Senin, 21 September 2020

Genmuda – Semua orang tau kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur itu bukan sekedar jargon iklan apalagi omong kosong belaka. Namun demikian, masih banyak juga loh orang Indonesia yang enggan melakukannya. Pantesan aja dokter gigi jarang sepi.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 yang dilaksanakan Kementerian Kesehatan bilang kalo 25,9 persen dari 1.027.763 sampel seluruh penduduk Indonesia tuh rentan kena masalah gigi dan mulut.

Soalnya, jarang menyikat gigi dengan benar. Yaitu, setelah sarapan dan sebelum tidur malam. Nah. Di antara provinsi-provinsi di Indonesia, di bawah ini adalah yang penduduknya termasuk paling rajin sikat gigi sebelum bobo.

10. Kalimantan Timur (33,8% penduduk)

via kaltimprov.go.id
Anak-anak PAUD dan TK di Kaltim pada sikat gigi massal. (Sumber: kaltimprov.go.id)

Kesadaran para penduduk Kalimantan Timur untuk sikat gigi sebelum tidur muncul bukan cuma karena peran keluarga dan instansi pendidikan dasar, melainkan juga karena media-media tingkat provinsinya rajin beritain tips kesehatan gigi dan mulut. Gak percaya, artikel ini, ini, ini, ini, dan ini buktinya.

9. Yogyakarta (34,8% penduduk)

Salah satu klinik gigi di Jogja manfaatin mesin pencarian Google bukan cuma buat promosi, melainkan juga ngasih info tentang kesehatan gigi. Saking agresifnya, tiap kata kunci “kesehatan,” “gigi,” “yogyakarta,” dan “jogja” pasti bakal memunculkan artikel-artikel dan tips kesehatan gigi buatan klinik tersebut.

8. Kepulauan Riau (38,6% penduduk)

Bukan cuma media dan sikat gigi, blogger pribadi di Kepulauan Riau pun nyuarain pentingnya jaga kebersihan mulut sebelum tidur. Selain itu, jumlah penduduknya yang rajin sikat gigi tiap hari juga terbilang besar, yaitu sekitar 94,6 persen.

7. Kalimantan Barat (38,9% penduduk)

via indopos.co.id
Anak SMP diperiksa dokter gigi sekolah. (Sumber: indopos.co.id)

Angka kesadaran sikat gigi sebelum tidur di Kalimantan Barat terbilang tinggi salah satunya karena peran pemerintah. Tenaga Kesehatan di tiap kabupaten/kota provinsi tersebut rutin ngadain penyuluhan ke sekolah-sekolah dengan mengundang orangtua murid sebagai pesertanya.

6. Gorontalo (39,5% penduduk)

Sejumlah Sekolah Dasar dan Madrasah di Gorontalo punya loh program sikat gigi massal. UKS-nya juga dibekali fasilitas pelayanan gigi buat murid-muridnya. Puskesmasnya juga punya program kesehatan gigi tuh.

5. Bangka Belitung (39,9% penduduk)

Tahun 2011, sekitar 86,8% penduduk Bangka Belitung menderita gigi berlubang. Setelah itu, berbagai program kesehatan gigi digalakkan berbagai pihak. Saat Riskesdas 2013, program itu nunjukin hasil karena kesadaran menyikat gigi sebelum tidur warga Bangka Belitung tergolong 10 besar.

4. DKI Jakarta (43,4% penduduk)

via mediaindonesia.com
(Sumber: mediaindonesia.com)

Ibu Kota, sih. Ya jelas dong termasuk 4 besar. Info tentang kesehatan gigi pasti gampang di dapet dari sekolah, keluarga, medsos, bahkan dari temen. Media Dengan berbagai sudut pandang, situs berita di Jakarta juga sering bahas tentang kesehatan gigi dan mulut.

3. Sulawesi Barat (43,9% penduduk)

Penduduk Sulawesi Barat sebenernya yang paling paham cara meyikat gigi yang benar. Riskesdas 2013 bilang kalo 8% penduduknya paham betul teknik sikat gigi dan tau kalo waktu sikat gigi paling tepat adalah sesudah sarapan dan sebelum tidur. Namun, kesadaran sikat gigi sebelum tidurnya lebih rendah dari dua provinsi berikut.

2. Sulawesi Tenggara (47,6% penduduk)

Persatuan Dokter Gigi Indonesia di Sulawesi Tenggara sering adakan kegiatan seputar kesehatan gigi dan mulut, misalnya tuh penyuluhan dan sikat gigi massal tingkat SD untuk memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2016 dan World Oral Health Day, Maret lalu. Kalo dari kecil dibiasain sikat gigi yang bener, sampe tua bakal gitu.

1. Sulawesi Selatan (58% penduduk)

via beritadaerah.co.id
Periksa gigi gratis di Makassar memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional. (Sumber: beritadaerah.co.id)

Media-media tingkat provinsi Sulawesi Selatan pun begitu. Rajin memberitakan tips tentang kesehatan gigi. Akan tetapi, Ibu Kota Sulawesi Selatan, Makassar juga pernah mengadakan berbagai kegiatan penyuluhan gigi saat Bulan Kesehatan Gigi Nasional, September 2013 lalu. Pada saat perayaan itu, periksa gigi gratis. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.