Rabu, 21 April 2021

Genmuda – Janji mau nabung terucap hampir tiap dapet uang jajan. Teori dan itung-itungan keuangan bulanan dibuat dengan mateng seharian penuh. Tapi, janji dan teori belum tentu sesuai sama kenyataan di lapangan.

Buktinya isi saldo tabungan tetep kosong melompong kayak tempat disko di siang hari. Jangan salahin harga barang yang makin tinggi. Tapi, koreksi diri karena engga mengatur dan memantau keuangan.

Memantaunya harus seberapa sering sih? Baiknya sih sesering mungkin. Gila! Engga ada waktu dan skillnya, keleus. Santai dulu dong. Di jaman yang udah maju kayak gini generasi millennial harusnya lebih gampang ngatur duit karena bisa dibantu sama aplikasi gratis di bawah ini. Tentunya semua bisa didownload dan dihapus sesuka hati. YEAH!

1. Money Lover (Android/Apple)

via windowscentral.com
(Sumber: windowscentral.com)

Aplikasi yang udah diunduh satu juta kali ini adalah pemenang aplikasi keuangan terbaik tahun 2016, menurut Google PlayStore. Selain memantau keuangan harian dan hutang-piutang, hitung-hitungan keuangan saat traveling juga bisa dipantau aplikasi ini. Karena terhubung sama sistem di ponsel, aplikasinya juga bisa ngingetin waktu jatuh tempo pembayaran sesuatu (misalnya, kosan atau uang internet).

2. Monefy (Android)

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Sama kayak aplikasi sebelumnya, Monefy juga udah diunduh lebih dari satu juta kali di PlayStore. Kategori transaksi di aplikasi ini dibagi dalam gambar yang memudahkan banget navigasi aplikasinya. Sayangnya, mata uang yang bisa dipakai di aplikasi gratisannya engga bisa diganti jadi rupiah. Selain itu, engga bisa memantau hutang-piutang yang terjadi sepanjang bulan.

3. Money Manager Expense & Budget (Android/Apple)

via androidauthority.net
(Sumber: androidauthority.net)

Sementara itu, Money Manager Expense & Budget cocok banget memantau keuangan harian dan bulanan kamu. Data keluar-masuk uang bisa ditampilin dalam bentuk kalender, sehingga kamu engga kehilangan arah. Ibarat asisten keuangan beneran yang udah ketat, data transaksi yang tercatat di aplikasi gratisan ini engga bisa dihapus lagi. Jadi, masukin datanya harus teliti, ya.

4. Expense Manager (Android)

via staticworld.net
(Sumber: staticworld.net)

Butuh aplikasi manajer keuangan yang singkat, padat, dan cepat? Langsung aja download aplikasi Expense Manager. Tanpa kebanyakan desain, aplikasinya juga bisa menghitung hutang-piutang, jadi pengingat jatuh tempo, dan menghitung tabungan yang dibutuhin buat membeli sesuatu.

5. Toshl Finance (Android/Apple)

via netocratic.com
(Sumber: netocratic.com)

Kalo aplikasi keuangan engga mempan karena engga ada sosok yang suka ngingetin, coba deh download Toshl. Monster-monster yang jadi maskotnya bakal setia mendampingi. Tanpa munculin iklan, tampilan antar muka aplikasi ini enak banget. Udah gitu, ada tutorial penggunaannya juga biar kamu engga nyasar waktu memakai aplikasinya.

6. Fast Budget (Android/Apple)

via androidcentral.com
(Sumber: androidcentral.com)

Desain keren dan aplikasi yang fungsional adalah keunggulan Fast Budget, aplikasi pengatur keuangan yang udah didownload lebih dari satu juta kali. Halaman muka aplikasinya nampilin rangkuman data transaksi tiap bulan, sementara transaksi detilnya bisa diliat di halaman lain. Aplikasi ini juga bisa ngingetin penggunanya untuk masukin catatan data transaksi tiap hari.

7. Wallet (Android/Apple)

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

“Manage your money to get what you want.” Slogan itu udah jelas banget nunjukin kalo aplikasinya ngajak penggunanya nabung demi jajan besar di hari kemudian. Tampilannya merupakan perpaduan antara desain bagus dan fungsional. Selain itu, Bahasa Inggris percakapan yang dipakai di aplikasinya bener-bener memudahkan loh, gaes.

8. Expense Manager – Tracker (Android/Apple)

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Aplikasi terakhir ini juga punya tampilan simpel dan engga boros gambar, seperti aplikasi sebelumnya. Meski baru didownload 100 ribu kali di PlayStore, fungsinya engga kalah lengkap dari aplikasi lain. Malahan, catatan keuangan di aplikasi ini juga bisa dilengkapi gambar biar kamu engga lupa sama bentuk jajanan yang menghabiskan uang jajan kamu.

Tapi, inget ya, kalo semua aplikasi di atas baru bisa berguna ketika kamu rutin mencatat uang keluar dan masuk secara rutin. Kalo engga begitu ya sama juga bohong. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.