Minggu, 12 Juli 2020
Hiburan

6 Fakta Menarik Seputar Duo Musisi ‘KimoKal’ yang Udah Go Internasional

KimoKal di acara peluncuran album 'O' di IFI Jakarta, Sabtu (16/1) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Genmuda – Industri musik Tanah Air makin hari memang makin diramein dengan kehadiran sejumlah pendatang baru yang engga kalah keren dari para pendahulunya. Salah satu contohnya adalah KimoKal.

Memulai karir di 2014, KimoKal yang beranggotakan Kimo dan Kallula baru aja ngeluncurin album perdana mereka yang bertajuk ‘O’ di Institut Français d’Indonésie (IFI), Sabtu (16/1). Duo pop elektronik itu pun sebelumnya udah pernah ngeluarin dua single, yaitu ‘Under Your Spell’ dan ‘Adiamo’.

Nah, kalau di sepanjang weekend kemarin Genmuda.com udah ngebahas soal kisah di balik nama dan pertemuan KimoKal, acara peluncuran album ‘O’, maupun penampilan spesial KimoKal, kali ini bakal ada lagi bahasan lainnya terkait berbagai fakta menarik seputar KimoKal yang wajib kamu tahu.

Penasaran dan mau nyimak lebih lanjut lagi soal KimoKal? Berikut ini adalah 6 fakta menarik seputar KimoKal yang udah terungkap di acara peluncuran album ‘O’:

 

  1. KimoKal = The new pop

Menurut Kimo, pada dasarnya KimoKal emang sebuah duo yang beraliran pop elektronik. Meski begitu, doi kemudian nambahin pula kalau doi juga nganggap KimoKal sebagai ‘the new pop’ di industri musik Tanah Air.

  1. KimoKal dilirik banget sama pasar luar

Walau di negerinya sendiri nama KimoKal mungkin belum begitu kedengeran gaungnya, di luar negeri KimoKal ternyata udah banyak peminatnya loh, Kawan Muda. Sebut aja negara tetangga kayak Singapura dan negara Eropa kayak Inggris. Menurut Dennis Yonasa selaku perwakilan manajemen KimoKal, hal inilah yang turut jadi alasan kenapa album ‘O’ juga dirilis dalam versi deluxe.

  1. Kallula buat lirik berdasarkan pengalaman pribadi

Seperti yang udah diungkapin Kallula, doi “di band awalnya dipaksa buat bikin lirik”. Berawal dari situ, doi pun akhirnya berusaha buat bikin lirik yang “jujur dan selalu pengalaman pribadi”. Doi ngerasa lebih senang kalau orang-orang bisa ngehubungin lirik-liriknya dengan pengalaman mereka sendiri dan menurut doi “itu udah yang paling baik”.

Penampilan KimoKal di Auditorium IFI, Sabtu (16/1) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Penampilan KimoKal di Auditorium IFI, Sabtu (16/1) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
  1. Kendala album ‘O’

Kalau Kallula berpendapat bahwa doi dan Kimo engga begitu ngalamin kendala yang berarti pas ngegarap album ‘O’ karena mereka cuma berdua, lain halnya dengan pendapat Kimo. “Kendalanya sih sama-sama Aries, emosian dan egonya sama-sama gede. Drama-drama gitu ada lah, tapi basically visi misi sama,” kata Kimo. Kimo bahkan berpendapat bahwa ‘Go Go Go’ jadi single mereka yang paling drama di album ‘O’.

  1. Syuting video klip ‘Lonely Child’

Walau nolak buat ngejelasin secara lebih detail soal konsep video klip ‘Lonely Child’, single pertama KimoKal di album ‘O’, Kimo sempat bilang kalau “konsep behind the scenenya secapek itu”. Syuting yang berlangsung di Papandayan memakan waktu yang cukup lama, sampai-sampai porter yang ngebawain barang-barang KimoKal sempat keseleo. KimoKal pun sempat hampir nyerah pas baru naik, tapi untungnya Kinez Riza selaku sutradara berhasil nyemangatin mereka lagi.

  1. ‘Adiamo’ dan vinyl

Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa ‘Under Your Spell’ dijadiin trek bonus di album ‘O’, sedangkan ‘Adiamo’ engga. FYI, versi remix ‘Adiamo’ udah terlalu banyak (ada 9) dan durasinya panjang banget. Kebetulan KimoKal juga mau ngerilis vinyl yang durasinya mentok di 44 menit, jadi kalau ‘Adiamo’ tetap dimasukin nanti engga bakal muat. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer