Selasa, 25 Juni 2024

Genmuda – Untuk saat ini, Jepang dinilai sebagai negara yang sangat aman. Tapi, bukan berarti negara matahari terbit ini bebas dari tindak kejahatan. Kalo kamu kebetulan mau mengunjungi Jepang, jangan heran kalo di dekat kasir ada bola berwarna orange terang. Apaan tuh?

Bola berwarna orange itu dikenal dengan nama bohan yuk kara boru. Bola seukuran bola tenis, berisi cairan berwarna orange, dan punya daya ledak yang terhitung lumayan kalo misalnya kamu lempar. Tapi daya ledak cairannya yah, bukan ledakan mesiu.

Diciptakannya bohan yu kara boru di Jepang ditujukan buat para pemilik toko kelontong, yang secara umum sering menjadi sasaran kejahatan demi meraup uang di kasir atau sekedar nyolong makanan kecil. Kalo penjahat udah terdeteksi, bola itu bakal dilempar sama si penjaga toko dan meninggalkan noda warna orange yang susah dibersihin. Tujuan dari noda yang menempel memudahkan polisi mengidentifikasi sang pelaku kejahatan.

Inovasi ini udah lama diperkenalkan ke publik Jepang, dan menurut data yang diterima, kepolisian Jepang berhasil meningkatkan penangkapan sebesar 3% dengan melacak noda yang menempel pada tersangka.

Tercatat, satu tindak kejahatan pernah terungkap berkat bola ini, di mana seorang pria merampok uang dalam jumlah besar dan pegawai toko dengan berani melemparkannya ke kendaraan yang digunakan sang pelaku kejahatan. Berkat noda orange yang menempel di kendaraan si pelaku, akhirnya polisi berhasil menemukan pelaku setelah menemukan mobil bernoda orange.

Wah, kalo di Indonesia yang dilemparin koruptor aja gimana? Setuju engga? Kasih komentar kamu di bawah ya Kawan Muda!

(sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis