Minggu, 1 November 2020

Genmuda – Square Enix bersama Nvidia saat konferensi pers Gamescom Expo Jerman, 21 Agustus lalu, gumumin kalo “Final Fantasy XV” Windows Edition siap rilis awal 2018. Penantian lebih dari 13 bulan para pengguna PC bakal terbayarkan karena kerennya game itu bakal kayak langit dan bumi bila dibandingkan dengan di konsol.

Hajime Tabata selaku sutradara FFXV bilang kalo niatnya menghadirkan game fenomenal itu ke komputer udah ada dari awal produksi versi konsol. Bahkan, cuplikan game itu pernah ditampilin pakai VGA Card Nvidia GTX 1080 ganda yang notabene merupakan perangkat pengolah gambar khas PC Gamer.

Hanya aja, proses adaptasi game konsol ke PC memakan waktu lebih lama dari rencana karena tim FFXV juga harus rampungin DLC yang memperkaya cerita FFXV edisi konsol. Belum lagi, ada sejumlah perubahan besar yang ditambahin ke edisi PC. Misalnya, seperti fitur yang ada di bawah ini.

1. Grafis lebih gokil

via ign.com
(Sumber: ign.com)

Kualitas animasi game yang rilis perdana November 2016 ini bakal ningkat jauh banget. Pertama, ketajaman gambarnya ditingkatin hingga 4K dan 8K. Kemudian, gerakan animasinya diperhalus hingga mencapai angka 60 fps sementara di konsol cuma mentok di angka 30 fps.

Belum lagi ditambahin teknologi ShadowWorks, HairWorks, dan XVAO yang bikin gambarnya keliatan makin realistis. Tabata berharap kualitas gambarnya setara dengan film animasi “Final Fantasy XV: Kingsglaive” (2016). Kalo perangkat komputer kamu lebih gila lagi, mungkin kualitas animasinya bisa lebih bagus.

2. First person gameplay

Adaptasi yang dilakuin bukan cuma pada gambar tapi juga pada gameplay. Karena pengguna PC lebih familiar main dengan mouse dan kibor, maka Square Enix nambahin fitur first person sehingga kamu bisa main langsung dari sudut pandang karakter yang dipilih. Jadi kayak “Skyrim” dan “Fall Out 4” aja gitu.

3. Mods

via ign.com
(Sumber: ign.com)

Sistem FFXV Windows Edition juga bakal dikoding supaya bisa dimodifikasi setelah diinstall. Dengan begitu, tiap pemain juga bisa nginstal mods untuk mengubah macem-macem, mulai dari kostum pemain, grafis, gameplay, hingga nambahin karakter-karakter baru (misalnya Cloud Strife, Sephiroth, atau Squall Leonhart).

Tabata bahkan gak ngelarang para komunitas modder untuk nerbitin mods yang terbilang dewasa. Ehm. Misalnya, mods yang bikin karakter-karakter cewek di game itu makin bohay padahal tanpa mods pun mereka udah cakep.

4. Online playing

via ign.com
(Sumber: ign.com)

FFXV juga bisa dimainin secara online. Masing-masing pemain yang terhubung dalam satu server nantinya bakal mainin salah satu karakter, kalo gak Noctis, Gladiolus, Prompto, ya Ignis. Fitur yang nantinya dinamai “Comrades” ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Final Fantasy sejak pertama rilis 1987.

5. DLC gratisan

Semua episode tambahan, atau DLC, yang ada di edisi konsol akan termasuk secara otomatis dalam satu paket FFXV Windows Edition. Jadi, cuma perlu install gamenya sekali untuk main kisah lengkapnya Noctis, Gladiolus, Prompto, dan Ignis. Engga tertutup kemungkinan juga kok bakal muncul DLC selanjutnya hingga akhirnya nanti rilis FF XVI.

6. DLC: Assassin’s Creed Festival

SERIUS! Assassin’s Creed dengan segala gameplay manjat, ngumpet, dan one hit kill yang mereka perkenalkan di “AC: Origins” bakal digabung sama semua gameplay FFXV. Udah gitu, bakalan ada tambahan cerita hingga beberapa belas jam sehingga game ini gak bakal pernah bosen dimainin. Keren banget sih pasti.

7. Harus PC paling canggih

via ign.com
Asapnya realistis banget, men. (Sumber: ign.com)

Beda dari FFXV edisi konsol yang bisa dimainin di semua seri PS4 – baik yang jadul ataupun yang slim – game Windows Editionnya cuma bisa dimainin di PC yang terbilang ekstrim. Catatan Square Enix nunjukin kalo spec komputernya harus punya prosesor Intel Core i7 yang 3,4 gigahertz atau AMD Ryzen 7 1700.

Udah gitu, VGA cardnya harus GTX 1080 dan direkomendasiin yang 1080 Titanium Edition dengan monitor minimal 4K. Kalo ditotal, harga perangkatnya aja udah 1.000 dollar AS.

Namun demikian, Tabata membantah hal itu. Doi bilang kalo FFXV Windows Edition belum punya requirements dan pasti akan menyesuaikan dengan komputer-komputer kelas menengah ketika waktunya rilis nanti.

BONUS: Versi smartphonenya juga ada

Kabar baik untuk kita semua, terutama gamers yang engga punya PC dan console. FFXV juga segera hadir di ponsel. BENAR! Dengan cerita yang sama, FFXV Pockets Edition nampilin gambar yang diubah menjadi bentuk chibi dan gameplay yang dipermudah menyesuaikan dengan minimnya tombol pada smartphone masa kini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.