Kamis, 4 Juni 2020

Genmuda – Masih belum selesai nih euforia lagu yang bikin gak berhenti goyang tiap kali kita denger, yaitu lagu Despacito. Meskipun katanya lagunya sebenernya mengandung unsur vulgar, toh masih banyak juga kok yang dengerin, gak peduli sama isi liriknya.

Emang agak beda ya lagu ini, karena lagu yang dinyanyiin sama Justin Bieber ini gak penuh berbahasa Inggris, karena sebagian liriknya berbahasa Spanyol. Itu karena Bieber gak nyanyi sendirian, doi nyanyi bareng sama Luis Fonsi dan Daddy Yankee. Keduanya sama-sama orang Puerto Rico dan emang udah punya karir di negaranya.

Semenjak dirilis, lagu ini terus-terusan memuncaki tangga lagu Internasional Billboard Hot 100 Chart selama 9 minggu lamanya. Lagu ini juga mendominasi tangga ‘Digital Song Sales’ selama 10 minggu, dengan jumlah unduhan sebanyak 129.000 kali. Lagu ini sama melejitnya kayak “Shape Of You” milik Ed Sheeran yang udah lebih dulu dirilis.

Mesti kita akui kalo pengaruh lagu bisa mengubah keadaan jadi lebih baik. Entah keadaan emosi, bahkan sampe keadaan suatu negara. Gak percaya? Tapi itu nyata loh, dan itulah yang terjadi sama negara Puerto Rico negara asal 2 penyanyi teman duet Bieber di lagu Despacito.

Puerto Rico… Sering denger sih, tapi gak tau persis itu di mana

Puerto Rico adalah sebuah negara persemakmuran dengan wilayah terorganisasi dibawah naungan Amerika Serikat. Negara ini letaknya di sebelah timur Republik Dominika di Karibia bagian Timur Laut. Meski masih bagian dari Amerika, tapi negara ini punya 2 bahasa resmi yaitu Spanyol dan Inggris.

Tapi bulan Juni lalu, Puerto Rico menyatakan kalo mereka bangkrut. Rakyatnya pun udah siap buat referendum dan memilih tetap jadi bagian dari Amerika, atau merdeka total. Negara ini punya utang sebanyak 74 miliar dolar Amerika (gak usah di kurs ke rupiah ya, karena pasti banyak banget). Kebayang dong betapa jatuhnya?

Tapi negara ini bangkit karena Despacito loh!

Udah dibilang ya tadi, kalo sebuah lagu tuh pasti bisa mengubah sesuatu, termasuk perekonomian suatu negara. Segitu besarnya efek lagu ini sampe bisa meningkatkan lagi perekonomian Puerto Rico loh! Kata media disana yaitu Un Nuevo Dia, pariwisata di Puerto Rico naik sampe 45 persen loh!

Karena semua latar tempat di video klipnya diambil di Puerto Rico, jadi menjamurlah jasa tur yang menjual tempat-tempat itu, contohnya kayak Club La Factoría in Old San Juan dan sektor La Perla.

Abis mendengar kabar ini, Luis Fonsi langsung bereaksi di Instagramnya dengan menulis,

“Sangat senang membaca kabar ini di media internasional. Puerto Rico adalah benar-benar pemeran utama di lagu dan video klip ini.”

Doi juga berterima kasih ke Daddy Yankee, teman duetnya juga di lagu ‘Despacito’, dan juga ke Miss Universe 2006 Zuleyka Rivera. Sampe saat ini, video klipnya udah ditonton sebanyak 2.505.117.650 kali. Gak heran ya kalo sampe banyak orang yang pengen kesana! Kamu juga jadi pengen ke sana gak Kawan Muda? (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.