Kamis, 13 Juni 2024

Genmuda – Kawan Muda yang saat ini duduk di bangku kelas XII alias kelas 3 SMA pasti lagi dag dig dug ngehadapin Ujian Nasional (UN). Terlepas dari itu, sehabis UN ini perjalanan kamu sebenarnya masih terbilang cukup panjang loh.

Buat kamu yang abis lulus SMA berkesempatan ngelanjutin pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, hal pertama yang harus kamu ketahui dan selalu kamu ingat adalah kuliah itu engga sama kayak SMA. Pas kuliah, kamu bisa mulai ngegunain waktu kamu buat belajar hal-hal yang memang kamu pengen dan nyari tahu siapa diri kamu yang sesungguhnya (tsah!).

Singkatnya, bakal ada lebih banyak kebebasan yang menanti kamu di bangku kuliah. Meski begitu, kebebasan yang kamu peroleh tersebut tentu masih harus dibarengin sama tanggung jawab yang besar pula. Kamu harus belajar sendiri buat nyeimbangin antara kuliah dan hura-hura tanpa perlu terus-terusan dibimbing lagi sama ortu atau guru.

So, biar kamu punya sedikit gambaran soal kayak gimana dunia perkuliahan yang harus kamu jalani nantinya, berikut ini adalah 7 dari sekian banyak hal yang biasa kamu lakuin di SMA tapi engga bakal kamu lakuin pas kamu udah kuliah:

  1. Bangun pagi setiap hari

Kalau di SMA setiap hari kamu harus bangun subuh-subuh buat ngejar sekolah jam setengah tujuh atau jam 7 teng, pas kuliah kamu engga perlu sampai segitunya. Kecuali kamu ada kelas yang mulainya sepagi itu, kamu bisa bangun agak siangan. Apalagi kalau kosan kamu cuma sepelemparan batu dari kampus kamu, waktu bangun tidur kamu tentu bisa jadi makin fleksibel (tapi bukan berarti kamu baru bangun 5 menit sebelum ngampus juga ya).

  1. Siap-siap sebelum masuk kelas

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, mau kamu engga mandi dan cuma pakai kaos sekalipun engga bakal ada yang peduli juga (yang penting kamu engga bau ketek, mulut, atau kaki). Kecuali dosen kamu tipe yang merhatiin penampilan banget dan nentuin dress code buat kelasnya, kamu engga perlu takut bakal saltum atau gimana-gimana. Yang terpenting itu adalah kamu ngerasa nyaman pas lagi duduk selama perkuliahan berlangsung. Ribet nentuin bajunya nanti aja kalau mau party hehe.

  1. Bawa buku banyak-banyak

Pas kuliah, kamu cuma harus ngebawa apa yang kamu perluin buat kelas yang bakal kamu ikutin. Kamu engga perlu lagi bawa segudang buku dan peralatan kayak pas di SMA. Modal binder atau satu buku tulis sama pulpen aja kamu udah bisa masuk kelas. Sebagian dosen juga engga ngeharusin kamu buat bawa buku materi ke kelas kok.

  1. Ngikutin semua kelas tanpa terkecuali

Ini dia hal ngebosenin lainnya yang engga bakal kamu temuin di dunia perkuliahan. Pas kuliah, kamu engga cuma bisa milih jurusan, tapi juga kelas kamu sendiri (kecuali mata kuliah umum yang memang harus kamu ambil). Dengan kata lain, ketimbang harus bete gara-gara terjebak di kelas yang engga kamu suka dari masuk sampai pulang kuliah, kamu bisa milih dan nyesuain mata kuliah yang mau kamu ambil.

  1. Ngerjain tugas buat semua kelas setiap hari

Thanks to sejumlah dosen yang pengertiannya bukan main dan layak buat didoain masuk surga, kamu engga perlu harus terus-terusan ngerjain tugas. Bahkan, mereka bakal ngasih kamu silabus di awal perkuliahan supaya kamu tahu kapan aja kamu harus ngumpulin tugas di sepanjang perkuliahan. Lagi pula, kamu juga engga bakal ketemu matkul yang sama setiap hari.

  1. Ribet ijin sakit

Kalau di SMA ortu kamu masih harus ribet nelponin atau ngirimin surat sakit ke sekolah, maka lain halnya dengan pas kamu kuliah. Kamu cuma perlu minta tolong ke teman sekelas kamu buat bilang ke dosen kalian kalau kamu engga masuk karena sakit. Itupun kalau dosennya nanya, soalnya bahkan seorang dosen sekalipun sebenarnya engga bakal peduli-peduli banget (ya kecuali kamu sakitnya parah).

  1. Minta ijin ke ortu buat setiap hal yang mau kamu lakuin

Minta ijin ke ortu itu memang wajib hukumnya, berapapun usia kamu. Tapi, lagi-lagi perlu diingat kalau pas kuliah kamu lebih dituntut buat bisa bertanggung jawab atas diri kamu sendiri. Kamu engga harus terus-terusan nanya ke ortu kamu apakah kamu boleh ngelakuin sesuatu, soalnya yang ujung-ujungnya bakal berurusan sama segala konsekuensinya adalah diri kamu sendiri. Contohnya adalah kalau kamu mau begadang, yang bakal ngantuk dan ketiduran pas di kelas ‘kan kamu, bukan ortu kamu. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer