Minggu, 27 November 2022

Genmuda – Manfaat air bagi tubuh pada dasarnya emang udah engga perlu diraguin lagi. Namun demikian, banyak di antara kamu mungkin masih ada aja yang bandel dan nyepelein pentingnya minum air secara rutin.

Pas disuruh orang tua kamu buat minum lebih banyak air, kamu sering kali mungkin cuma ngangguk-ngangguk aja, tapi engga langsung ngelakuin hal itu. Bahkan, bisa jadi kamu pun baru tergerak buat minum air cuma di saat lagi haus banget atau ngalamin bibir kering dan kulit ngelupas.

Nah, buat kamu yang udah biasa banget ngalamin situasi semacam itu, mending sekarang kamu mulai ubah kebiasaan minum air kamu deh, Kawan Muda. Apalagi kalo kamu udah ngalamin salah satu atau beberapa tanda-tanda peringatan dari tubuh kamu kayak contoh berikut ini, kamu jelas harus waspada.

1. Gampang lelah

via tumblr.com

Ya namanya orang beraktivitas, wajar aja kalo ujung-ujungnya kamu bakal ngerasa lelah. Tapi, yang engga wajar itu adalah kalo kamu terus-terusan ngerasa lelah. Itu bisa jadi tanda kalo kamu lagi dehidrasi, yang merupakan penyebab ngelambatnya aktivitas enzimatik kamu dan bikin tubuh kamu ngeproduksi lebih sedikit energi. So, buat ngehindarin hal ini, ada baiknya kamu minum air secara teratur sepanjang hari dan usahain minum air sampai warna urin kamu cukup terang.

2. Sembelit

Pernah ngalamin sembelit di mana perut kamu terasa ngelilit banget dan kamu harus ngabisin waktu lama banget di toilet? Well, bisa jadi itu merupakan akibat dari kebiasaan kamu yang jarang minum air. JSYK, usus kamu butuh air dalam jumlah yang terbilang besar buat nyediain cairan bagi fungsi tubuh lain yang sama-sama penting. Saat dehidrasi, jelas tubuh kamu bakal kekurangan cairan buat ngelaksanain proses pembuangan yang lancar. Oleh karena itu, jangan pernah sepelein minum air!

3. Nyeri sendi

via DIMMICKHEAD - WordPress.com

Udah mah gampang lelah sama sembelit, eh masih harus nyeri sendi pula. Ini bisa terjadi karena tulang rawan yang jadi bantalan sendiri terbuat sebagian besar dari air. Saat kamu kekuarangan air alias dehidrasi, bagian tersebut akhirnya melemah dan pulih lebih lama. Maka dari itu, lain kali kalo lutut kamu terasa sakit saat bangun tidur, sebaiknya kamu minum 2 atau 3 gelas air.

4. Mendadak gendutan

Buat kamu yang belakangan ini ngalamin kenaikan berat badan tapi engga tau apa penyebabnya atau selalu lapar walau udah makan teratur, ini mungkin terjadi gara-gara kamu dehidrasi. Saat dehidrasi, tubuh kamu bakal nyari penyedia daya alternatif lewat konsumsi makanan. Kamu lantas ngerasa lapar dulu ketimbang haus, sehingga kamu terus-terusan makan dan ngalamin kenaikan berat badan. Coba deh ganti snack tengah malam kamu dengan 1 atau 2 gelas air, pasti kamu bakal nemuin perbedaannya.

5. Munculnya tanda penuaan

via Reddit

Usia baru mau masuk 20-an tapi kerutan udah mulai terlihat di mana-mana? Ini bisa terjadi kalo kamu udah ngalamin dehidrasi parah, Kawan Muda. Saat tubuh kekuarangan air dalam jumlah tertentu selama kurun waktu yang lama, organ-organ kamu (termasuk kulit) nantinya bakal mulai keriput. Engga lucu ‘kan kamu masih muda tapi terlihat lebih tua dari usia kamu yang sebenarnya? So, engga perlu nunggu lama-lama lagi, buruan ubah pola minum air kamu dari sekarang sebelum kamu nyesel! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer