Jum'at, 23 Februari 2024

Genmuda – Keberhasilan Real Madrid melawan Bayern Munchen di leg pertama babak Semi Final Liga Champions pada Kamis (26/4) dini hari emang berhasil memberikan catatan rekor baru buat bintang El Real, Cristiano Ronaldo. Yup, CR7 tercatat sebagai pemain dengan kemenangan terbanyak di Liga Champions, yaitu 96 kali.

Catatan tersebut mungkin dapat menjadi pemulus sang pemain buat menyandang permain terbaik sejagat tahun ini ketimbang rivalnya, Lionel Messi. Etapi nih, bicara soal rekor kedua pemain ini ternyata masih ada loh 5 rekor La Liga yang kayaknya mustahil sulit buat mereka pecahin.

Meski gak ada hal yang gak mungkin, tetep aja peluang keduanya terbilang kecil. Berikut ulasannya:

1. Penampilan paling banyak di La Liga

via: FC Barcelona
(Sumber: FC Barcelona)

Rekor ini masih dipegang sama mantan kiper Barcelona, Andoni Zubizarreta dengan 629 penampilan dalam karirnya bersama raksasa Catalan. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo emang belum masih masuk dalam 10 daftar pemain paling banyak tampil di La Liga, tapi kemungkinan keduanya melewati rekor sang legenda tetep butuh perjuangan keras.

Sejauh ini Messi udah tampil sebanyak 419 laga di La Liga sedangkan Ronaldo udah 294 laga. Secara hitungan angka, Messi bisa aja mecahin rekor tersebut jika sang pemain masih betah tampil dalam 6 musim ke depan.

Melihat kemampuan dan usia kedua pemain bintang tersebut, salah satu cara untuk mecahin rekor ini seenggaknya harus setia bermain di La Liga sampe mereka pensiun.

2. Gol tercepat

via: EUFA
(Sumber: EUFA)

Messi sama Ronaldo udah gak diraguin lagi dalam urusan mencetak gol. Tapi keduanya mungkin sulit mematahkan rekor gol tercepat di La Liga yang dipegang oleh Seydou Keita saat membela Valencia di tahun 2014.

Cuma butuh waktu sekitar 7,6 detik bagai Keita menjebol gawang kiper Almeira. Rekor itu juga tercatat sebagai gol tercepat dari 5 liga top Eropa, (Premier League, La Liga, Bundes Liga, Ligue 1, dan Serie A). Kesimpulannya, selain harus punya insting rekor ini juga dilengkapi oleh keberuntungan.

3. Hat-tricks terbanyak secara beruntun

via: Realoviedocultrefans
(Sumber: Istimewa)

Statistik ngebuktiin kalo jumlah hat-tricks Messi dan Ronaldo adalah 63 kali di La Liga (Ronaldo sebanyak 34 kali dan Messi sebnayak 29 kali). Catatan tersebut mungkin belum ada apa-apa jika dibandingin sama rekor Isidro Langara ketika membela Real Oviedo.

Langara mencetak hat-tricks secara beruntun dalam tiga laga beruntun di tahun 1935. Legenda ini juga pernah merasakan tiga kali mendapatkan Piala Pichichi dan dinobatkan sebagai pemain terbaik di La Liga.

4. Gol terbanyak dalam satu laga

via: These Football Times
(Sumber: Istimewa)

Belum ada pemain di La Liga yang bisa mengalahkan rekor pemain Barcelona, Laszlo Kubala di tahun 1952, termasuk Ronaldo dan Messi. Bayangin aja gengs, Laszlo Kubala berhasil menyamai rekor yang dipegang oleh pemain Athletic Bilbao, Agustin Sauto pada tahun 1931, yaitu mencetak 7 gol dalam satu pertandingan.

CR7 tercatat paling banyak mencetak 5 gol dalam satu laga. Rekor Kapten Portugal itu dicetak saat melawan Granda dan Espanyol di tahun yang sama. Sedangkan Messi paling banyak mencetak 4 gol dalam satu laga di La Liga.

5. Hat-tricks tercepat

via: Getty Images
(Sumber: Getty Images)

Rekor ini dipegang oleh David Villa saat membela Valencia musim 2005/06. Villa mencetak hat-trick cepat saat melawan Athletic Bilabo. Total waktu yang dibutuhkan cuma 4 menit 47 detik. Gol pemain Spanyol itu dicetak pada menit 82, 84, dan 87.

Buat gambaran ke Kawan Muda, hat-tricks tercepat Ronaldo dicetak dalam waktu 8 menit saat melawan Granada tahun 2015. Kalo pun ada pemain La Liga lain yang pernah mendekati rekor ini adalah, Kevin Gameiro saat mencetak hat-tricks ke gawang Sporting Gijon tahun 2017. Sayang Gameiro berada 4 detik di belakang catatan David Villa.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.