Senin, 26 Oktober 2020

Genmuda – Engga ada siapapun yang nganjurin orang buat belajar SKS (sistem kebut semalam) bahkan sampai begadang. Berbagai studi aja udah nunjukin kalo kurang tidur dan kebanyakan belajar justru bikin konsentrasi buyar keesekoan harinya.

Namun ada kalanya begadang demi SKS itu diperluin. Misalnya aja kayak waktu ngadepin ujian. Genmuda.com yakin hampir semua anak muda engga belajar dengan rutin dan lebih milih belajar di saat deadline kayak gini.

Rileks, sob. Sekarang ada 10 tips dari anggota pasukan-pasukan khusus Amerika Serikat supaya lo bisa belajar SKS tanpa harus jadi zombie karena kurang tidur. Pantengin aja nih tipsnya:

1. Tidur dulu siangnya

via mrwgifs.com

“Pastikan tidur tetap cukup. Ketika tiba masanya begadang, tidurlah sebelum waktu begadang itu tiba. Itu benar-benar berguna untuk saya,” kata Eric, mantan anggota Navy SEAL AS ke artofmanliness.com. Kalo tadi lo engga sempat tidur siang lama-lama, lakuin aja trik tidur 20-26 menit seperti anjuran NASA.

2. Berhenti ngopi, tapi ngopi pas malemnya

Efek kafein di tubuh bakal ilang kalo lo keseringan minum kopi di siang hari. Soalnya tubuh udah terbiasa menerima kafein dan menganggapnya bagian dari tubuh. Lain ceritanya kalo asupan kopinya dikurangi waktu siang. Dengan begitu efek melek dari kafein bisa dirasain pas malam hari. “Jika memungkinkan, tambahkan lemak seperti mentega, minyak kelapa, atau sejenisnya supaya melanggengkan efek kafein,” kata Eric.

3. Kurangi makan

via tumblr.com

Kurang tidur bikin badan cepat ngerasa lapar. Meski begitu, makanan berat yang banyak karbohidratnya bukan pilihan. Kebanyakan makan malah bikin pencernaan bekerja makin berat. Lama-lama, jadi ngantuk. Eric bilang, “Berhubung belajar atau lembur tuh engga seberat perang 24 jam seperti yang pernah dialaminya, sebenarnya tubuh kita tidak butuh asupan makanan tambahan.”

4. Kalo emang lapar, makan aja makanan yang berprotein tinggi

Daripada jajan nasi goreng tengah malam, lebih baik ngemil makanan yang punya protein tinggi. Misalnya ikan, ayam, atau daging. Kalo versi murahnya ya ngemil kacang tanah, tapi bukan kacang atom ya.

5. Gerak

Selama aktivitas fisiknya engga begitu berat, semua itu sangat ngebantu buat tetep bangun dan belajar sampai larut malam. Lifehacker.com bilang kalo olahraga 20 menit di sela-sela waktu belajar bikin otak selalu sigap dan mampu menyerap informasi. Dengan kata lain saat besok ujian informasi itu bisa diingat dengan mudah.

6. Jangan cari PW

via tumblr.com

Pas begadang, biasanya sih badan terasa pegel-pegel. Itu bukan alasan buat pindah posisi dan cari posisi wenak, alias PW. Kalo badan ngerasa nyaman, mata bisa-bisa berat dan ketiduran dengan sendirinya. ArtofManliness.com bilang kalo Matt, seorang mantan infantri biasa mencubit alisnya supaya engga ketiduran di tugas malam. (Cubitnya sekali aja, kalo keseringan yang ada alis lo ilang).

7. Belajar bareng

Mamet: “Bob, nanti kita belajar buat materi ujian Kimia besok ya!”

Bob: “Siap, nanti malam ke rumah gue.”

Mamet: “Kayaknya nyoba FIFA17 satu pertandingan seru nih, jago engga lo?”

Bobi: “Siapa takut? Jadi!”

Fix, lo pokoknya jangan kayak Mamet dan Bobi. Yang namanya belajar bareng pas SKS emang udah jadi solusi aman. Kenapa aman? Seengganya kalo sama-sama engga belajar, sama-sama ada teman buat remedial. *canda.

Terlepas dari contoh di atas, tujuh poin yang udah Genmuda.com sebutin tadi direkomendasiin banget sama senior-senior pasukan khusus Amerika Serikat supaya orang bisa survive begadang (apa lagi buat yang SKS). Namun mereka sama sekali engga nganjurin Kawan Muda keseringan kurang tidur. So, selamat begadang belajar buat UTS besok ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.