Sabtu, 17 April 2021
Tekno

Belajar Coding Sambil ‘Ngegame’ di Hour of Code

Lebih dari 200 siswa sekolah kejuruan (SMKN 5, SMKN 34, SMKN 38), sekolah militer (SMK Farmasi DITSEKAD), serta sekolah dasar mencoba menyelesaikan tutorial Minecraft dalam acara Hour of Code di @america pada Selasa, 8 Desember 2015. (Foto: Dok.Microsoft)

Genmuda – Sekitar 10.000 guru, ratusan siswa, orangtua, dan anggota komunitas ikutan buat belajar coding dalam acara ‘Hour of Code’ yang diselenggarakan pada 7-13 Desember 2015 di berbagai lokasi di Jakarta. Acara ini merupakan inisiatif dari global Microsoft bekerjasama dengan Code.org buat ngajak masyarakat, terutama siswa dan guru, supaya dapat mempelajari dasar-dasar coding dengan cara yang menyenangkan.

Tutorial Minecraft di Code.org (Sumber: Microsoft Indonesia)
Tutorial Minecraft di Code.org (Sumber: Microsoft Indonesia)

Engga kayak coding pada umumnya nih gaes, peserta ‘Hour of Code’ melakukan coding sambil bermain bersama dua karakter dalam Tutorial Minecraft, “Steven” dan “Alex”. Para peserta ditantang buat nyelesaian 14 level permainan di mana pada setiap level-nya mereka harus menavigasi karakter, menambang, membuat kerajinan, dan menjelajah dalam dunia 2D Minecraft menggunakan program editor visual berbasis blok (block-based visual). Melalui Tutorial Minecraft, partisipan mendapatkan pengalaman baru dan menyenangkan untuk belajar coding layaknya bermain.

Minecraft level 1 (Foto: Microsoft Indonesia)
Minecraft level 1 (Foto: Microsoft Indonesia)

Citizenship and Community Affair Support Manager Microsoft Indonesia, Esther Sianipar, berharap ‘Hour of Code dapat meningkatkan akses anak-anak dan pengajar terhadap teknologi.

Coding merupakan ‘pintu’ untuk proses penciptaan berbasis teknologi komputer. Dengan memperkenalkan coding melalui cara yang menyenangkan, kami berharap banyak talenta bidang teknologi bermunculan di Indonesia,” ungkapnya.

Sebagai inisiatif global, Hour of Code dilaksanakan serentak di 180 negara dan diikuti oleh lebih dari 100 juta siswa dengan Tutorial Minecraft yang diterjemahkan ke dalam 40 bahasa. Corporate Affairs Director, Microsoft Indonesia, Ruben Hattari, menilai pentingnya Indonesia menjadi bagian dalam Hour of Code guna memupuk kreativitas anak bangsa.

“Sebagai negara dengan sumber daya manusia yang banyak, kami percaya edukasi di bidang teknologi sangat perlu untuk ditingkatkan. Oleh sebab itu Microsoft Indonesia menilai pentingnya Indonesia menjadi bagian dalam acara Hour of Code,” tutur Ruben.

Selain menawarkan pengalaman belajar coding dengan cara berbeda, Hour of Code juga mengajak publik buat menjadi fasilitator dalam acara ini. Siapapun, dimanapun, dapat menyelenggarakan acara Hour of Code dengan mengunduh Tutorial Minecraft. Harapannya sih dengan pelajaran dasar coding dapat terus bergulir dan semakin banyak anak-anak muda yang menciptakan sesuatu berbasis teknologi komputer. Keren kan gaes!

Minecraft level 14 (level terakhir)  (Foto: Microsoft Indonesia)
Minecraft level 14 (level terakhir) (Foto: Microsoft Indonesia)

(ads)

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.