Senin, 26 Oktober 2020

Genmuda – Kamera ponsel sekarang udah pada canggih. Koneksi internet juga makin cepat dengan kuota yang jumlahnya makin banyak. Kombinasikan keduanya dengan kreativitas, tiap pengguna medsos jadi jago bikin konten menarik yang ngundang banyak peminat.

Liat aja jumlah selebgram yang makin hari makin nambah kayak kemunculan jerawat di usia remaja. Jenis caption, foto, dan video yang diupload juga jadi lebih banyak jenisnya. Ada yang jago bikin meme, ada yang keren bikin make-up, ada yang asik ngereview main game.

Karena banyak kiblatnya, jadi banyak pula tips-tips bikin postingan keren di Instagram. Kamu pasti udah mengetahuinya dari tulisan ini, ini, atau yang ini. Meski tiap pihak punya rumus best posting terbaik ala mereka, ada 15 jenis postingan yang paling miskin likes. Coba aja unggah contoh kayak di bawah ini, maka kamu bakal buang kuota internet doang.

1. #FoodPorn yang gagal

Via Google
(Sumber: Istimewa)

“Persaingan” foto makanan semakin ketat. Cuma foto-foto super kece dengan makanan tertata bagus aja yang dapet likes melimpah. Kecuali menu yang kamu posting dibuat atas jerih payah sendiri, jangan sekali-kali posting makanan atau minuman yang bentuknya gak keruan.

2. Foto ke-278 tetang hewan peliharaan

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Lebay. Tapi, pada intinya, kamu kebanyakan posting foto piaraan. Lama-lama, temen-temen kamu bingung sebenernya akun yang banyak foto hewan peliharaan itu adalah akun pribadi kamu atau akun pribadi peliharaan kamu, sih.

3. Postingan ke-373 kali tetang liburan

©Genmuda.com/2017 Everlyn
Kayak penulis Genmuda.com yang kegirangan saat ke Hong Kong. ©Genmuda.com/2017 Everlyn

Kita semua paham. Kamu anak liburan banget. Stop. Kerja gih.

4. Quotes yang desainnya berantakan

bryan cranston sebagai Walter White di film Breaking Bad
Salah satu quotes Walter White yang terkenal selain, “I am the one who knocks.” (Sumber: Istimewa)

Sebuah kesalahan yang sering dilakukan tukang comot dan tukang repost. Ngeliat quotes berkata-kata bagus tapi lupa perhatiin desainnya. Padahal, udah ada aplikasi foto editor gratisan yang gampang banget dipakai.

5. “Humblebrag”

via: Instagram
(Sumber: Instagram)

Sinonim humblebrag adalah merendah untuk meroket. Yaitu, saat perempuan berbadan langsing posting selfie full-body dengan caption “Masih gendut. I’m ugly.” Atau, saat seorang orang jago gambar memposting masterpiecenya dengan caption “Not that good.” Bisa juga ketika kamu posting foto makanan enak di cafe mahal tapi pakai hashtag #simplelife. Kalo simple life sih harusnya makan tempe orek, sih.

6. Early christmas present

(Video: Genmuda.com/2015 Everlyn)

Natal masih jauh banget, woy. Ini sih early early christmas present namanya.

7. Latepost beruntun

via: Twitter
CAPTION: Latepost naik gunung saat SMA, sekarang udah S3 (Sumber: Twitter)

Posting foto yang udah lewat (#latepost atau #latergram) sih oke-oke aja. Tapi, jangan kebanyakan mengunggah foto basi karena bikin follower kamu males sendiri. Mereka gak peduli juga sama selfie kamu di konser kece yang berlangsung minggu lalu. Move on, dong!

8. Duckface

Selfie duck face ala Kendall Jenner (Sumber: instyle.gr)

Eh? Ini tahun 2010 ya? Kok masih duckface aja sih gayanya?

9. Kutek gatot

Via Youtube
Kalo kayak gini masih oke. loh! (Sumber: cutepolish)

Ayolah, girls (dan mungkin juga boys). Hasil karya kutek yang gak begitu kece janganlah dipamerin. Selain menyakiti mata temen-temen kamu yang artistik, kamu juga lagi malu-maluin diri sendiri.

10. Foto monoton

Dua hari lalu, unggah foto selfie dengan muka senyum dikulum madep kiri. Kemarin, unggah foto dengan format sama cuma beda warna rambut aja. Tadi pagi, bajunya ganti tapi posenya masih sama juga. Beberapa menit lalu, masih posting dengan pola seperti itu. Jadi, doi tuh sebenernya beneran pasang make-up dan ganti baju atau tinggal ngedit satu foto pakai photoshop, sih? Atau, jangan-jangan doi tuh manekin.

11. Cowok selfie di cermin kamar mandi

Via: Giphy

Sori, gaes. Orang-orang aja gak suka ngeliat selfie cewek di cermin kamar mandi. Apa lagi liat selfie cowok.

12. OOTD

©Genmuda.com/2017 Faathir
©Genmuda.com/2017 Faathir

Emangnya situ siapa? Kim K? Kylie Jenner? Gita Savitri? Ya, terserah kamu aja.

13. Out of focus

via: giphy

Kemungkinan besar, cuma anggota klub foto gerak dan klub foto gak fokus yang suka postingan-postingan ngeblur macam ini. Inget, loh. Jurang pemisah foto bokeh dan out of focus tuh lebar banget.

14. Foto bon

via: Career Addict
(Sumber: Career Addict)

Kecuali kamu mau ngelaporin ada tindak kecurangan yang dilakuin kasir tempat kamu belanja (seperti gambar di atas), sebaiknya jangan foto bon. Kamu ini mau bercerita pengalaman belanja kamu ke orang-orang di IG atau mau pamer, sih? Sana, balik ke Path lagi deh kalo pengen pamer doang.

15. Kebanyakan Instastory

via Huffington Post
(Sumber: Huffington Post)

Saking banyaknya, grafik Instastorynya gak lagi berbentuk garis-garis. Tapi, udah jadi titik-titik. Kamu ini siapa sih? Dian Sastro? Segelintir follower doi aja ada yang males ngeliat over-Instastory doi, loh gaes.

Itulah 15 jenis postingan paling menyebalkan di IG. Kamu tau jenis postingan lainnya? Langsung aja tulis komentar kamu di bawah ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.