Jum'at, 10 Juli 2020

Genmuda – Kawan Muda pasti punya kan temen atau kenalan yang suka bilang “duh lupa bawa cash nih, pake duit lu dulu boleh gak?” atau sesederhana “bayarin dulu ya, nanti gue ganti.” Duh, kalo kenal manusia yang sering ngomong kayak gitu, peluang kamu buat dihutangin pasti besar banget.

Namun demikian, rupa dan gaya cara orang minjem duit ternyata menggambarkan karakter mereka kayak gimana. Kalo kamu sering diutangin, pasti kenal sama tipe-tipe orang kayak gini.

1. Si tukang lupa (atau pura-pura lupa)

via: Goodread

Pinjemnya kapan, balikinnya kapan. KZL. Kamu sih mikirnya doi lupa, tapi gatau deh ya doi lupa beneran apa engga. Mau nagih, engga enak, engga mau nagih, kamu juga butuh uang. Sebaiknya kamu tetep tagih aja, perkara lupa atau engga atau dibayar atau di-php-in, at least kamu udah coba ingetin buat bayar utang.

2. Si tukang ngeles

via: Goodreads

“Men, kemarin kayanya lu pinjem uang gue deh ceban.”

“Oh iya, nanti ya bro, gue abis bayar kredit motor.”

“(Giliran beli motor bisa, bayar utang aja lu, gak bisa)” *Tapi ngomongnya dalem hati.

Engga berkutik pokoknya kalo temen atau kenalan kamu yang suka ngutang itu punya kelakuan kayak gini. Yaudah, ikhlasin aja sampe doi sadar.

3. Si tukang janji

via: wifflegif

Ini lebih nyebelin sih, dan bisa se-level sama yang tukang ngeles. Bedanya, si tukang janji akan menjanjikan satu hari dimana doi akan bayar utang kamu. Kata keterangan waktunya nih, biasanya; nanti, lusa, minggu depan, bulan depan, tahun depan, dan yang lain-lain. Intinya sih, walaupun doi bilang dengan jelas kapan doi mau bayar, tetep aja nanti engga akan bayar, walaupun kita udah ngulur-ngulur waktunya.

4. Si tukang basa-basi busuk

Biasanya kalo mau pinjem duit, orang kaya gini bakalan ngajak kita ngobrol dari timur ke barat, basa-basi manis lah. Udah panjang obrolannya, endingnya bakal kayak di bawah:

“Oia kamu lagi gak ada uang? Padahal aku mau minta bayarin kamu sekalian mau pinjem uang 100 ribu hehehehehe.”

5. Si tukang gali (lobang tutup lobang)

via: Giphy

Biasanya, manusia kayak gini, kalo ditagih dan kebetulan pas lagi gak ada uang akan cepat cari pinjaman lain. Engga heran kalo hutangnya panjang kayak episode “Tersanjung.”Awas, kamu jadi langganan orang tipe ini.

6. Si tukang ngutang, tapi bisa jalan-jalan

via: wordpress

Terngeselin adalah manusia tipe ini. Biasanya setelah minjem uang engga akan ngehubungin kamu lagi, entah doi udah bayar atau belum ya. Sialnya doi akan nyari kita pas butuhnya aja. Setelah itu kamu cuma bisa ngeliat mereka asik travelinghangout, atau lagi makan-makan di tempat fancy. 

Rasanya pengen bilang, “Lo lupa apa punya utang sama gue, gue aja makan mie instan, eh lo makan enak.

7. Si tukang baper

via: newlovetimes

Ibu Kantin: “Eh kayanya kemarin ngutang es teh manis deh, inget engga?”

Rika: “Hah? Es teh manis? Es teh manis apa? Jangan ngada-ngada sih!”

Wah, kalo tipe ini bukan nyebelin, tapi nyeremin. Ya gimana engga, kan kita yang nagih, eh malah galakan doi. Berasa kebalik aja kan.

Gitu deh kira-kira tipe manusia berdasarkan cara mereka ngutang. Buat kamu yang suka ngutang, inget perasaan orang yang kamu utangin ya. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.