Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Belum surut fenomena Young Lex dan Awkarin, kini ada lagi fenomena serupa yang engga kalah viral di dunia maya. Masih engga jauh-jauh dari lingkungan keduanya, kali ini ada Roy Ricardo yang berkolaborasi dengan Lula Lahfa dan Gaga Muhammad.

Berjudul ‘PANJAT SOSiAL’, lagu kolaborasi adik Melaney Ricardo dan dua selebgram ternama itu pada dasarnya ngebahas tentang kecenderungan anak muda jaman sekarang, yang terkesan suka pamer di media sosial cuma demi ngedapetin banyak like dan komentar. Lagu tersebut juga nyorotin tentang anak muda yang kerap ngelakuin pencitraan demi mencapai status sosial yang lebih tinggi.

Hingga tulisan ini dibuat, Senin (14/11), video klip ‘PANJAT SOSiAL’ udah dilihat hampir 500 ribu kali di YouTube sejak diunggah pada hari Jumat (11/11) yang lalu. Beragam komentar pun disampein oleh para netizen, mulai dari yang bilang lagunya bagus sampai yang bilang lagunya engga banget. Pokoknya beragam banget dan engga ada abis-abisnya deh komentar dari para netizen.

Terlepas dari itu, Genmuda.com yakin saat ini otak kamu pasti udah dipenuhi banyak pertanyaan terkait lagu dan video klip ‘PANJAT SOSiAL’. Mulai dari seputar orang-orang yang terlibat sampai maksud dari lirik lagunya itu sendiri, yang jelas ada banyak hal yang bisa dpertanyain dan dibahas lebih lanjut dari ‘PANJAT SOSiAL’. Berikut ini adalah 6 hal di antaranya:

1. Itu Mas Darto?

Hard work beats talent, when talent doesn't work hard! ?? #hustlehard #kingROYAL #zerooneind #hanyaadaapi

A post shared by ?? KiNG ROY▲L (@royricardo) on

Kalo kamu engga tau siapa itu Roy Ricardo, kamu mungkin bakal ngelihat doi sekilas mirip kayak Imam Darto alias Mas Darto The Comment. Tapi, sekali lagi Genmuda.com kasih tau, doi itu adalah adik dari artis Melaney Ricardo. Doi merupakan anggota komunitas hip hop Zero One yang terkenal lewat single ‘ Semalam Bobo Dimana’ (2014) dan ‘Lau Baper’ (2015). Doi bahkan pernah jadi penampil pembuka di konsernya Sean Kingston di Jakarta loh.

2. Nyindir siapa sih sebetulnya?

Satu pertanyaan penting buat ‘PANJAT SOSiAL’ adalah siapa sebetulnya yang lagi diomongin di lagu tersebut. Kalo menurut sejumlah netizen, di lagu tersebut para penyanyinya justru kayak terkesan lagi nyindir diri sendiri. Well, kalo emang ternyata begitu adanya, ya sisi baiknya adalah berarti mereka secara engga langsung udah berusaha buat ngeintrospeksi diri sendiri dulu.

3. Apakah ini serangan balik buat kubu tetangga?

Masih terkait dengan poin sebelumnya, muncul pula pertanyaan apakah ‘PANJAT SOSiAL’ ada hubungannya dengan single ‘Bad’ yang dipopulerin oleh Young Lex dan Awkarin. Secara, udah bukan rahasia lagi kalo Gaga adalah mantan Awkarin, yang pas putus sampai ditangisin setengah mati. Ditambah lagi ada Lula, yang katanya cuma lagi “not in a good term” sama Awkarin (cek video #QnALula buat lebih jelasnya). Serba kebetulan lah pokoknya, Kawan Muda!

4. Cuci tangan banget nih?

Kalo kamu amatin video ‘PANJAT SOSiAL’ di durasi 2:15, kamu bakal ngelihat ada adegan cuci tangan, yang kemungkinan besar dilakuin oleh Roy dan Gaga. Entah apa tujuan dari adegan tersebut, yang jelas ada semacam kesan kalo mereka engga mau terlibat dengan segala drama yang diungkap dalam lirik lagunya. Padahal (sorry to say), bisa dibilang mereka justru udah terlanjur kecemplung dalam drama yang mereka buat sendiri itu.

5. Kok kayak mirip lagu lain ya?

Kalo kamu ngerasa familiar dengan lagu ‘PANJAT SOSiAL’, kamu engga sendiri. Menurut sejumlah netizen, lagu tersebut mirip lagu ‘Panda’-nya Deiigner dan ‘Don’t Mind’-nya Kent Jones. Terkait hal itu, mending kamu engga usah langsung ribet yang gimana-gimana. Ya anggap aja kalo ‘PANJAT SOSiAL’ mungkin terinspirasi dari kedua lagu tersebut. Lagi pula, musisi sekelas Sam Smith, Bruno Mars, serta Robin Thicke dan Pharrell Williams aja lagunya pernah dibilang mirip lagu orang kok.

6. Itu manjat atau ngerek bendera?

Nah, yang terakhir ini sebenarnya yang paling pengen Genmuda.com tanyain. Judulnya ‘kan ‘PANJAT SOSiAL’, tapi kok gerakan manjatnya justru kayak lagi ngerek bendera atau malah kayak main layangan ya? Mungkin kalo ada properti pohon kelapa atau pohon pinang, gerakannya bisa lebih sesuai tuh, Kawan Muda. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer