Sabtu, 13 Juli 2024

Genmuda – Kabar perilisan iPhone 7 tengah September 2016 lagi rame dibicarain netizen sejak seminggu terakhir. Dari kabar terbarunya, dummy smartphone keluaran Apple itu udah didistribusikan buat reviewer, tester, dan rekan-rekan media.

Evan Blass, salah satu petinggi VentureBeat lewat Twitternya (@evleaks) bilang produk terbaru di jajaran smartphone canggih ini bakal rilis 16 September di Amerika Serikat. Meski begitu, pre-ordernya udah bisa dilakuin pada 9 September 2016.

Sebagai seleb twit, Evan terkenal karena beberapa kali ngebocorin info rilis produk-produk teknologi baru. The Next Web (TNW) juga bilang kalo September nanti Apple bakal rilis dua produk sekaligus, yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Berdasarkan dummy yang beredar, kedua produk ini bakal beda banget daripada generasi sebelumnya. Boleh dibilang, Apple berusaha memperbaiki seri iPhone berdasarkan keluhan pelanggannya. Seperti apa bedanya? Yuk lihat di bawah ini:

1. Engga ada Audio Jack buat headphone

(Sumber: The Next Web)

Laporan jurnalis TNW bilang kalo iPhone 7 engga bakal punya colokan headphone. Sebagai gantinya, bakal ada lubang speaker di tempat jack tersebut. Headphone pun bakal nyambung dengan iPhonenya lewat koneksi nirkabel seperti Bluetooth. Salah satu manfaatnya tentu engga perlu ribet sama kabel.

2. Kamera dan flash lebih besar

Yang kiri adalah kamera dan flash iPhone 6, yang kanan dummy-nya iPhone 7. (Sumber: The Next Web)

Kamera dan flash dari dummy yang diberitain TNW itu terlihat lebih besar daripada iPhone generasi sebelumnya. Dari segi teknologi, bakal ada dua sensor warna yang bikin kualitas gambar makin HD lagi. Boleh dibilang, kualitas gambar iPhone 7 bakal jauh lebih gokil dari iPhone 6 atau 6S sekalipun.

3. Tombol home lebih kokoh

(Sumber: The Next Web)

Terus, tombol home yang biasanya ringkih di iPhone generasi terdahulu bakal dibuat lebih kokoh. Situs News Australia, Jumat (29/7) bilang kalo tombolnya malah bakal diganti jadi sensor. Kalo sensornya ‘dipencet’ smartphone bakal getar buat mengonfirmasi.

Teknologi sensor macam itu sebenernya udah dipakai Apple di produk-produk MacBook yang dikenal dengan fitur Force Touch. Gampangnya, fitur itu ngedeteksi seberapa kenceng tombol sensornya diteken. Tambahan fitur ini telah dikonfirmasi situs Macotakara yang juga sering bocorin info terbaru seputar Apple.

4. Storage makin besar

Via: iOS Police
(Sumber: iOS Police)

iPhone selalu terkenal sebagai ponsel yang engga punya ruang buat SD card. Sejumlah pelanggan pun terus rewel karena kekurangan storage. Karena itulah, Apple nambahin ruang penyimpa di iPhone generasi 7-nya. Paling engga, memory minimal sebesar 32 GB bakal dipasang di jenis iPhone 7 sebagaimana dilansir dari Tech Radar, (28/7).

5. Desain antena makin ‘clean.’

Via: Tech Insider
Antena iPhone (Sumber: Tech Insider)

Tau dua garis melingang di belakang iPhone generasi lama, kan? Itu adalah antenanya. Di produk baru itu, Tech Radar bilang antena ponselnya bakal didesain ulang. Bentuknya engga lagi melintang, tapi melengkung ngikutin sisi atas dan bawah ponsel. Punggung iPhone 7 pun keliatan lebih bersih.

6. OS baru

(Sumber: Tech Radar)

September nanti, Apple pun bakal ngeluncurin OS terbarunya, yaitu iOS 10. Dalam OS terbaru ini, SIRI bakal lebih ‘enak diajak ngobrol’. Secara teknis, asisten digital itu bakal lebih kenal banyak logat bahasa Inggris dan ngurangi miss-spelling waktu lagi mengenali perintah suaranya.

Meski informasi ini menyebar di kalangan netizen, Apple sama sekali belum mengonfirmasi kebenarannya. Tapi banyak media luar yang yakin kalo bocoran ini bakal tepat karena berasal dari sumber yang terpercaya. Well, gimana menurut kamu, guys?

Cek video unboxing dummy-nya di bawah ini:

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.