Sabtu, 15 Juni 2024
HiburanFilm

Review ‘Bob Marley: One Love’, Saat Musik Jadi Pemersatu Bangsa

Kingsley Ben-Adir as “Bob Marley” in Bob Marley: One Love from Paramount Pictures.

Genmuda – Berikut review Genmuda.com untuk film Bob Marley: One Love yang tayang mulai Rabu (21/2/2024) di Indonesia. Sesuai judulnya, film ini menceritakan perjalanan legenda musik Reggae, Bob Marley.

Terus apa yang menarik dari film garapan Reinaldo Marcus Green itu? Langsung aja baca artikel ini sampai selesai.

Visi Musik Bob Marley

Kingsley Ben-Adir as “Bob Marley” ©Paramount Pictures/2024

Meski mengambil latar drama musikal, nyatanya film ini gak cuma menguliti kehidupan pribadi Bob Marley (Kingsley Ben-Adir). Penonton justru diajak langsung lompat ke era 70an di mana di Jamaika sedang terjadi konflik politik.

Nah, pada saat gejolak politik itulah Bob Marley ingin menjadikan musik sebagai pemersatu bangsa Jamaika. Salah satunya adalah mengadakan konser musik.

Alih-alih berjalan lancar, Bob Marley dan istrinya, Rita (Lashana Lynch) malah menghadapi teror dari kelompok separatis. Dia dan teman-temannya justru diberondong tembakan.

Konser pun tetap berjalan, namun timbul rasa insecure dari Marley. Dia pun memutuskan untuk pindah keluarganya ke Amerika Serikat, sementara dia dan bandnya terbang ke London untuk membuat album baru.

Nah, pada proses pembuatan album inilah penonton akan diajak melihat visi dan keinginan Marley untuk mengubah dunia lewat musiknya. Di sisi lain, ada pula intrik keluarga, sahabat, hingga masalah kesehatan Marley yang divonis kanker kulit langka.

Padat dan cepat

Kingsley Ben-Adir as “Bob Marley” and Lashana Lynch as “Rita Marley” in Bob Marley: One Love ©Paramount Pictures/2024

Harus diakui film Bob Marley: One Love terasa padat dalam segi cerita. Ceritanya gak dibuat bertele-tele, meski sesekali alurnya maju-mundur.

Penulis ngerasa fokus cerita akan perjalanan karier Marley terasa tipis. Ada, cuma gak banyak. Maklum soalnya film emang lebih fokus pada masa kejayaan Marley, terutama saat merilis album Exodus hingga akhirnya kembali bikin konser ke Jamaika.

Buat penonton awam, tentunya filmnya cukup gampang diikuti. Namun buat Kawan Muda yang ngefans sama Bob Marley, film ini mungkin tidak sepenuhnya terasa ngena banget.

Kesimpulan

Kingsley Ben-Adir as “Bob Marley” in Bob Marley: One Love ©Paramount Pictures/2024

Terlepas dari cerita yang begitu ngebut, Bob Marley: One Love mampu memberikan gambaran baik dari seorang legenda musik dunia. Tak cuma dalam proses berkarya, film ini juga memberikan bagaimana Marley ingin musiknya menyatukan banyak orang.

Nah, di akhir kredit pun nanti kalian juga bisa melihat potongan klip manggung Bob Marley and the Wailers di atas panggung barengan dengan kedua partai politik Jamaika yang tengah bertikai. Gak lupa, ada juga cuplikan penampilan mereka saat perayaan kemerdekaan Zimbabwe.

Kawan Muda penasaran? Simak dulu trailernya di bawah ini. Happy Watching!

Our Score

Comments

comments

Bukan Android
I'm not robot, i'm just a human being