Jum'at, 7 Agustus 2020

Genmuda – Yeah, engga kerasa Genmuda.com udah nemenin Kawan Muda setahun belakangan. Memperingati momen tersebut, Sabtu, 26 November 2016 kemarin akhirnya Genmuda.com ngadain acara Be The Wow (BTW) Project.

Bertempat di IFI Sarinah, Jakarta, BTW Project dibagi dalam tiga kelas, yaitu DIY Class barengan Jingga Pernik dan Card_To, Drawing Class barengan Popomangun, serta Animation Class barengan Dapoer Animasi.

Terus gimana sih keseruan dari BTW Project? Nih, Genmuda.com kasih sedikit rekapnnya buat kamu yang kemarin belum sempat dateng. Cekidot!

Semangat baru buat berkecimpung di dunia animasi

©Genmuda.com/2016 Aditya
Animation Class dari Dapoer Animasi ©Genmuda.com/2016 Aditya

Sesuai sama judulnya di BTW Project para peserta engga cuma duduk manis doang loh. Mereka juga langsung praktik sama para pembicara dan dibolehin banget sharing soal pengalaman mereka. Di Animation Class misalnya. Kawan Muda bebas tanya-tanya langsung seputar proses pra hingga pasca produksi sebuah film animasi.

Salah satu pesertanya adalah Rara. Cewek yang bercita-cita kerja di Pixar ini pun ngerasa kalo impiannya tersebut bukan sesuatu yang impossible setelah sharing sama temen-temen dari Dapoer Animasi. “Gue ngerasa banyak dapet wawasan dan motivasi lebih (buat terjun di dunia animasi). Intinya sih bukan umur yang membuat lo muda atau tua, tapi semangat lo!”

Dari goresan tangan kemudian jadi duit barengan Popo Mangun

©Genmuda.com/2016 TIM
Drawing Class barengan Popo Mangun di BTW Project ©Genmuda.com/2016 TIM

Engga jauh beda dari Dapoer Animasi, seniman satu ini juga punya daya tarik tersendiri di kelas menggambarnya di BTW Project. Dengan gaya gambar dan banyolannya, Popo menceritakan proses kreatif yang doi jalanin hingga akhirnya terjun ke dunia kreatif. Para peserta di kelasnya juga diharuskan mengambar bareng dan menuangkan kreativitas mereka dalam sebuah kertas besar.

“Gue percaya kalo semua orang itu bisa ngegambar geng. Dari situ pun lo bisa ngasilin berbagai macam karya yang akhirnya bisa jadi duit. Ya, lumayanlah meski engga kaya-kaya banget. Hahaha..” ujar Popo kepada para peserta. Selain itu doi juga ngasih beberapa atrwork yang bisa diwarnain sama perserta loh. Nyesel kan engga ikut? *canda.

Ciptain peluang bisnis lewat kerajinan tangan

©Genmuda.com/2016 TIM
DIY Class baregan Card_To di BTW Project ©Genmuda.com/2016 TIM

Buat kamu girls, di BTW Project juga ada DIY Class yang ngasih kamu segudang pengalaman berbisnis lewat kerajinan tangan. Khusus DIY Class dibagi menjadi dua pilihan, yaitu kelas Pop-up Card dari Card_to serta Handmade Accessories dari Jingga Pernik.

Meski kelihatannya simple, proses pembuatannya lumayan rumit, tapi tetap fun. Amalia misalnya, mahasiswi Jakarta ini ngaku kalo proses kreatifnya di kelas pop-up card yang doi ikutin itu bermanfaat banget. “Gue ngerasa acara ini berguna banget, selain gratis, kelas ini juga bisa ngelatih kreativitas anak muda.”

©Genmuda.com/2016 Aditya
DIY Class barengan Jingga Pernik di BTW Project ©Genmuda.com/2016 Aditya

Nah, kelas Jingga Pernik pun engga kalah seru gaes. Dari waktu selama dua jam, para peserta di kelas ini bisa bikin dua kalung dari bahan recycle. Hasilnya gimana? Kece banget buat dipakai ke kampus atau kantor.

Salah satu peserta yang paling rapih bikin kalung adalah, Intan. Cewek hijab ini ngaku ke Genmuda.com kalo doi sengaja ikutan kelas Jingga Pernik karena penasaran. “Seru banget, karena di kelas Jingga Pernik kita diajarin recycling barang-barang bekas supaya bisa jadi lebih bermanfaat.”

Peserta dengan karya terbaik

©Genmuda.com/2016 Aditya
Ki-ka: Andrew dari Dapoer Animasi, Popo Mangun, Atri, Intan, Amalia, Rara, Tria, Dara dan Treza dari Card_to ©Genmuda.com/2016 Aditya

Di penghujung acara para peserta dengan karya terbaik juga dikasih gratis tiket nonton ‘Jazz Goes to Campus 2016’ dari IFI Jakarta. Kriteria pemenang dilihat dari kreativitas dan keaktifan di dalam kelas. Nyesel kan kamu engga ikutan? He-he.

So, kalo Kawan Muda engga sempet dateng di BTW Project kali ini, tungguin aja event BTW Project selanjutnya dan juga lupa pantengin terus Genmuda.com. “Sampai jumpa lagi ya!”

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.