Sabtu, 24 Oktober 2020

Genmuda – Facebook kayaknya lagi doyan banget ngerilis fitur baru nih, Kawan Muda. Menyusul fitur Live Video, baru-baru ini giliran fitur Messenger Codes yang hadir ngeramein Facebook.

Dengan Messenger Codes, kamu bisa nge-scan kode orang lain dan langsung terhubung sama doi walaupun kalian belum temenan di Facebook. Kode tersebut berupa pola lingkaran berwarna biru yang ada di sekeliling foto profil di pengaturan Facebook Messenger. Kamu pun otomatis engga perlu ribet atau ngerasa keki lagi gara-gara salah eja nama atau salah masukin nomor hp.

Well, fitur scan kode semacam itu memang udah lebih dulu ada di layanan BBM, Line, dan Snapchat. Meski begitu, pihak Facebook ngegambarin fitur itu sebagai suatu upaya penyempurnaan dalam cara orang-orang saling nemuin satu sama lain di jejaring sosial tersebut. Kamu pokoknya engga perlu nunggu lama lagi deh buat bisa ngobrol via Facebook sama orang yang baru kamu kenal.

Kami mengambil langkah lain dalam memberikan solusi baru bagi lebih dari 900 juta orang yang menggunakan Messenger setiap bulannya. Nomor telepon tidak diperlukan, dan Anda tidak harus saling berteman di Facebook,” jelas pihak Facebook dalam sebuah postingan.

(Sumber: Facebook)

Bukan cuma itu, tautan dan nama pengguna di Messenger Codes katanya sih bakal jadi “tautan yang sangat pribadi” dari para pengguna Facebook. Kamu bahkan bisa ngebagiin tautan tersebut ke media sosial apa aja dan siapapun yang ngeklik tautan kamu itu bakal bisa segera terhubung sama kamu.

Engga ketinggalan, belum lama ini udah terungkap pula kalau di Facebook Messenger ternyata terdapat suatu folder rahasia. Di folder tersebut, kamu bisa nemuin pesan-pesan yang dikirimin oleh orang-orang yang engga terhubung sama kamu, terlepas dari adanya notifikasi permintaan pesan dari mereka.

Nah, kalau kamu engga mau ngelewatin satu pun pesan dari orang-orang yang engga kamu kenal di Facebook kamu, kamu cuma perlu buka aplikasi Facebook Messenger > Settings > People > Message Requests. Di sanalah kamu bisa nemuin pesan-pesan Facebook dari orang-orang yang belum temenan sama kamu.

Namun demikian, mengingat berbagai pesan di folder Message Requests disaring tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu ke kamu, jangan kaget ya kalau ada pesan yang mungkin udah dari jaman dulu kala banget. Selamat ngutak-ngatik Facebook kamu, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer