Sabtu, 21 Mei 2022
Ngulik

Drama Menyentuh dan Horor Meneror di ‘The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist’

the conjuring 2Lorraine dan Ed di film 'The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist' (Sumber: slashfilm.com)

Genmuda – Para movie-goers, terutama pecinta film horor pasti udah engga sabar nonton ‘The Conjuring 2’. James Wan masih setia buat menggarap kisah suami-istri mediator supranatural Lorraine (Vera Farmiga) dan sang pemburu hantu pemberani Ed (Patrick Wilson) yang siap bikin kamu nahan napas dari awal hingga credit title.

Sebelumnya, ‘The Conjuring’ berhasil meneror penonton dengan kisahnya di Amityville. Kini, sequel film horor yang diminati publik itu bakal nyeritain sebuah rumah poltergeist di Enfield, Inggris.

Mengangkat kisah nyata di Inggris sekitar 1977, tepatnya setelah kejadian rumah Amityville. Ed dan Lorraine kini harus membantu seorang bocah 10 tahun bernama Janet Hodgson (Madison Wolfe) dan ibunya Peggy Hodgson (Frances O’Connor) mengatasi gangguan supranatural yang merusak hubungan keluarganya.

Namun iblis pengganggu rumah itu ternyata jauh lebih kuat dari perkiraan Ed dan Lorraine. Mereka pun dibuat keteteran dan terpaksa ngeluarin semua kemampuannya buat nyelametin penghuni rumah itu.

Engga cuma ngagetin

the conjuring 2
Salah satu makhluk supranatural yang bakal muncul di film ini. (Sumber: space.ca)

Film horor yang ngagetin doang mah udah biasa dan old-school banget. Untungnya James Wan jeli menyadarinya, jadi doi memadukan elemen kaget di film horor sama elemen teror di cerita serem. Doi mampu mengemas adegan ngagetin yang old-school jadi lebih menyeramkan.

Yang jelas, penonton bakal dibikin menebak-nebak jump scare yang bakal muncul di tiap, scene sambil nahan napas, dan ketakutan. Karena film ini diangkat dari kisah nyata, kehororannya pun terasa natural.

Kawan Muda bakal bisa memahami deh gimana rasanya kalau kamu digangguin makhluk halus di rumah. Bisa dibilang, ‘The Conjuring 2’ bakal nakutin dengan cara pelan tapi pasti. Siap-siap aja merasa ketakutan bahkan hingga credit title.

Perpaduan unsur drama

the conjuring 2
Kiri-Kanan: Peggy, Janet, dan Margaret Hodgson lagi diteror sama si iblis poltergeist. (Sumber: dreadcentral.com)

Unsur drama di film ‘The Conjuring 2’ tuh bakal terasa banget, gaes. Apalagi, ketika scene yang melibatkan penghuni rumah poltergeist itu. Pertama, kisah Peggy dan anak-anaknya bakal menyentuh banget karena bakal ada konflik keluarga dan antar tetangga yang muncul begitu keluarga ini diganggu iblis jahat.

Terus, kisah cinta Ed dan Lorraine bakal semakin terasa di film ini. Diceritain, Lorraine bakal dapet penglihatan masa depan yang bakal bikin doi galau engga karuan. Penonton pun bakal terbawa suasana dan hilang ketakutannya waktu scene dramanya muncul.

Kombinasinya bakal mainin perasaan banget. Bukan cuma ketakutan, penonton jadi bisa ngerasain yang namanya kekeluargaan setelah film ini selesai diputer. Dengan kata lain, engga bakal rugi nontonnya.

Serem sampe credit title

The Conjuring 2
Kalau dilihat sekilas, scene ini engga ada serem-seremnya. Kalau udah ditonton, siap-siap aja deh. (Sumber: Youtube Image)

Scoring yang serem aja udah diputer dari awal film. Udah gitu sound effect terasa ngene dan pas banget. Waktu scene ngagetin, engga bakal ada penonton yang bisa stay cool. Cowok otot kawat pun kayaknya kayaknya sih bakal jerit. He-he.

Selain itu, James Wan bener-bener gunain fakta bahwa ‘The Conjuring 2’ tuh berasal dari kisah nyata. Karena, dokumentasi kejadian aslinya bakal diliatin di credit title. Diperkuat sound effect yang pas, credit titlenya aja bikin penonton ketakutan. Bener!

Kesimpulannya, film ini bakal bawa semua penonton ke dalam kisah menakutkan yang menimpa keluarga Hodgson, Ed, dan Lorraine. Meski begitu, film ini engga begitu nimbulin after-effect trauma pas kamu keluar bioskop kok.

Our Score

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.