Kamis, 1 Desember 2022

Genmuda – Sebuah game juga harusnya gampang menghibur supaya non-gamer bisa menikmati layaknya gamer sejati. Caranya tentu dengan engga melulu ngebahas soal teknis tapi dengan mengikuti cara berbagai stasiun televisi tayangin pertandingan olahraga.

Ekspresi pemain, penonton, dan pelatih selalu sukses menghibur penonton sepakbola, bulutangkis, atau motoGP. Adu strategi dan ketangkasan pertandingan merupakan konsumsi penonton yang paham detil soal olahraganya.

Dengan teknologi dan kreativitas, para gamer juga bisa nyelipin becandaan biar video makin menarik. Meski bakal ngakak liatin ekspresi dan ke-absud-an mereka, kamu juga pasti bakal paham sama game yang lagi dimainin 7 YouTuber di bawah ini, meskipun kamu bukan gamer. Cek aja sendiri.

1. Janggo0410

Janggo0410 awalnya tonjolin diri mereka setelah ngerekam permainan game-game horor. Biasanya, cowok bernama Jo yang jadi korban disuruh coba game horor seperti “DreadOut,”Left for Dead,” hingga “Resident Evil,” sementara si Janggo-nya ngedit video.

Setelah populer lewat horor, mereka ngelebarin sayap dengan ngegarap video soal game beraliran lain dan sekarang juga bikin vlog. Sayangnya, duet gila ini udah lama engga upload video lain. Video yang terakhir ngomongin soal Pocong Raksasa dan diupload sekitar April 2016. Ayo, dong. Bikin video lagi!

2. Tara Arts Game Indonesia

Tara Arts Game Indonesia lebih detil kalo ngomongin soal game, engga kayak Jo di channel Janggo0410 yang ngandelin mimik muka buat menghibur. Akan tetapi, obrolan anak-anak Tara Arts tetep bisa bikin cengengesan kayak dengerin jokes di tongkrongan sendiri. Misalnya, kayak waktu mereka keceplosan bocorin rahasia penting di awal video. Liat aja video di atas.

3. RezaOktovian

Gamer yang juga dikenal dengan nama Reza Arap tuh awalnya tenar bukan gegara sering nampil di vlog orang, tapi karena sering upload video permainan. Bukan cuma yang hip, Reza Arap juga bahas game indie. Di antara berbagai reaksinya, komentar ceplas-ceplosnya yang vulgar yang bikin doi dapet 1,1 juta subscriber.

4. Pandoev33

Pandoev33 sering bercerita waktu doi ngegame di channel YouTube-nya. Hanya saja, momen terbaik bukanlah saat kamu dengerin ucapannya yang datar tapi ketika ngeliat mukanya datar sendiri waktu kebingungan di tengah permainan. Siap-siap aja dengerin kata “keren. keren.” berulang-ulang ala YouTuber dengan 18.759 subscriber ini.

5. Bayu Skak

Engga perlu paham Bahasa Jawa buat nikmatin video-videonya Bayu Skak. YouTuber yang juga nyelipin video bukan game ini justru lebih kocak saat kamu engga pahami kata-katanya, apalagi dengan ekspresi ‘kosong’ doi. Meski begitu, subscriber channelnya udah mencapai 764 ribu loh.

6. Abuget

Culun dan kaku tapi tetep enak ditonton. Begitulah pengalaman nonton channelnya Abuget. Bukan cuma bikin video soal permainan game, fakta-fakta seru dalam dunia game juga dibahas di channel yang udah ada 1.500an subscriber itu. Saking serunya, mereka sempat diundang ke peluncuran eksklusif PSVR loh.

7. Tangan Belang

Setelah kamu mulai liat-liat video di atas dan tertarik mendalami lebih lanjut soal dunia gaming, saatnya tonton channel Tangan Belang. Materi review channel dengan 41 ribu subscriber itu beragam, mulai dari review komponen komputer, cara rakit PC sendiri, hingga ngebahas game yang lagi seru. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.