Selasa, 31 Januari 2023

Genmuda – Musik menjadi media hiburan bagi semua orang. Mau lagi bete, jatuh cinta, marah-marah, atau galau seharian semua bisa diwakilin lewat musik. JSYK, berbagai genre musik udah terbukti mampu menyalurkan emosi serta energi positif saat kamu stres.

Hal ini udah terbukti dari penelitian McGill University di Montreal Amerika Serikat yang mengatakan bahwa mendengarkan musik ngebuat mood kamu terpengaruh karena musik membantu tubuh menghasilkan hormon dopamin yang bikin perasaan kamu bahagia.

Terus apa aja sih genre yang bisa dan cocok buat mood kamu hari ini? Langsung aja dibaca artikel berikut ini sampai selesai ya.

1. Rock dan Punk

Identik dengan hentakan musik keras dan bikin pendengarnya jingkrang-jingkrak, bikin musik punk dan rock sangat membantu mendorong mood lebih semangat sekaligus melupakan kesedihan yang sedang kamu alami.

2. Blues

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Di satu sisi, punk dan rock bukan jadi solusi penghasil dopamin saat butuh semangat lebih. Dengerin musik blues nyatanya punya manfaat yang hampir serupa. Bedanya, genre musik yang dimainin sama B.B. King ini mengahasilkan efek lebih semangat dan santai. Jadi kalo kamu mood Kawan Muda lagi gugup atau gelisah, sebaiknya kamu coba dengerin musik blues.

3. Reggae

Pusing kepentok deadline kerja atau cemas UN semakin deket? Coba deh dengerin lagu-lagunya Bob Marley atau Ras Muhammad. Soalnya penelitian dari McGill University menemukan bawah reggae mampu menyehatkan jantung jika didengarkan sambil istirahat. “Kalo kau frustasi, karena kurang santai!” Bener kan?

4. Rap dan Hip hop

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Lewat tempo musik cepat bisa mempengaruhi mood sebenernya bisa membawa kamu terhadap sebuah argumen soal kekerasan atau kemarahan seseorang. Namun musik ini bukan selalu harus melampiaskan amarah ya, buktinya Saykoji dan Project Pop mampu memadukan rap dan hip-hop lebih jenaka sekaligus menghibur.

5. Musikal

Siapa yang suka dengerin soundtrack teater musikal atau yang sering dibilang genre broadway? Kalo iya mood kamu bakalan bisa jadi lebih ceria sekaligus dapat meningkatkan inspirasi dan krativitas saat belajar.

6. Disco

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Walau musik disco udah mulai tergeser sama EDM, nyatanya musik ini masih bisa bikin tubuh kamu bergerak ke sana-kemari. Old school emang, namun kalo mood kamu lagi suntuk dan butuh dorongan semangat, engga ada salahnya putar lagu-lagu Earth, Wind & Fire.

7. Klasik

Selain terbukti meningkatkan kecerdasan otak, di usia dewasa musik klasik bisa ngebuat mood kamu jauh lebih berkonsentrasi. Kalo kamu dengarkan di malam hari sangat ngebantu bikin otak jauh lebih rileks dan tidur lebih cepat lelap.

Well, kira-kira musik mana yang mewakili mood Kawan Muda hari ini? Jangan sampai salah pilih lagu lagi ya. Ciao! (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela