Selasa, 30 April 2024

Genmuda – Sandi tangan, kedip-kedip, bolak-balik kamar mandi, apalagi bisik-bisik jadi teknik contek-menyontek yang lumrah banget, gaes. Guru atau pengawas ujian mungkin udah paham betul teknik itu karena (pastinya) mereka juga melakukan hal itu waktu muda dulu.

Kamu butuh teknik yang lebih maju. Lebih rahasia. Lebih rumit untuk “disadap” biar engga dijewer dan dibentak sekeras-kerasnya sama pengawas ujian di depan kelas ketika trik kuno kamu ketauan.

Apabila ujiannya dalam bentuk pilihan ganda, coba contek-contekan pakai trik ikatan tali sepatu ala CIA di era Perang Dingin, deh. Intinya, kamu dan teman-teman satu sekolah sepakati apakah kombinasi ikatan tali sepatu 1 itu jawaban A, kombinasi 2 itu jawaban B. Masih bingung ya? Yaudah liat aja penjelasannya di bawah ini.

Tentuin dulu kombinasi ikatannya

via offgridweb.com
Ki-ka: Sepatu oxford, kombinasi 1, kombinasi 2, kombinasi 3. (Sumber: offgridweb.com)

Menurut data CIA yang udah dirilis ke publik dalam buku The Cold War Spy Pocket Manual (2015), masing-masing kombinasi merupakan medium menyampaikan satu pesan. Meski begitu, ada tiga kombinasi utama yang dijelasin di buku tulisan Philip Parker itu dan gambarnya bisa kamu liat di atas.

Tapi, jumlah kombinasi ikatan tali sepatunya engga dibatasi kok. Makin banyak lubang sepatunya, makin banyak kombinasi yang berarti, maka makin banyak pesan yang bisa disampaikan dalam sebuah sepatu. Karena jawaban pilihan ganda jumlahnya paling banyak ada 5 (A-E), kamu butuh menghafalkan lima kombinasi tersebut.

Kombinasi 1 dalam gambar di atas bisa kamu artikan sebagai “jawaban A,” kombinasi 2 sebagai “jawaban B,” dan kombinasi 3 sebagai “jawaban C.” Terus, kamu tinggal masukin dua jawaban terakhir ke dua kombinasi tali sepatu karya kamu sendiri.

Kombinasi lainnya tuh kayak gimana?

via tumblr.com

Ada banyak sih sebenernya. Kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut di link situs fieggen.com. Di situ, ada 10 kombinasi lainnya yang berhasil diperoleh dari data rilisan lembaga mata-mata itu.

Lebih “engga bakal ketauan pengawas”-nya lagi, tiap pesan di satu kombinasi bisa dituker dengan kombinasi lain sesuai kesepakatan saat briefing sebelum memulai “misi.”

Contohnya bagi CIA (ini contoh aja loh), saat memulai misi di Afghanistan, pesan “Saya butuh amunisi tambahan” bisa ada di kombinasi 4. Ketika berganti misi ke Iraq, pesan tersebut diganti jadi ke kombinasi 10.

Buat kamu, contohnya gini. Saat ujian Bahasa Sunda, “Jawaban A” ada di kombinasi 4. Ketika berganti ujian Ekonomi, pesan itu diganti jadi kombinasi 1. Sah-sah aja loh kayak gitu.

Gimana sih Cara CIA berkomunikasi pakai trik itu?

via jasonbournemovie.com.au
Kayak di film-film “Bourne.” (Sumber: jasonbournemovie.com.au)

Gini, trik tali sepatu ala agen mata-mata itu memungkinkan mereka bertemu di tempat terbuka tanpa takut disadap. Agen penerima info yang melihat sandi tali di sepatu kanan agen lain langsung bertindak sesuai kesepakatan awal tanpa banyak tanya.

Ya, mereka juga membuat pedoman bereaksi saat ngeliat agen lain mengenakan kombinasi itu. Reaksinya bermacam-macam, Aaa yang langsung mendekat dan pura-pura ngobrol, ada juga yang langsung ngikutin dari jauh. Balik lagi, semuanya tergantung kesepakatan para petinggi CIA sebelum memulai misi.

Kamu yang minta contekan pun engga usah banyak tanya ketika ngeliat ikatan tali sepatu sumber contekan kamu. Kalo masih ribet nanya “serius lo?” “yakin engga lo?” dan sejenisnya sih sama juga bohong. Sekalian aja tanya jawaban ke pengawas ujiannya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.