Rabu, 29 Juni 2022

Genmuda – Hp atau smartphone udah jadi benda wajib yang gak boleh terpisahkan sama kita. Pokoknya 24 jam, kapanpun dimanapun, HP harus ada di deket kita! (Hih, posesif)

Walaupun HP perannya penting banget buat menunjang aktivitas kita sehari-hari, tapi efek dari gadget yang satu ini juga gak boleh disepelein. Kawan Muda pasti udah sering denger kan kalau HP bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan?

Yup, efek jangka panjangnya, HP bisa bikin kanker otak sampe radiasi berbahaya. Tapi walaupun kamu udah tau efek buruknya, tetep aja HP gak bisa ditinggalin. Soalnya, kita udah ketergantungan dan butuh banget sih sama HP!

Tapi guys, sebelum kamu jauh-jauh mikirin kanker atau radiasi (yang kadang kamu anggep, ah itu kan efek jangka panjang), sebenernya banyak juga loh efek-efek kesehatan lainnya yang tanpa kamu sadari juga disebabkan oleh HP. Apa aja?

  1. Bikin bentuk jari kelinking jadi gak normal

Ini nih kalo kamu kebiasaan megang HP terus dan gak mau ngelepasin. Banyak dari kita yang memegang smartphone dengan cara menekukkan jari kelingking. Seiring berjalannya waktu, ini bisa bikin bentuk jari kelingking kita jadi gak normal kayak gambar di atas. Emang sih kayaknya bukan masalah gede, tapi kita bisa juga loh ngerasa nyeri sendi, kena tendonitis, atau bahkan sindrom carpel tunnel.

  1. Bikin sakit punggung

Apa hubungannya ponsel sama nyeri punggung? Oh, jangan salah Kawan Muda. Ponsel pasti berhubungan dengan nyeri punggung kronis. Berdiri atau duduk dengan kepala menghadap ke bawah menatap HP bisa bikin tulang belakang kita terganggu dan nyeri leher, begitu juga miringin buat memegang HP di antara telinga dan bahu (kalau tangannya lagi sibuk gak bisa megang HP).

  1. Bikin migrain

Selain nyeri punggung, masalah kesehatan lain yang sering banget dialami para pengguna HP adalah sakit kepala dan migrain. Kebanyakan terjadi karena terlalu lama menatap layar kecil dan bercahaya, serta sering dalam keadaan kepala membungkuk nih.

  1. Bikin kita terkena banyak virus dan bakteri

Udah bukan hal yang asing kalo kita selalu megang HP di mana aja dan kapan aja, tanpa memastikan apakah HP kita higienis atau engga. Lagi di coffee shop, kamu haro HP di atas meja yang belum tentu bersih. Di kantor, kamu naro HP di atas pantry yang belum di lap. Sampe kamu bisa juga naro HP di atas wastafel umum di mall. Itu semua kan sarangnya kuman dan bakteri Kawan Muda. Dan bakteri ini bisa berpindah dari HP ke tangan, lalu ke mulut kita saat kita makan.

  1. Bikin pengelihatan terganggu

Ini pasti sering banget kamu alamin, tapi juga sering diabaikan. Kebanyakan menatap layar HP bisa bikin kita ngerasa pusing, mata capek, dan akhirnya pengelihatan jadi kabur dan kerasa gak jelas kan Kawan Muda? Jangan disepelein loh, kamu bisa terkena masalah pengelihatan nantinya, dari mulai mata minus sampe gangguan kepala yang disebabkan mata.

 

Sumber: Gurl | (sds)

Comments

comments

Ratu Rima
Forever needs: Foods. Cafe latte. Holiday. Writing. BIGBANG. and... You ♥