Kamis, 2 April 2020

Genmuda – Rasa gak pede tuh bukan penyebab utama seseorang gagal ngobrol sama gebetan idaman. Menghampiri si doi dan memulai pembicaraan sih gampang banget. Datengin aja doi, sapa, terus tanya sebuah pertanyaan sepele macam “Eh, lo udah ngerjain tugas belum?”

Segampang dan sesimpel itu kok dalam memulai obrolan. Proses yang susah tuh mempertahankan chit-chat supaya ngalir deras tanpa tau-tau hening kehabisan topik. Lebih bikin jiper lagi kalo tau-tau si doi buka ponsel, ngescroll-scroll, terus cekikikan sendiri nyuekin orang yang lagi berusaha ngajak ngobrol doi.

Kasus macam itu yang bikin cowok seberani apapun, atau cewek se-Wonder Woman apapun, kicep. Tapi, kamu engga perlu ngerasain ketakutan terbesar para jomblo itu karena Genmuda.com punya caranya. Cukup lakuin 5 trik di bawah ini maka obrolan bisa ngalir.

1. Gak usah kebanyakan basa-basi

via imgur.com

Jurus “piramida terbalik” tuh dipakai di semua media berita supaya para pembaca betah baca berita tertulisnya. Prinsipnya sih gini: Mulailah tulisan dengan nyeritain fakta yang penting, menarik, atau kalau bisa yang menghebohkan.

Misalnya gini. “Eh, udah tau belum kalo produser film “Dilan” udah nemu aktor cowok yang pas sebagai pemeran utama?” Itu kalo doi suka baca buku “Dilan.” Kalo doi suka Korea, mulai aja obrolan dengan ngomongin “Song-Song Couple.”

2. Informasi baru

via giphy.com

Selain menarik, obrolan juga harus mengandung informasi baru kalo mau mengalir. Nyeritain ulang informasi lama kan basi banget. Dengan adanya informasi baru dalam obrolan, gebetan pasti ngerasa puas dan pengen ngobrol lagi. Sama aja kayak orang yang udah kecanduan baca berita.

3. Ceritain pengalaman sendiri

via giphy.com

Apabila wawasan doi ternyata luas dan update banget sehingga segala informasi baru tuh sama sekali engga baru bagi doi, coba deh ceritain pengalaman sendiri. Doi engga bakalan tau hal itu kan, kecuali doi pembaca pikiran macam Professor X.

4. Jangan kebanyakan ngomong. Dengerin doi!

via giphy.com

Meski begitu, jangan kebanyakan ngomongin diri sendiri. Kasih juga doi kesempatan untuk ngerespon, bertanya, dan nyeritain pengalamannya. Karena hanya dengan timbal balik begitu lah dialog bisa berlangsung dengan enak bahkan bikin orang betah begadang.

Saat doi bercerita, pastiin semuanya didenger teliti. Informasi baru itu nantiny bisa dipakai buat nyari topik untuk memulai pembicaraan di waktu mendatang. Berguna banget loh supaya keliatan sebagai orang yang perhatian.

5. Pegang kendali

via giphy.com

Ada kalanya, keheningan tuh engga bisa dihindari. Mungkin karena doi yang tiba-tiba hilang topik atau karena ada suara bising knalpot motor ngebut yang bikin obrolan berhenti mendadak. Apapun yang terjadi, mau kamu cowok atau cewek, pegang kendali!

Mulai lagi obrolan dengan bertanya, nyeritain pengalaman sendiri, atau ngasih informasi baru yang menarik. Apapun yang terjadi, jangan kasih kendor! Seandainya aja bisa, ngobrol lah terus sampai kalian jadian dalam waktu satu hari (Sayangnya itu susah banget kejadian).

via iscreamsundae.com

Butuh contoh kongkrit, coba liat contoh dialog antara Rama dan Bella di bawah ini:

Rama: “Bel, liburan kemarin bikin bete banget gak sih?”

Bella: “Iya,  bete banget karena gak ngapa-ngapain.”

Rama: “Ya, kan. Bahkan season barunya ‘Game of Thrones’ gak bisa bikin betenya hilang. Lo udah nonton kan?”

Bella: “Iya, anjir. Seru banget episode yang itu…”

Maka, Rama dan Bella pun ngobrol hingga akhirnya guru masuk dan ngomelin mereka supaya diem. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.