Senin, 26 Juli 2021
Hiburan

5 Memorabilia Penyanyi/Musisi yang Baru dan Akan Dilelang Selain Piano yang Dijilat Miley Cyrus

Sumber: Joe Scarnici/Getty Images for Los Angeles LGBT Center/Radio.com

Genmuda – Memorabilia dari para penyanyi/musisi ternama memang selalu jadi barang yang bakal diburu oleh para penggemar maupun kolektor barang-barang langka. Piano yang abis dijilat Miley Cyrus aja misalnya, baru-baru ini udah laku terjual dengan nominal yang lumayan fantastis.

Di akhir minggu yang lalu, Sabtu (7/11), Miley dapat kehormatan buat nerima Vanguard Award dari LGBT Center atas apa yang udah doi lakuin lewat Happy Hippie Foundation untuk mempromosikan kesejahteraan kaum muda LGBT.

Aku ingin kalian semua tahu bahwa aku merasa lebih dari bersyukur dapat berada di ruangan yang dipenuhi begitu banyak orang yang sangat peduli terhadap orang lain karena sayangnya itu sangat jarang di dunia di mana kita hidup saat ini. Aku memikirkan malam ini bukan sebagai perayaan atas apa yang telah kita lakukan tapi apa yang sedang dan akan kita lakukan di masa depan,” kata Miley.

Nah, seakan bukan Miley namanya kalau engga ngelakuin hal yang eksentrik, di kesempatan yang sama doi akhirnya mutusin buat ngebantu Linda Perry ngelelang sebuah grand piano putih dengan cara ngejilatin alat musik yang udah ditandatangani beberapa bintang itu.

Lelang piano yang disumbangin bintang ‘Orange is the New Black’, Ruby Rose, itu dibuka pada harga 10 ribu dolar (sekitar 135,6 juta rupiah). Tapi, berkat ludah Miley, alat musik itu akhirnya dapat terjual hingga lima kali lipat alias 50 ribu dolar (sekitar 678,2 juta rupiah).

Namun demikian, beberapa waktu belakangan ini sebenarnya masih ada beragam memorabilia dari sejumlah penyanyi/musisi yang juga udah laku maupun akan dilelang selain piano berludah Miley tersebut. Berikut ini adalah 5 di antaranya:

 

  1. Gitar, rambut, dan kacamata resep John Lennon
Gitar John Lennon (Sumber: twitter.com/JuliensAuctions)

Gitar Gibson J-160E milik Lennon yang telah hilang selama lebih dari 40 tahun akhirnya kembali ditemuin nih, Kawan Muda. Gitar yang digunakan dalam rekaman LP ‘Please Please Me’ dan ‘With the Beatles’ itu pun berhasil terjual dengan harga 2,41 juta dolar (sekitar 32,7 miliar rupiah), suatu rekor untuk gitar dengan sejarah musik penting.

Menurut laporan, Lennon awalnya membeli gitar tersebut di Rushworth’s Music House Liverpool pada September 1962 dengan harga 161 pound sterling. Namun demikian, engga jelas bagaimana doi bisa kepisah dari gitar yang juga digunakan pada single pertama The Beatles ‘Love Me Do’/’P.S. I Love You’ tersebut.

Di samping itu, seikat rambut Lennon juga ikut dilelang bersama dengan sebuah kartu yang ditandatangani Lennon dengan harga penawaran dibuka pada angka 10 ribu dolar (sekitar 135,6 juta rupiah). Kacamata resep suami Yoko Ono itu pun terjual dengan harga 26,5 ribu dolar (sekitar 359,5 juta rupiah).

 

  1. Lirik tulisan tangan Bob Marley
Lirik tulisan tangan Bob Marley (Sumber: Bonhams/Solent News/Metro.co.uk)

Sebagai salah satu penulis lagu terbaik sepanjang masa, lirik hasil karya Bob tentu jadi salah satu memorabilia yang sayang buat dilewatin. Lirik tulisan tangannya untuk lagu ‘Keep On Moving’ — trek dari album ‘Soul Revolution’ The Wailers — pun akan dilelang dan diprediksi dapat terjual sekitar 10 ribu pound sterling (sekitar 205,8 juta rupiah).

Bob menulis beberapa baris dari versi cover The Wailers untuk lagu ‘I Gotta Keep On Moving’ milik Curtis Mayfield & The Impressions saat merekam versi baru lagu tersebut pada sebuah sesi di Island Records di London pada tahun 1977. Lirik setebal tiga halaman dengan tinta merah itu ditulis Bob saat rekaman bersama bintang reggae Lee ‘Scratch’ Perry.

Rencananya, lirik tulisan tangan Bob akan dijual oleh musisi dan produser rekaman Dick Cuthell. Lirik tersebut akan dijual di Bonhams di London pada 10 Desember mendatang.

 

  1. Kardigan dan rambut Kurt Cobain
Kurt Cobain (Sumber: MTV/Getty/Metro.co.uk)

Kardigan hijau berbulu yang dipakai Kurt pada sesi MTV Unplugged kabarnya udah terjual dengan harga 140,8 ribu dolar (sekitar 1,9 miliar rupiah), dari harga awalnya yang sebesar 80 ribu dolar (hampir 1,1 miliar rupiah).

Kardigan tersebut jadi salah satu bagian dari tampilan paling ikonik Kurt, meskipun dapat ditemuin pula pada tampilan anak-anak grunge 90-an, yang biasanya dipadanin sama kaos band, kemeja (kotak-kotak opsional), dan celana jeans.

Sementara itu, seikat rambut Kurt berhasil laku terjual dengan perkiraan harga 4 ribu dolar (hampir 55 juta rupiah).

 

  1. Beberapa kostum Michael Jackson
Jaket yang dipakai Michael Jackson ke nikahan Elizabeth Taylor (Sumber: twitter.com/JuliensAuctions)

Entah borongan atau gimana, yang jelas empat kostum si Raja Pop udah berhasil terjual pada hari Sabtu (7/11) yang lalu. Keempatnya merupakan kostum-kostum ikonik Michael yang pernah dikenakannya di beberapa kesempatan.

Kostum pertama Michael yang udah terjual adalah setelan ‘HIStory’-nya, yang laku dengan harga 38,4 ribu dolar (sekitar 520,9 juta dolar). Kemudian, ada jaket tur ‘Dangerous’ doi yang terjual dengan harga 25,6 ribu dolar (347,3 juta dolar).

Nah, yang ketiga adalah sebuah jaket merah yang laku dengan harga 19,2 ribu dolar (sekitar 260,5 juta rupiah). Sementara itu, item terakhir yang merupakan jaket yang dikenakan Michael ke nikahan Elizabeth Taylor udah terjual dengan harga 24,32 ribu dolar (hampir 330 juta rupiah).

 

  1. Piano emas, cincin emas & berlian, jam tangan , serta kostum Elvis Presley
Piano emas Elvis Presley (Sumber: twitter.com/JuliensAuctions)

Engga kalah borongan dari Michael Jackson, beberapa memorabilia Elvis juga udah laku terjual lewat Juliens Auctions. Memorabilia tersebut antara lain piano emas 24 karat, cincin emas dengan taburan berlian, jam tangan ‘Blue Hawaii’, serta jaket dan setelan kulit berwarna putih.

Piano yang dibeli Elvis untuk ibunya pada tahun 1955 itu terjual dengan harga 610 ribu dolar (sekitar  8,3 miliar rupiah). Cincin dan jam tangannya pun sama-sama terjual dengan harga 38,4 ribu dolar (sekitar 520,9 juta rupiah).

Sementara itu, sebuah jaket putih yang pernah dikenakan Elvis di atas panggung laku dengan harga 59.375 (sekitar 805,4 juta rupiah). Sebaliknya, setelah kulit putih Elvis justru laku dengan harga 57,6 ribu dolar (sekitar 781, 3 juta rupiah). (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer