Rabu, 12 Agustus 2020

Genmuda – Berbagai inovasi dan gebrakan emang sering banget dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung buat menertibkan wilayahnya. Kali ini, disiplin para pengendara yang lebih diperhatikan nih, Kawan Muda.

Mulai kemarin, hari Minggu (14/3) setiap kendaraan yang parkir seenaknya di Bandung bisa kena ganjaran yang ngeselin. Apaan tuh Genmuda? Ditempelin sticker dengan tekhnologi khusus yang bikin susah banget buat dicopot, atau dipretelin.

Sticker berukuran lumayan besar itu bakal di pasang di kaca depan pengendara mobil yang memarkir sembarangan. Wah! Bikin kapok sih pasti, gimana caranya nyetir kalo kehalang sticker. Kayak gini nih.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil lewat Facebook-nya, “Mulai Minggu ini, mobil atau motor yang parkir sembarangan di Bandung akan ditempeli banyak stiker yang susah dicabut. Mari tertib dan disiplin untuk Bandung Juara,” tulis Ridwan Kamil.

Pastinya, upaya ini dilakuin Pemkot Bandung buat menertibkan warga Bandung dan meningkatkan kesadaran naik transportasi umum. Sekarang, setiap orang hampir punya motor satu, mobil pun demikian. Perubahan dengan menertibkan seperti ini rasanya emang perlu banget yah, Kawan Muda.

Menanggapi status yang beliau tulis, salah seorang netizen membalas, “Harus ada solusi juga, seperti lahan parkir dan transportasi umum, yang darurat sih transportasi umum,” tulis akun bernama Awan. “Bandung harus punya commuter berbasis bus untuk solusi jangka pendek, bisa contoh jogja dengan Transjogja-nya. Angkot udah gak bisa diandelin, apalagi buat wisatawan.”

Ridwan Kamil pun menjelaskan di salah satu komentar para netizen, bahwa cara penempelan sticker ini hanya untuk area di larang parkir, “Parkir di jalan (on street) boleh-boleh saja selama tidak ada tanda larangan,” tulisnya.

Gimana nih buat kamu yang tinggal atau lagi kuliah di Bandung? Mau ditempelin sticker ngeselin atau mulai ningkatin kedisiplinan kamu? Kalo kata orang sunda, ulah markir sangeunahna. Jangan parkir sembarangan lagi yah, Kawan Muda!

(sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis