Jum'at, 23 Oktober 2020

Genmuda – Demam Pokemon Go makin hari kayaknya makin gokil aja, Kawan Muda. Walau baru beberapa hari dirilis dan di Indonesia pun belum resmi dirilis, permainan video tersebut udah sukses ngehebohin dunia maya dan nimbulin kontroversi tersendiri.

Pokemon Go pada dasarnya merupakan pemainan video augmented reality yang bakal ngajak kamu buat ngejalanin petualangan di dunia nyata. Saat bermain, kamu diminta buat berburu dan ngelatih Pokemon di lingkungan sekitar kamu. Bahkan, permainan video tersebut dilengkapi pula dengan sebuah perangkat tambahan bernama Pokemon Go Plus yang bakal dirilis dalam waktu dekat.

Well, sebagian dari kamu mungkin masih bingung kenapa Pokemon Go bisa sebegitu booming-nya banget, sampai-sampai lebih banyak di-download di perangkat Android daripada Tinder. Padahal, di Eropa dan Asia permainan video tersebut baru bakal resmi dirilis dalam beberapa hari ke depan. Permainan video itu pun udah disalahgunain oleh kawanan perampok bersenjata di Missouri, AS.

Tapi, daripada kamu bingung dan penasaran engga jelas, mending kamu langsung cobain sendiri main Pokemon Go, Kawan Muda. Kalo kamu udah mulai paham dengan cara mainnya dan udah mainin permainan video tersebut selama beberapa saat, berikut ini adalah 5 manfaat yang bisa kamu peroleh:

1. Nostalgi(l)a Pokemon

(Sumber: bgr.com)

Buat kamu para Generasi 90-an, Pokemon bisa dibilang merupakan salah satu makhluk fiksi yang akrab dengan kehidupan masa kecil kamu. Generasi pertama permainan Pokemon terdiri dari 151 makhluk, namun kemudian berkembang sampai lebih dari 720 makhluk. Di Pokemon Go, kamu bisa nemuin 151 Pokemon generasi pertama dari total 250 makhluk yang bisa kamu tangkap. Lumayan loh, sambil main, kamu bisa sekalian nostalgi(l)a dan ingat-ingat lagi nama-nama Pokemon favorit kamu.

2. Ningkatin kesehatan dan kebugaran

Selain bisa ningkatin kesehatan dan kebugaran fisik dengan secara engga langsung nyuruh kamu buat lebih banyak gerak dan nurunin berat badan karena harus keliling sana-sini nyariin Pokemon, Pokemon Go ternyata juga bisa ningkatin kesehatan mental kamu loh, Kawan Muda. Hal itu diakui oleh sejumlah orang yang udah nyobain Pokemon Go. Menurut mereka, permainan video tersebut turut ngebantu mereka ngatasin perasaan depresi dan kesepian dengan ‘maksa’ mereka beranjak ke luar ruangan. Riset pun bahkan udah nunjukin bahwa berjalan di alam terbuka bisa bermanfaat buat suasana hati.

3. Nambah teman baru

Meeting new friends at the Pokeymans gym

A post shared by Clem Bastow ? (@clambistro) on

Saat ini, interaksi dalam Pokemon Go di antara kamu dan orang lain memang masih terbatas pada pertarungan Pokemon di gym. Meski begitu, banyak orang kabarnya justru milih buat bekerja sama dan saling bantu dengan orang lain dalam upaya mereka berburu Pokemon. Lagi pula, mengingat Pokemon Go sekarang udah lebih populer daripada Tinder, ke depannya bisa aja permainan video tersebut bakal nyatuin lebih banyak orang dengan cara yang unik. Siapa tahu, kamu yang masih jomblo malah bisa dapat gebetan pas lagi mainan Pokemon Go ‘kan?

4. Makin paham jalan dan tempat

(Sumber: nowloading.co)

Lagi-lagi terkait dengan augmented reality dan petualangan yang dihadirin lewat Pokemon Go, tanpa kamu sadari permainan video tersebut sebenarnya bisa jadi alat selain aplikasi peta yang bakal ngebantu kamu supaya lebih apal jalan. Yang lebih menariknya lagi, di permainan video tersebut juga terdapat Pokestop, yang nunjukin tempat-tempat menarik kayak tempat ibadah, patung, atau tugu peringatan. Dengan demikian, kamu engga cuma bakal lebih paham soal jalan, tapi juga soal tempat-tempat yang sebelumnya mungkin engga pernah kamu bayangin.

5. Ngebantu orang lain

(Sumber: cosmopolitan.com)

Di tengah berbagai kontroversi dan dampak negatif Pokemon Go, ternyata ada satu hal positif engga terduga yang bisa kamu peroleh dari permaian video tersebut. Seorang cewek berusia 19 tahun bernama Shayla Wiggins tiba-tiba aja nemuin sesosok mayat saat dirinya lagi nyari Pokemon air di Sungai Big Wind, Wyoming, AS. Dengan kata lain, secara engga langsung doi udah ngebantu ngungkapin adanya kasus kematian, yang mungkin engga bakal terungkap kalau doi engga mainan Pokemon Go.

So, gimana, Kawan Muda? Masih butuh alasan buat mainan Pokemon Go? Terlepas dari itu, perlu diingat kalau tiap permainan punya tingkat kecanduannya masing-masing, termasuk Pokemon Go. Oleh karena itu, usahain buat bisa ngatur batasan buat diri kamu sendiri supaya kamu engga ngalamin hal-hal yang engga kamu pengen, kayak misalnya nabrak pas lagi nyetir atau jatuh ke got pas lagi jalan gara-gara keasyikan main Pokemon Go. Selamat bermain! Jangan lupa share Pokemon kalian ke Genmuda.com ya. (sds) 

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer