Kamis, 23 Mei 2024

Genmuda – Nentuin jurusan kuliah yang tepat memang sering kali bukanlah hal yang mudah, Kawan Muda. Salah satu penyebabnya biasanya adalah pendapat orang lain bahwa jurusan tertentu jauh lebih mudah daripada jurusan lainnya.

Entah gimana awalnya, yang jelas sampai sekarang masih ada aja jurusan-jurusan yang dianggap mudah sama banyak orang. Entah kamu termasuk ke golongan orang-orang yang ngegampangin suatu jurusan atau kamu justru udah jadi korbannya, yang jelas stereotip semacam itu udah nimbulin kontroversi.

Nah, buat kamu yang masuk dalam golongan orang-orang yang suka ngeremehin jurusan tertentu, memang apa untungnya sih kalau kamu nganggap jurusan orang lain jauh lebih mudah dari jurusan kamu? Daripada terus-terusan mikir kayak gitu, mending kamu pertimbangin dulu 5 hal berikut ini:

1. Tiap jurusan punya kesulitan dan tantangannya masing-masing

Iya deh kamu yang anak jurusan Kedokteran atau Farmasi memang banyak prakteknya dan harus ribet bikin laporan praktikum terus. Tapi, mereka yang anak jurusan Sastra atau Komunikasi pun sebenarnya engga jauh berbeda dari kamu. Anak Sastra umumnya harus berkutat sama tugas-tugas baca, sedangkan anak Komunikasi biasanya ditantang buat bisa selalu ngomong atau ngelakuin presentasi di depan umum. So, yang berbeda pada dasarnya cuma porsi atau tingkat kesulitan dan tantangannya aja.

2. Yang ngejalanin kuliah di jurusan itu bukan kamu

Walau kamu nganggap jurusan tertentu terbilang lebih mudah dari jurusan kamu, tetap aja yang ngejalanin kuliah di jurusan itu ‘kan bukan kamu. Ngedengerin kata orang doang tentu engga bakal sama dengan saat kamu ngerasain langsung. Bahkan, kamu mungkin engga bakal sanggup ngehadapin kesulitan dan tantangan di jurusan yang kamu remehin sama kayak mereka yang memang dari awal udah masuk ke jurusan tersebut.

3. Semua butuh waktu dan proses

Berhubung tiap jurusan punya kesulitan dan tantangannya masing-masing, jelas semua itu butuh waktu dan proses yang terbilang engga singkat. Cuma gara-gara jurusan tertentu engga ada matkul hitung-hitungannya bukan berarti jurusan tersebut engga ngebutuhin kerja keras. Lagi pula, kalau ada mahasiswa dari jurusan tertentu bisa lulus dalam waktu yang lebih cepat dari yang seharusnya, itu bukan karena jurusannya mudah, tapi karena doi punya niat dan tekad serta mau berusaha lebih keras (tsah!).

4. Kamu engga lebih baik dari mereka

Apapun alasannya, perlu kamu ingat bahwa ngeremehin jurusan orang lain engga bikin jurusan kamu jadi terlihat jauh lebih baik dari jurusan tersebut. Justru, hal tersebut akhirnya bisa ngebawa pengaruh negatif buat diri kamu sendiri. Singkatnya, lagi-lagi kamu belum ngalamin langsung kayak gimana rasanya kuliah di jurusan tersebut, jadi jangan keburu bikin kesimpulan.

5. Ngeremehin jurusan orang lain cuma bikin kamu makin berpikiran tertutup

Nah, ini dia nih poin yang paling penting. Dengan kamu ngeremehin jurusan orang lain, itu malah nunjukin kalau kamu masih belum bisa bijak nerima perbedaan yang ada. Kamu bisa jadi cuma ngedengerin kata orang aja, tapi engga mau berusaha buat ngolah lagi informasi yang kamu dapat itu. Ini udah tahun 2016, jaman makin canggih, masa kamu masih gitu-gitu aja? Apa kata dunia? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer