Jum'at, 19 April 2024

Genmuda – Maraknya tren entrepreneur pastinya mengiurkan buat sebagian Kawan Muda. Sambil siap-siap buat ngejalanin usaha, ada acara kece bernama International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2016.

Acara tersebut diselanggarakan oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Dyandra Promosindo di Jakarta Convention Center pada 3-5 Juni 2016 mendatang. IFRA tahun ini tetap mengusung tema yang sama dengan tahun sebelumnya, yaitu “Connecting Your Business Networks to ASEAN’s Biggest Market”.

FYI, tahun ini IFRA juga mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Pariwisata, Franchising and Licensing Association (FLA) Singapura, Malaysia Franchise Association (MFA), Philippines Franchise Association (PFA), Association of Chain and Franchise Promotion Taiwan (ACFPT), Macao Trade and Investment Promotion Institute (IPIM), Korea Franchise Association (KFA), serta sponsor PT Pos Indonesia dan BNI sebagai bank partner.

Bakalan ada 180 perusahaan dengan 320 merek yang siap menawarkan potensi bisnis bagi Kawan Muda. Perusahaan ini bukan hanya dari Indonesia doang loh, namun juga enam negara lain mulai dari Malaysia, Singapura, Korea, Hongkong, Macao, dan Australia.

Anang Sukandar, Ketua Umum AFI pada press conference (31/5) di Jakarta menyampaikan bahwa perkembangan bisnis waralaba di Indonesia masih menjanjikan. Oleh karena itu, pada IFRA tahun ini kami juga membuat tema lokal ‘An Easy Way to be an Enterpreneur!’.

“Kami mengharapkan, dengan adanya IFRA bisa merangsang masyarakat untuk lebih berani dan terfasilitasi menjadi pengusaha. Dengan berkunjung dan mengikuti berbagai program yang ada pada IFRA 2016, pengunjung akan mendapatkan banyak manfaat mengenai bagaimana memulai menjadi pengusaha dengan modal yang ada, bagaimana menjalankan, hingga bagaimana mengembangkan bisnis,” terang Anang.

Pameran ini menampilkan peluang waralaba dari berbagai industri yang lagi hype di masyarakat, mulai dari otomotif, spa, kecantikan dan kesehatan, retail mini market, perlengkapan bisnis, food & beverages, cleaning/laundry, restoran, café/coffe shop, IT/internet support, konsultan, klinik dan terapi, perhiasan dan aksesoris, farmasi, properti, mebel, venue/hotel, recruitment & training center, karaoke/hiburan, rental company, sekolah/pendidikan, logistik, food truck, business opportunity, hingga supporting equipment.

Dengan tampilnya beragam industri ini, maka AFI optimis dengan target transaksi tahun ini sebesar Rp 450 miliar serta 15.000 pengunjung yang akan hadir selama tiga hari pameran. Terdapat pula tiga program besar yaitu Indoor Enterpreneur Day, Social Activity, dan Outdoor Exitiment.

Indoor Enterpreneur Day akan menampilkan program Franchise Conference, Business Matching, Business Clinic, Franchise Funding Clinic, Pension & Retirement Seminar, Cooking Demo, serta Celebpreneur Talkshow. Sedangkan rangkaian Social Activitiy ada IFRA Goes to Campus, Franchise Concept & Design Competition, serta Student Visit to Venue. Dan untuk memeriahkan acaranya sendiri ada Outdoor Exitiment berupa Food Truck dan Food Court.

Dengan harga tiket masuk Rp 50 ribu, pameran ini akan berlangsung mulai dari pukul 10.00 – 21.00 WIB. “Melalui penyelenggaraan IFRA ini, kami berharap bisa memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan bisnis waralaba Indonesia ke depannya. Kami juga berharap bahwa Indonesia bukan hanya sebagai pasar semata, namun juga mampu menciptakan para pelaku-pelaku bisnis waralaba yang tangguh, yang mampu bersaing di pasar internasional,” ungkap Erry Erlangga, Presiden Direktur Dyandra Promosindo pada kesempatan press conference yang sama.

Kalau kamu masih bingung mau memulai bisnis apa, langsung aja datang ke IFRA 2016. “See you there gaes!” (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.