Senin, 6 Februari 2023

Genmuda – Kebanjiran informasi engga penting dari media sosial cuma jadi salah satu problem kecil yang dihadapi netizen setiap hari. Masalah utamanya adalah tetep ngerasa kekurangan waktu meski udah berkegiatan pakai teknologi paling canggih sekalipun.

Misalnya aja, waktu seseorang kerepotan menggunakan menggeser-geser touch-pad di laptopnya. Problem itu sayangnya terasa masih belum selesai meski udah kerja pakai mouse sekalipun.

Selain itu, masih ada lagi problem soal sinyal Wi-Fi yang lemah meski udah pakai router bagus. Supaya engga jadi korban masalah-masalah yang sebenernya sepele kayak gitu, baiknya simak deh ‘lifehack’ di bawah ini:

1. ‘Softblock‘ orang di medsos

via reaction.club
(Sumber: reaction.club)

Softblock ditujuin pada cara memberhentikan notifikasi akun orang lain tanpa perlu unfollow atau unfriend mereka. Caranya bisa dilakukan di Facebook dengan meng-unfollow seseorang. Twitter punya tombol Mute di tiap akun orang, sementara Path punya fungsi ‘Mute This Moment.’

2. Cari tau short cut di keyboard

Kombinasi tombol keyboard atau yang lebih dikenal dengan short cut bisa jadi cara menyelamatkan waktu kerja. Selain Ctrl + C dan Ctrl + V, sebenarnya masih ada banyak. Misalnya aja Ctrl + Shift + R buat menghapus cache di browser. Kebanyakan cache bikin lemot kan. Biar lebih lengkap baja aja daftar short cut yang bakal bikin kamu ‘Like A Boss’ ini.

3. Paste tanpa formatting

Ctrl + C dan Ctrl + V bisa dibilang short cut copy-paste buat pemula. Cara itu engga efektif karena sering bikin tulisan yang di-copy dari sebuah web tampil ‘belepotan’ di MS Word. Karena itu, cobain deh short cut Ctrl + Shift + V supaya bisa mem-paste artikel apapun tanpa formatting. Dengan kata lain, cuma teksnya aja yang pindah. Ada yang baru tau? Emejing kan!

4. YouTube ‘Slow Motion’

via giphy.com

Tinggal tahan tombol spasi di keyboard begitu video YouTubenya jalan. Videonya bakalan jalan secara perlahan dan keliatan slow-mo. Sebenarnya cara ini bisa dibilang ‘cheat’ sih. Soalnya menahan spasi bikin YouTubenya play-pause terus-menerus, sehingga keliatan kayak slow-mo.

5. Jauhkan router dari perangkat elektronik lain

Internet wifi sering naik turun salah satunya akibat sinyal wifi dari router bentrok sama alat elektronik lain. Karena itu, jauhin router dari tv, radio, komputer, kulkas, microwave, dan semacamnya. Gangguan sinyalnya terjadi bukan karena terhalang fisik, tapi juga terhalang gelombang elektronik yang dihasilkan masing-masing perangkat.

6. Simpan semua file dalam format PDF

File yang udah final dan engga perlu diedit lagi baiknya disimpen dalam format PDF buat mempertahankan format file tanpa perlu berubah-ubah. Soalnya, beda program yang ngebuka file bisa bikin formating awal jadi berantakan. Bahkan gambar, tabel, dan presentasi pun baiknya disimpan dalam format tersebut.

7. Jangan lupa backup kerjaan di cloud

via giphy.com

Daripada menuh-menuhin memori ponsel atau berisiko hilang karena disimpen di flashdisk, simpan aja file-file penting di cloud. Mau itu iCloud, One Drive, Drop Box, 4 Shared, MiCloud, ataupun Google Drive, semua punya fungsi yang sama. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.