Minggu, 9 Agustus 2020

Genmuda – Band asal Inggris The Beatles sebenernya masih punya 15 lagu ‘rahasia’ yang lolos dari telinga media, seniman, dan sejarawan seni. Soalnya, lagu-lagu ini emang engga sempet dimasukin ke album-album The Beatles yang terbit dari awal terbentuk hingga mereka bubar.

Setelah teknologi maju dan perusahaan rekaman udah bisa ngerilisnya, lagu-lagu itu tersedia di berbagai medsos, gaes. Daripada kamu kecapean ngubek-ngubek segitu banyak konten di YouTube, mendingan langsung ada liat 15 lagu rahasia The Beatles yang udah Genmuda.com kumpulin di bawah:

1. ‘Love of the Loved’ (1962)

Ini adalah lagu legendaris. Kenapa? Soalnya ‘Loved of the Loved’ merupakan lagu yang direkam The Beatles sebagai demo audisi rekaman di Decca Records. Sayangnya, Decca menolak The Beatles kala itu. Dan momen tersebut menjadi salah satu kesalahan terbesar yang pernah dilakukan label rekaman sepanjang sejarah.

2. ‘September in the Rain’ (1962)

Masih di tahun yang sama, ada lagu bernuansa Rock n Roll yang dinyanyiin sama Paul McCartney. Lagi ini juga bagian dari lagu demo buat audisi rekaman di Decca Record.

3. ‘Bad To Me’ (1963)

Lagu bertempo sedang ini dibikin untuk Billy J Kramer and the Dakotas, sekitar tahun 1963. Meski begitu, Kramer mengaransemen ulang lagunya dan merilis versinya sendiri. Lagu ‘Bad to Me’ pun jadi lagu The Beatles yang kelar direkam tapi hilang gitu aja.

4. ‘World Without Love’ (1963)

Banyak orang yang engga tau kalo lagu ini pertama kali dibawain sama The Beatles. Sebelum akhirnya diaransemen ulang, direkam ulang, dan dipublikasiin sama Peter and Gordon.

5. ‘One and One Is Two’ (1964)

Sekitar 1964, Paul McCartney ngerekam lagu ini sebagai lagu demo. Saat itu doi lagi keranjingan musik folk-rock, makanya lagunya jadi easy-listening. Di tahun yang sama, ada band Afrika Selatan bernama The Strangers yang merilis lagu serupa dengan tempo lebih cepat dan aransemen beda.

6. ‘A Case of the Blues’ (1968)

Nah, kalo ini adalah lagu yang diciptain, dinyanyiin, dan direkam John Lennon pakai alat perekam sederhana di rumahnya. Di lagu ini, Lennon menggunakan teknik vokal yang lama-lama jadi ciri khasnya di The Beatles.

7. ‘Child of Nature’ (1968)

Beberapa bagian lagu ‘Child of Nature’ kemudian dibongkar terus dipasang di lagu ‘Jealous Guy’nya album ‘Imagine’ milik John Lennon. Di lagu ini, Lennon terasa banget ngefly-nya.

8. ‘Circles’ (1968)

Sekarang giliran George Harrison tunjukin kemampuan mainin organnya. Entah kenapa, irama yang dipilihnya bikin lagu ini terasa horor. Lagu ini kemudian direkam buat jadi salah satu lagu demo The Beatles.

9. ‘Sour Milk Sea’ (1968)

Salah satu lagu yang dibuat dan dinyanyiin George Harrison. Demo lagu ini pun menarik minat Jackie Lomax yang kemudian merilis versinya sendiri.

10. ‘The Maharishi Song’ (1968)

John Lennon selalu punya cara nyeritain pengalaman pribadinya ke dalam sebuah lagu. ‘The Maharishi Song’ dibikin sekitar 1968, setelah doi pulang dari sesi meditasi bareng guru spiritual Maharishi Mahesh Yogi. Aliran lagu ini cukup aneh dan terdengar eksperimental.

11. ‘Goodbye’ (1969)

Aslinya lagu ‘Goodbye’ dibikin Paul McCartney buat penyanyi pop Wales, Mary Hopkin. Lagu ini direkam dan dinyanyiin sendiri sebagai demo yang nantinya dipresentasiin ke Hopkin.

12. ‘Because I Know You Love Me So’ (1969)

https://www.youtube.com/watch?v=bpaDyuMVizU

Meski kedengeran mirip musik western-country, lagu ini ditulis dan dinyanyiin Paul McCartney dan John Lennon sambil lalu. Lagu yang ini merupakan rekaman kasar McCartney dan Lennon ngulik bareng ini engga masuk album ‘Let It Be’tapi dimasukin di remasternya album itu (Let It Be… Naked). Dengerin deh. Seru.

13. ‘Black Dog Blues’ (1969)

Lagi-lagi itu adalah lagu jamming The Beatles yang direkam waktu sesi rekaman album ‘Let It Be’Lagu ini pun dinyanyiin John Lennon pakai logat wester-country.

14. ‘The Palace of the King of the Birds’ (1969)

Satu-satunya lagu yang dimainin The Beatles tapi engga terdengar The Beatles-nya. Ini adalah jamming session mereka yang direkam di sela-sela rekaman album ‘Let It Be’Bisa dibilang, mereka lagi mengeksplor kembali kemampuan bermusik masing-masing.

15. ‘Watching Rainbows’ (1969)

Masih dari jamming session album ‘Let It Be’lagu ini tercipta sebagai demo awal. Setelah diaransemen hingga sempurna, judulnya pun berubah jadi ‘I’ve Got a Feeling.’ (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.