Jum'at, 10 Juli 2020

Genmuda – Setelah satu dekade beranjak dari layar lebar, kini aktor dan sutradara Mel Gibson akhirnya kembali dengan sebuah film terbarunya, yaitu ‘Hacksaw Ridge’. Lewat film ini, doi pun mampu nunjukin bahwa dirinya masih seorang penggarap film yang andal.

‘Hacksaw Ridge’ merupakan film kelima yang disutradarai oleh Mel Gibson, menyusul ‘Apocalypto’ (2006). Film ini diadaptasi dari kisah nyata Desmond T. Doss, yang berada di barisan terdepan Perang Dunia II tanpa senjata. Film ini antara lain dibintangi oleh Andrew Garfield, Vince Vaughn, Sam Worthington, Luke Bracey, Hugo Weaving, Ryan Corr, Teresa Palmer, Richard Pyros, dan Rachel Griffiths.

Lebih lanjut, Desmond nolak buat nyentuh senjata karena keyakinan yang dianutnya. Meski begitu, doi berhasil ngeevakuasi 75 tentara sendirian dengan tangan kosong. Bahkan, berkat keberaniannya itu, doi justru jadi pembangkang pertama yang dianugerahi Medal of Honor oleh Presiden Harry S. Truman dan jadi satu-satunya tentara yang engga pernah ngangkat senjata di PD II.

Perang jiwa dan raga ala Mel Gibson

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Engga jauh beda kayak yang doi lakuin di ‘The Passion of the Christ’ (2004) dan ‘Apocalypto’ (2006), di ‘Hacksaw Ridge’ Mel Gibson pada dasarnya juga berusaha buat ngebangun tema keseluruhan filmnya dulu sebelum beralih ke adegan perang brutal nan nyata di paruh kedua film. Iya sih film ini emang dibayang-bayangi film perang dan militer lain kayak ‘Full Metal Jacket’ (1987) dan ‘Saving Private Ryan’ (1998). Tapi, penggarapan Mel Gibson yang kuat juga berhasil ngasih kesan tersendiri di film ini.

Bukan cuma itu, ‘Hacksaw Ridge’ pun sebetulnya bukan sekedar film perang yang ngedepanin aksi penuh kekerasan. Justru, film ini turut ngedepanin perjuangan moral, baik lewat sang tokoh utama maupun tokoh lainnya. Perjuangan tersebut bisa disampein Mel Gibson dengan sangat baik sampai-sampai kamu bakal terheran-heran sendiri, engga peduli agama atau kepercayaan apa yang kamu anut.

Singkatnya, Mel Gibson emang udah mampu nampilin adegan penuh darah yang begitu dahsyat di ‘Hacksaw Ridge’. Namun demikian, di film ini doi juga udah nyampein kisah tentang keluarga, cinta, dan keyakinan yang diuji lewat medan perang. Film ini mampu berdiri sendiri dan mampu ngeinspirasi sekaligus nyayat hati di saat yang bersamaan.

Andrew Garfield bersinar

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Hal lain yang engga kalah penting dari ‘Hacksaw Ridge’ engga lain dan engga bukan adalah penampilan dari para pemainnya, terutama Andrew Garfield. Bisa dibilang penampilan Andrew di film ini merupakan penampilan terbaiknya dalam karirnya sejauh ini. Engga perlu diraguin lagi, doi mampu nampilin karisma, semangat, dan sisi rapuh yang pas buat ngehidupin karakter Desmond.

Di samping itu, ‘Hacksaw Ridge’ pun mungkin bisa jadi film yang nganterin Andrew menuju nominasi Oscar pertamanya di tahun 2017 mendatang. Dari meranin karakter Spider-Man, doi udah berhasil beralih buat meranin karakter Desmond yang cenderung lebih intens dan serius. Doi mampu nampilin karakter Desmond dengan penuh penjiwaan.

So, secara keseluruhan, bisa dibilang ‘Hacksaw Ridge’ merupakan salah satu film perang yang paling sukses dalam beberapa tahun terakhir. Buat kamu yang udah lama nungguin karya terbaru Mel Gibson khususnya, seharusnya sih film ini bisa bikin kamu kembali ngasih sambutan hangat buat doi. Film ini jelas termasuk dalam salah satu film yang wajib kamu tonton di bulan ini, Kawan Muda!

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer