Jum'at, 19 April 2024

Genmuda – Kabar gembira buat kamu yang termasuk Generasi 90-an dan ngefans banget sama T-Five nih, Kawan Muda. Kelompok musik tersebut bakal kembali lewat sebuah album The Best of T-Five yang bertajuk ‘Reborn’ dengan berkolaborasi bareng sejumlah musisi muda loh!

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, engga bisa diungkiri kalo banyak musisi lintas generasi udah saling berkolaborasi dan ngerespon karya masing-masing buat jadi sebuah karya baru. Demikian halnya dengan T-Five, yang lewat album ‘Reborn’ turut ngegandeng beberapa musisi muda masa kini buat ngebawa memori dan ngasih penyegaran kepada pendengar musik saat ini.

FYI, T-Five udah memulai langkah kolaborasi tersebut dengan sebuah single hits mereka bertajuk ‘Yang Terindah’ yang resmi dirilis pada tanggal 7 September yang lalu. Kali ini, lagu yang berasal dari album self-titled (2001) itu mereka aransemen ulang dengan ngelibatin Rayi RAN.

Secara khusus, langkah kolaborasi tersebut sebetulnya merupakan suatu sikap bagi T-Five. Lebih tepatnya, kepopuleran dan karakter yang sangat jelas pada konsep musik band pop pengusung musik hiphop dan R&B yang populer di era awal 2000-an itu jadi kekuatan buat nepis anggapan bahwa mereka cuma ngedompleng popularitas musisi muda masa kini.

via T-Five
(Sumber: Istimewa)

“Kolaborasi mempunyai nilai positif untuk perkembangan musik di Indonesia, kami memiliki pandangan kalau aktivitas kolaborasi seperti ini akan menciptakan konsep-konsep yang cukup unik untuk memperkaya dan membawa angin segar bagi industri musik di Indonesia. Bahkan bisa dijadikan sebagai materi lagu yang layak untuk dinikmati. Tapi tentunya tetap sesuai dengan estetika dan permintaan telinga musik yang ada di Indonesia saat ini,” jelas Yerry dalam siaran pers yang diterima Genmuda.com.

Sebaliknya, Rayi sendiri lantas ngakuin bahwa T-Five merupakan salah satu band favoritnya sejak SMA yang kerap doi tonton penampilannya. Bahkan, dirinya pun sempat ngalamin memori bareng lagu-lagu T-Five yang ada di masa remaja. Nostalgi(l)a banget deh pokoknya, Kawan Muda!

“Saya pernah beberapa kali nonton penampilan T-Five ketika masih bersekolah dan itu sangat berkesan. Jadi ketika saya diminta untuk berkolaborasi dengan T-Five, tanpa pikir panjang saya langsung mau. Karena lagu-lagu T-Five masih enak didengar dan pasti banyak orang yang memiliki kenangan dengan lagu-lagu T-Five,” ungkap Rayi.

Sementara itu, selain Rayi, masih ada pula sederet musisi muda masa kini lainnya yang juga udah diajak buat ikutan ngearansemen tujuh lagu The Best of T-Five dari album ‘T- Five’ (2001), ‘Bebas’ (2003), ‘Back To Back’ (2005), dan ‘Legacy’ (2009). Yang menariknya lagi, tiga karya baru nantinya juga bakal ngelengkapin album yang proses rekamannya udah mencapai 70% itu, dengan Rayi kembali terlibat dalam proses pembuatan salah satu lagu tersebut.

Singkatnya, dengan adanya kolaborasi bersama RAYI dan musisi muda lainnya, T-Five berharap bisa ngeluasin pasar pendengar ke publik musik yang lebih muda saat ini. Selain itu, band yang digawangi oleh Gordon, Nino, Paul, Yerry, Bheben, dan Ajier tersebut juga ingin terus ngelahirin kolaborasi yang unik sekaligus ngelahirin karya-karya segar dan lebih up to date buat memperkaya perkembangan musik Indonesia.

via T-Five
(Sumber: Istimewa)

“Bila ada tanggapan kami akan kehilangan identitas, menurut kami tidak demikian karena kolaborasi itu bukan mencari identitas baru tetapi meng gabungkan dua atau lebih karakter tanpa menghilangkan identitas masing-masing. Bila ada sesuatu yang membedakan atau terkesan berubah sedikit  itu adalah sesuatu yang wajar karena musik itu selalu berkembang. Banyak musisi bertahan lama dan disebut sebegai legenda karena punya karakter kuat tapi juga terus berinovasi mengikuti selera zaman,” pungkas Gordon.

Terlepas dari itu, kamu mungkin sempat bertanya-tanya ke mana aja T-Five selama ini. Well, sebetulnya mereka bukan vakum dari belantika musik Tanah Air. Mereka sempat kok ngeluarin beberapa single di tahun 2013, 2014, dan 2015, yaitu ‘Aku Mendua Kamu Mendua’, ‘I Love You’, dan ‘Dia’.

Namun demikian, di sisi lain para personel T-Five dalam beberapa tahun terakhir pun emang turut disibukkin dengan kegiatan di balik layar buat jadi produser. Sebut aja ada Sweetin, Melani Richardo, Uya Kuya, Supergirlies, Dragon Boyz, dan lain-lain, yang merupakan sebagian kecil garapan beberapa personel T-Five. Ada juga beberapa kesibukan dan bisnis lainnya yang mereka jalani.

Untungnya, kini kamu engga perlu khawatir lagi. Single dan album terbaru T-Five saat ini digarap lebih serius bersama Musik Pro Aktif. Kurangnya keseriusan pada karya sebelumnya itu emang diakui mereka terjadi karena banyak faktor, di antaranya kemungkinan momen yang belum tepat maupun kesibukan yang dilalui masing-masing personelnya saat itu. Kita tunggu aja deh kelanjutan kabar karya-karya terbaru T-Five, Kawan Muda!

(sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer