Rabu, 29 Juni 2022

Genmuda – Sejak berdiri 2010, Instagram dengan setia menampung semua jepretan memorable, vlog singkat, selfie cantik, dan meme kocak para pengguna smartphone. Aplikasi yang cuma bisa berfungsi penuh di Android dan iOS itu kini mulai melebarkan sayap ke Windows.

Sebelumnya, Instagram engga pernah secara resmi ngerilis aplikasinya ke berbagai Windows Store, baik itu Windows Phone (WP) 7, 8, atau 10. Kalo emang ada pengguna WP yang pakai IG, aplikasinya merupakan versi BETA atau aplikasi bajakan yang didownload via “mirror link.”

Pengguna setia Windows tapi masih bisa mengakalinya dengan ngebuka IG lewat web browser. Semua fitur medsos berbagi foto itu emang berfungsi, kecuali upload postingan, main Story/Live, dan DM yang masih eksklusif untuk iOS dan Android.

Sampai akhirnya, di tahun ketujuh, IG ngerilis aplikasinya ke Windows 10 Store. *jeng-jeng

Windows 10 Store versi mobile atau desktop?

via istimewa
Tampilan Instagram versi Windows 10 Mobile. (Sumber: Istimewa)

Dua-duanya, gaes. Pengguna Windows 10 Mobile udah bisa posting, share Story/Live, atau genit-genitan lewat DM layaknya pengguna iOS dan Android. Sementara itu, kamu yang menggunakan komputer Windows 10 masih belum bisa upload postingan meski udah bisa berbagi video dan foto lewat DM. Gimana caranya? Agak rumit nih.

  1. Pertama, kamu harus download aplikasinya langsung via Windows 10 Store.
  2. Buka aplikasinya dan lihatlah tampilan putih seperti di ponsel.
  3. Klik tombol kamera di sebelah kiri atas.
  4. Lansung selfie, ambil video, atau terserah ngapain. Jangan lupa pakai fitur Boomerang, Handsfree Clip, atau Edit Sticker.
  5. Ketika mau diposting, kamu bakal ditanyain mau ngirim jepretan itu ke siapa.
  6. Voilà, kamu bisa pamerin ke doi kalo abis ngirim DM lewat aplikasi Instagram di komputer Windows 10 kamu.
via Istimewa
Tampilan halaman DM di aplikasi Instagram versi Windows 10 desktop. (Sumber: Istimewa)

Ya, kamu cuma bisa ngirim DM video atau foto yang dijepret langsung dengan kamera webcam. Instagram belum mengizinkan pengguna komputer ngirim apapun yang udah tersimpan di hard drive.

Namun demikian, pengguna iOS dan Android jangan sedih. Update ini menandakan Instagram belum sepenuhnya mutusin hubungan sama kamu. Kamu masih jadi pengguna eksklusif aplikasinya, loh. Mereka cuma lirik-lirik manja ke pengguna Windows aja, kok. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.