Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Hobi. Menurut KBBI adalah sebuah kegiatan, kegemeran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, dan bukan pekerjaan utama. Tapi kalo Kawan Muda udah berhasil jadiin hobi sebagai pekerjaan utama kamu, Genmuda.com cuma bisa bilang berbahagialah! *lebay

Namun bukan hobi yang jadi pekerjaan utama yang bakalan kita bahas sekarang. Melainkan hobi yang bisa menjadi investasi di masa depan. 

HDR: “Apa hobi kamu?”

Si Pencari Kerja: “Hobi saya nyanyi, membaca, dan traveling.”

Standart banget engga sih jawaban kayak gitu? Padahal di luar sana banyak hobi unik yang bisa jadi bahan obrolan lain alias engga itu-itu doang.

Biasanya kalo lagi bahas hobi-hobi aneh pasti lekat kaitannya sama cowok. Bahkan para kaum Adam termasuk militan buat puasin hobi mereka, —apalagi kalo masih lajang dan punya penghasilan sendiri. Ngaku deh bro!

Walau begitu, buat cewek-cewek juga jangan langsung larang cowoknya buat penuhin hobi mereka ya. Soalnya dari sekian banyak hobi unik yang digeluti sama cowok, Genmuda.com punya 8 hobi yang bisa jadi investasi di masa depan. Sama kayak emas dan properti, semakin lawas harga semakin naik.

1. Jersey bola

madrid
Kiri-kanan: Jersey Home dan Away Real Madrid. (Sumber: Istimewa)

Sepak bola dan cowok itu hampir 11-12. Dan buat pecinta sepak bola, punya jersey tim idola tiap musim (mungkin) udah jadi kebutuhan. Faktanya, semakin lawas jersey yang kamu punya semakin tinggi harga jualnya. Belum lagi kalo kamu punya jersey edisi khusus yang ada tanda tangan pemainnya. 

Kondisi jersey dan keasliannya juga berpengaruh loh. Jadi kalo mau investasi di hobi satu ini jangan nanggung beli yang KW Super, KW Hongkong, KW Thailand, atau grade-grade lainnya. Selalu pegang prinsip, “Ada uang ada kualitas.” *sadis.

2. Kaset, CD, atau Vinyl

Emang sih sekarang jaman serba digital. Jadi mapir semua rilisan fisik seperti hilang tanpa bekas. Namun kalo kamu pecinta musik sejati, barang-barang kayak kaset, cd, atau vinyl pasti tetep punya tempat di hati kamu.

Selain emang nyarinya butuh perjualangan, sekarang rilisan fisik termasuk barang langka dan terbatas. Bahkan sang musisinya sekali pun mungkin belum tentu punya karya fisik mereka. Jadi simpen deh semua rilisan fisik yang kamu punya, siapa tau bisa jadi sumber uang.

3. Buku  

baca buku dong 2
(Sumber: bustle.com)

Old school? Tahan dulu gaes. Bagi cowok yang doyan baca, koleksi buku tuh ibarat punya kepuasan tersendiri. Singkatnya cowok kayak gini mungkin pengen punya perpustakaan dari koleksi buku mereka sendiri.

Meski penerbit doyan mencetak ulang buku para penulis yang laris dipasaran, tapi buat sebagian kolektor hal ini sejelas berbeda. Masih mending kalo buku yang kamu koleksi ada cetakan kedua atau seterusnya, kalo udah engga dicetak, pasti jadi barang langka dengan nilai jual selangit.

4. Komik

via: Tumblr

Entah itu komik Indonesia, Amerika, Eropa, atau Jepang, yang jelas hobi satu ini sangat menguntungkan di masa depan. Sama kayak jersey semakin lengkap, lawas, dan kondisinya masih bagus, harganya pun bisa dihargai sangat tinggi.

Berbeda dari hobi koleksi buku biasa, menurut Vincent Zurzolo, pemilik Metropolis Collectibles di New York, buku komik termasuk investasi yang aman karena tidak terpengaruh dengan gejolak pasar keuangan loh.

5. Kendaraan Jadul 

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Selain pengetahuan dasar otomotif emang penting buat cowok yang bakal jadi kepala rumah tangga, hobi satu ini emang engga ada matinya. Namun kalo kamu pengen punya nilai jual lebih tinggi, biasanya hobi yang disasar pecinta otomotif adalah kendaraan jadul.

Minusnya mungkin agak PR buat cari spare part kendaraan jadul, tapi kalo namanya kalo hobi, hal kayak gitu justru jadi kepuasannya bukan?

6. Perangko

via: Giphy

Walau engga 100% didominasi cowok, hobi satu ini terbilang langka buat anak muda kekinian. Ya, selain emang jasa surat menyurat udah kurang populer, tapi keberadaan prangko engga pernah mati. Buktinya setiap tahun pasti ada deh pagelaran lelang perangko.

Mengingat para filateli engga cuma berasal dari Indonesia, wajar kalo hobi satu ini cukup menjanjikan, karena semakin langka perangko, edisi, hingga tahunnya akan semakin mahal harganya.

7. Gadget

(Sumber: smarti.kz)
(Sumber: smarti.kz)

Apapun bentuknya sebuah gadget selalu punya nilai investasi di kemudian hari. Misalnya kamu doyan nge-game, atau paling up to date sama teknologi paling anyar, jangan buru-buru jual semua gadget kamu.

Seperti yang udah pernah Genmuda.com infoin, barang-barang kayak gitu biasanya jadi buruan para kolektor dari seluruh dunia. Dan yang paling penting selain banyak peminat, harganya juga terus naik loh. Gokil kan?  

8. Mainan

Kayak koleksi action figure OLYMPUS DIGITAL CAMERA
(Foto: Genmuda.com/2015 Liki)

Hobi satu ini mungkin bisa dibilang childish. Tapi jangan dianggap remeh. Sama seperti perangko, hobi koleksi mainan bisa jadi investasi menguntungkan di masa depan. Tengok aja cerita Riza pemilik Toys Zero sekaligus penggagas event Jakarta Toys Fair

Jadi mana nih yang jadi hobi kamu? Apa masih ada hobi yang kurang? Jangan ragu buat ditambahin ya gaes. Siapa tau komentar kamu bisa diangkat jadi artikel berikutnya sama Genmuda.com.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.