Sabtu, 31 Oktober 2020

Genmuda – Maraknya penyebaran virus corona memaksa sejumlah pemerintah provinsi hingga kota meliburkan sejumlah aktivitas belajar mengajar. Selain itu, upaya lain juga dilakukan oleh berbagai instansi pemerintahan hingga swasta yang memberikan kewajiban buat karyawannya untuk berkerja dari rumah atau work from home (WFH).

Sebagai salah satu upaya mengurangi resiko penularan virus corona yang menjadi pandemi bukan berarti kesempatan ini dijadiin aji mumpung buat lo untuk jalan-jalan alias Work from Holiday. Inget, gak gitu maksud dan tujuannya ya.

Sebaliknya WFH ngajarin kita buat tetep produktif seperti hari-hari biasanya. Yang sekolah atau kampus tetep belajar secara online, yang kerja pun tetep melakukan pekerjaannya dari rumah dan dicek secara online.

Terus gimana dong cara supaya tetep produktif meski hanya dari rumah? Gak perlu panik, karena mayoritas penulis Genmuda.com sering WFH setiap minggunya berikut curhatan tips dari kami.

1. Tetap jaga kebersihan diri dan lingkungan

(Sumber: Shutter Stock)

Beraktivitas di luar ruangan mungkin bikin sebagian orang parno akan penularan virus corona. Oleh sebab itu dengan bekerja di dalam rumah akan mempersempit ruang penyebaran virus. Nah, karena cakupannya lebih kecil maka lo bisa melakukan kegiatan bersih-bersih mulai dari lingkungan terdekat sehari-hari, bisa dari kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dan seisi rumah.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri dengan rutin mencuci tangan dengan disinfektan. Bersihkan juga barang-barang di rumah yang sering bersentuhan dengan tangan. Jika dirasa sedang gak fit, jangan maksain kerja atau keluar rumah. Istirahat yang cukup sampe tubuh lo benar-benar sehat. Kalo udah sehat tentu kerja apapun jadi lebih produktif, yakan!

2. Gunakan teknologi

via huffingtonpost.co.uk
(Sumber: huffingtonpost.co.uk)

Kerja dari rumah bukan beratri mati gaya. Lo bisa memanfaatkan teknologi untuk meringankan aktivitas di luar ruangan. Belajar atau kuliah secara online aja bisa kok. Buat meeting kantor pake aja video call. Untuk update hasil kerja lo tinggal kirim deh pake email.

Jadi jangan jadiin alasan WFH cuma jadi bahan ajang rebahan doang. Sebaliknya WFH malah bikin waktu kerja lo lebih fleksibel tanpa harus macet-macetan di jalanan atau mungkin terpotong waktu istirahat jam makan siang.

3. Tentukan skala prioritas

©Acemaker Movie Works/2020

Dengan waktu yang lebih fleksibel, kadang di antara kita keseringan santuy buat kerja. Akhirnya semua kerjaan malah engga ada yang selesai sesuai deadline. Nah, oleh sebab itu selama beraktivitas di rumah penting banget buat mengatur waktu kerja dengan skala prioritas.

Harus dibagi tugas mana yang mau lo kerjakan lebih dulu. Saran dari Genmuda.com sih selalu biasakan kerjakan pekerjaan yang menurut lo mudah. Selanjutnya cicil deh pekerjaan yang berat. Dengan begitu lo gak akan keteteran untuk membagi pekerjaan kampus/kantor dengan pekerjaan rumah.

4. Gak usah baper kalo agenda lo jadi kacau

(Ilustrasi: everybodygoesblog.com)

Baper berlebihan dalam kondisi wabah seperti ini emang engga BANGET. Gak usah terlalu emosi kalo semua agenda lo dalam dua pekan ke depan jadi berantakan. Namanya juga musibah siapa sih yang mau? Jadi gak perlu baper-baper banget lah.

Faktanya pasti banyak pihak yang mengerti kok kalo sejumlah agenda atau pertemuan terpaksa dibatalkan atau mungkin dijadwalkan ulang. Nah, kalo lo udah terlanjur bikin agenda sama orang lain, gak ada salahnya untuk memberikan informasi pembatalan demi kesehatan bersama.

5. Tetap fokus

Udah kuliah, terus kerja. Gak ada capenya emang

Tips ini gak kalah penting. Semua tips sebelumnya gak akan berguna jika lo gak fokus selama WFH. Untuk menghindari distraksi di rumah, penting untuk bekerja mulai pagi hari. Cari juga ruangan atau kamar yang sunyi dari gangguan.

Kalo misalkan di rumah ada anggota keluarga lain yang membutuhkan lo. Alangkah baiknya informasikan dulu ke mereka jika mulai jam sekian sampai waktu sekian, lo harus belajar online atau mengerjakan tugas kantor. Tapi beneran dilakuin ya, jangan ujung-ujungnya rebahan lagi.#Eaaaa

6. Tingkatkan imunitas diri

via tirto.id
(Sumber: tirto.id)

Waktu kerja di rumah yang lebih lama bisa lo lakukan dengan meningkatkan imunitas diri. Caranya lo tetep bisa berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat selama di rumah untuk mencegah penularan virus corona.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan 10 menit untuk berolahraga setiap hari. Lebih baik sedikit efisien, daripada banyak tapi cuma sebatas omdo (baca: omongan doang). Selama WFH pastikan juga konsumsi makanan dan minuman lo benar-benar sehat. Jangan ujung-ujungnya junk food lagi, itu sama juga bohong dong.

So, udah waktunya untuk saling menjaga kebersihan diri dan orang terdekat lo mulai dari sekarang. Kalo bisa dicegah kenapa harus diobati? Keep healthy and no worries ya! (sds)

Comments

comments