Senin, 22 April 2024

Genmuda – Setelah seharian ngejalanin segudang aktivitas, yang bakal dicari orang-orang biasanya adalah kasur yang empuk dan nyaman. Tapi, biar udah capek kayak gimanapun juga, kadang mau merem aja masih susahnya setengah mati.

Guling ke kiri udah, guling ke kanan pun udah. Walau udah hampir sejam berlalu sejak kamu ngerebahin badan dan gegulingan di kasur, kamu ternyata masih belum bisa tidur juga. Yang ada kamu malah cuma ngeberantakin kasur doang dan makin jauh dari alam mimpi.

Untungnya, kamu engga perlu khawatir, Kawan Muda. Masih ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakuin supaya kamu bisa tidur lebih cepat dan engga perlu buang-buang waktu buat kebanyakan mikir di kasur. Berikut ini adalah 7 di antaranya, yang bisa kamu lakuin supaya bisa dapat istirahat yang cukup:

  1. Tentuin waktu tidur dan waktu bangun

Berapapun lamanya tidur kamu, usahain kamu punya waktu tidur dan waktu bangun yang rutin setiap harinya. Dengan tidur dan bangun di waktu yang sama, kamu otomatis bakal ngekondisiin jam biologis kamu. Jangan lupa juga buat engga balas dendam tidur panjang di weekend karena perubahan pola tidur pas weekend bisa berdampak buruk pada kesehatan kamu secara keseluruhan.

  1. Jangan makan berat sebelum tidur

Hal ini kayaknya cukup berlawanan dengan anggapan kalau makan berat itu bisa bikin ngantuk. Makan berat sebelum tidur justru bisa jadi bumerang buat kamu pas kamu udah rebahan di tempat tidur. Perut yang kenyang bisa berujung pada gangguan pencernaan, diare, dan keengganyamanan lainnya yang bisa bikin kamu terus kebangun. Usahain kamu makan berat beberapa jam sebelum kamu tidur supaya tubuh kamu masih punya waktu buat ngejalanin sistem pencernaannya.

  1. Mandi air panas

Penurunan suhu tubuh bisa ngebantu kamu ngerasa ngantuk. Dengan kata lain, saat kamu mandi air panas, suhu kamu bakal meningkat dan pendinginan cepat yang terjadi pas kamu selesai mandi bisa bikin kamu lebih santai sekaligus ngebantu kamu buat tidur lebih cepat.

  1. Minum teh kamomil
(Sumber: enabledkids.ca)

Selain bisa ngebantu nurunin gejala kecemasan secara signifikan, minum teh kamomil juga bisa jadi salah satu cara ampuh buat ngebantu kamu supaya bisa tidur lebih cepat. Menurut sebuah riset dari American Chemical Society, minum secangkir teh kamomil berkaitan dengan peningkatan produksi suatu zat kimia bernama glisin, yang ngebantu bikin syaraf kamu jadi lebih rileks dan bertindak sebagai obat penenang ringan.

  1. Matiin semua gadget dan alat elektronik lainnya

Saat kamu mainan smartphone dan laptop sebelum tidur, cahaya biru dari kedua perangkat tersebut bakal ngeganggu produksi suatu hormon bernama melatonin, yang berfungsi ngebantu kamu buat tertidur. Ketimbang ngecek timeline medsos, mending kamu baca buku aja. Kalaupun kamu harus banget ngecek gadget kamu sebelum tidur, kurangin tingkat kecerahan layarnya.

  1. Pakai kaos kaki

Menurut sebuah riset, saat mau tidur tubuh kamu bakal ngalihin aliran darah ke tangan dan kaki buat ngedistribusiin ulang panas dan kaki yang dingin justru bisa ngehambat aliran darah. Pakai kaos kaki buat ngehangatin kaki kamu pun bisa ngebantu ngelebarin sel darah, sehingga ningkatin aliran darah dan ngebantu kamu tidur lebih cepat.

  1. Napas

Lah, kalau udah engga napas lagi ‘kan berarti mati? Well, iya sih, Kawan Muda. Tapi, napas yang dimaksud di sini adalah napas dengan teknik 4-7-8. Menurut Dr. Andrew Weil, teknik ini merupakan “suatu penenang alami untuk system syaraf”. Kamu lihat aja video tutorial beliau di sini. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer