Sabtu, 17 April 2021

Genmuda – Apa sih definisi bahagia buat Kawan Muda? Jawabannya pasti relatif dan macam-macam. Tapi apakah saat ini kamu merasa bahagia? Hayo ngaku! Kamu pasti sering deh diledekin, “Jangan Lupa Bahagia ya!” *banal.

Ngomong sih kayaknya gampang, akan tetapi kekinian banyak anak muda yang ngerasa hidup mereka engga bahagia-bahagia banget. Sekarang buang jauh-jauh perasaan kayak gitu. Hidup cuma satu kali loh guys. Biar kamu tetap bisa bahagia dengan cara sederhana, coba aja ingat hal-hal ini:

1. Bersyukur dengan apa yang kamu miliki sekarang

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Lumrah kalo kamu ngerasa kurang inilah, itulah, pokoknya kayak yang paling kekurangan sedunia. *lebay. Jika kamu melihatnya dari sisi seperti itu, percaya semua yang udah kamu raih rasanya kurang. Daripada pusing, kenapa engga coba mensyukuri apa yang kamu dapat sekarang? Hidup jangan liat ke atas terus ya, nanti sakit leher. Catet!

2. Fokus aja sama tujuan hidup kamu

Jangan bentar-bentar iri, dikit-dikit labil, pokoknya jadi seseorang yang engga punya pendirian. JANGAN YA! Coba deh perhatiin, saat kamu melihat orang lain sukses atau bahagia dengan hidupnya apa kamu harus nyontek hidup mereka? Engga perlu segitunya kok, cukup jalani hidup kamu dan fokus pada tujuan besar di hidupmu.

3. Ciptakan bahagia versi kamu sendiri

friendzone
(Sumber: Liputan 6)

Sederhana, kamu engga perlu banyak uang banyak, keliling dunia, atau punya barang-barang mewah. Setiap orang punya cara masing-masing buat merasa bahagia. Dengan kamu bisa kumpul sama keluarga atau teman yang selalu ada buat support kamu aja udah jadi bukti kebahagian yang tak ternilai harganya. *tsah!

4. Jangan meratapi masa lalu, yuk move on!

Penyakit utama orang susah bahagia adalah gagal move on dari masa lalu. Percaya engga, bahwa seseorang yang terus mengingat ‘rasa sakit’ atau kejadian buruk di masa lalu justru membuat mereka susah bahagia, bahkan rentan terkena penyakit. Ayo dong move on, hidup engga cuma bahas masa lalu kok. Semangat!

5. Berani hadapi kenyataan, pantang menyerah

(Ilustrasi: Huffington Post)
(Ilustrasi: Huffington Post)

Seorang Thomas Alva Edison aja pernah dicap ‘bodoh’ oleh gurunya, sebelum doi berhasil menemukan bola lampu yang sekarang kita gunakan. Apakah doi takut dan lari dari kenyataan? TIDAK! Itu menjadi bukti jika seseorang bisa menjadi bahagia selama engga lari dari kenyataan, serta berani menghadapinya. “Toh, lari dari masalah hanya akan menambah masalah lain, bukan menyelesaikannya” kata orang bijak loh. He-he.

Jadi jika kamu masih ngerasa takut dan bingung gimana sih cara bahagia? Coba aja ingat kelima hal sederhana di atas. Dan yang paling penting, jangan cuma sekedar diingat, tapi dilakukan dengan hati dan keseriusan. “Let’s be happy!” (sds)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.