Cons

– Harga mahal

– Kapasitas baterai kurang besar

Mengingat Moto Z adalah ponsel premium, tentu banyak keunggulan yang ditawarkan, mungkin hal yang paling menonjol dari Moto Z adalah Moto Mods. Engga banyak ponsel modular di luar sana dan Moto Z berhasil nunjukin kalo ponsel modular itu tetap harus ngedepanin simplicity dan penggunaannya yang mudah.

Produk baru dari Lenovo ini udah bisa dipesan per 27 Januari 2017 di beberapa e-commerce Indonesia. Untuk ponselnya sendiri Moto Z dibanderol dengan harga Rp 8.499.000. Ada juga beberapa paket yang udah dibundling dengan Moto Mods, cek harga lengkapnya di sini.

Udah siap beli ponsel baru tahun ini? Yup, mungkin Moto Z adalah kandidat yang cocok buat anak muda yang kekinian seperti kamu!

Our Score

(sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast