Kamis, 3 Desember 2020

GenMuda – Ada banyak banget situs penghimpun dana yang tersebar di seluruh dunia, masing-masing memiliki keunikan tersendiri, namun pada dasarnya situs-situs tersebut bertujuan untuk memfasilitasi berbagai macam proyek yang terdapat di situs crowdfunding tersebut agar mendapat sokongan dari orang-orang yang tertarik dengan proyek itu. Nah, salah satunya adalah Kickstarter.

Kickstarter yang berpusat di Amerika Serikat ini merupakan salah satu situs crowdfunding terbesar di dunia. Sejak didirikan pada 28 April 2009 hingga sekarang, perusahaan ini berhasil menghimpun dana sebesar 1,9 miliar dolar AS (setara dengan 26,6 triliun rupiah!) dan telah mendanai lebih dari 92 ribu proyek di seluruh dunia.

Terus proyek apa aja sih yang bisa dipublikasikan di Kickstarter? Banyak banget! Mulai dari film, musik, seni, teknologi, hingga video games. Berbicara mengenai proyek, tentunya harus punya goal dan deadline kan, karena itulah setiap proyek di situs ini harus menjelaskan secara rinci mengenai proyek mereka, memberikan estimasi dana yang mereka butuhkan dan mencantumkan kapan tenggat waktu pendanaan proyek ini berakhir.

kickstarter team

Apabila dana yang terhimpun berhasil mencapai target, maka dana tersebut berhak digunakan oleh si project creator untuk merealisasikan idenya, tapi gimana dong kalau ga berhasil mencapai target? Maka seluruh dana yang terhimpun tadi dikembalikan ke masing-masing backers yang sudah menyumbangkan dana.

Uniknya Kickstarter sendiri tidak memiliki hak apapun terhadap proyek-proyek yang ada di situs mereka, jadi setiap proyek tersebut murni milik project creator. Beberapa contoh proyek yang sukses di pasar global adalah Pebble Time, Coolest Cooler, OUYA, Shenmue III dan Veronica Mars movie.

Bahkan ada juga loh karya anak bangsa yang berhasil, salah satunya Winterflame: The Other Side, game yang bergenre puzzle adventure buatan pengembang Indonesia ini berhasil menghimpun dana sebesar Rp 760 juta! Game ini akan dirilis secara komersial pada 2016 mendatang.

Salah satu video game karya anak bangsa yang hadir di Kickstarter
Salah satu video game karya anak bangsa yang hadir di Kickstarter

Gimana GenMuda, punya ide kreatif yang ingin direalisasikan?

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast